1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 12 Universitas Swasta Terbaik 2017 Versi Webometrics

Kategori

12 Universitas Swasta Terbaik 2017 Versi Webometrics

12 Universitas Swasta Terbaik 2017 Versi Webometrics

Rating: 1 - out of 5stars
19 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia – Webometrics kembali merilis data terbaru terkait peringkat universitas swasta terbaik di Indonesia. Data terbaru dirilis pada bulan Juli 2017 di situs resminya http://www.webometrics.info/.

Melalui data tersebut, kita dapat melihat mana saja universitas swasta terbaik di Indonesia. Sebelumnya, Ayokuliah telah menuliskan 30 universitas terbaik di Indonesia tahun 2017 versi Webometrics. Sebagai informasi, awal tahun lalu Webo telah melansir data universitas terbaik baik negeri maupun swasta seluruh dunia. Pertengahan tahun inipun, Webo kembali merilis data terbaru.

Berikut Ayokuliah lampirkan 12 universitas swasta terbaik 2017 versi Webo Juli 2017 yang dilihat dari urutan terakhir:

  1. Universitas Narotama Surabaya – UNNAR

UNNAR merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Jawa Timur. Universitas ini didirikan di awal tahun 1981 oleh beberapa dosen dari UNAIR dan ITS serta beberapa tokoh masyarakat yang tergabung dalam Yayasan Pawiyatan Gita Patria.

Hingga saat ini, UNNAR terus tumbuh dan berkembang hingga mampu meraih beragam penghargaan. UNNAR pun berhasil meraih gelar sebagai universitas swasta terbaik ke empat se-PTS Surabaya, dan terbaik keenam se-Jawa Timur dari Menristekdikti. Baru-baru ini pula, UNNAR juga telah mendapatkan akreditasi institusi B BAN-PT dan mendapatkan gelar sebagai kampus unggul dari Kopertis VII.

Lebih bangga lagi, nama UNNAR masuk menjadi salah satu universitas swasta terbaik versi Webometrics di urutan ke dua belas, peringkat ke-34 universitas terbaik di Indonesia dan peringkat 4153 di dunia.

  1. Universitas Mercu Buana – UMB

Nama Universitas Mercu Buana selalu masuk dalam kategori universitas swasta terbaik. Namanya juga masuk dalam pemeringkatan universitas swasta terbaik versi Webometric yang dirilis paling baru ini. Sayangnya untuk data terbaru nama UMB harus turun di peringkat kesebelas, sebelumnya UMB berada diperingkat kelima universitas swasta terbaik.

Untuk peringkat se-Indonesia, UMB berada diperingkat ke 30 dan 4026 di dunia. Data awal tahun lalu menyebutkan bahwa UMB berada diperingkat ke 23 dan 3450 di dunia.

Walaupun sempat mengalami penurunan, namun tak lantas membuat UMB berkecil hati, justru ini saatnya untuk meningkatkan dan membuktikan bahwa UMB mampu berbenah menjadi yang lebih baik. Hal ini juga dibuktikan dengan didapatkannya akreditasi institusi “A” yang diberikan oleh BAN-PT bagi UMB tahun ini.

  1. Universitas Widyatama Bandung – UTAMA

Universitas swasta terbaik versi Webometrics kesepuluh jatuh kepada Universitas Widyatama Bandung. Kampus yang baru-baru ini menerima penghargaan akreditasi “B” dari BAN-PT.

Selain menduduki peringkat kesepuluh universitas swasta terbaik, UTAMA juga menduduki peringkat ke 29 universitas terbaik di Indonesia dan peringkat ke 4021 dunia.

Sebagai informasi, kampus ini berdiri pada tanggal 2 Agustus 2001, berdasarkan Surat Keputusan menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001. Universitas Widyatama ini merupakan penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung ( STIBB), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTBW), Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual (STDKV) serta Magister Manajemen. Penggabungan sekolah tinggi-sekolah tinggi ke dalam Universitas Widyatama agar lulusan-lulusannya dapat menjadi lulusan-lulusan yang lebih memiliki daya saing yang tinggi.

Baca: Inilah 100 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia Versi Kemenristekdikti

  1. Universitas Ahmad Dahlan – UAD

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta.  IKIP Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada 18 November 1960. FKIP Muhamadiyah merupakan kelanjutan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada waktu itu kursus BI memiliki Jurusan Ilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.

Pada 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No : 102 /D0/1994 ditetapkan bahwa IKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

Sejak didirikan hingga saat ini, UAD terus menorehkan prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Selain itu, UAD juga terus menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang masing-masing dan memiliki daya saing di dunia kerja. Oleh karenanya, tak khayal jika UAD berhasil menyandang predikat sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia.

Di versi pemeringkatan Webometrics, nama UAD bertengger di peringkat kesembilan universitas swasta terbaik. Lalu, peringkat ke-28 universitas terbaik di Indonesia dan ke-4013 universitas terbaik di dunia.

  1. Universitas Surabaya – UBAYA

UBAYA merupakan kelanjutan dari Universitas Trisakti Surabaya. Universitas Trisakti Surabaya dibentuk oleh Yayasan Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan oleh tokoh-tokoh masyarakat, pendidik, pengusaha dan pemerintah, atas perintah Pepelrada (Penguasa Pelaksana Perang Daerah) Jawa Timur untuk menampung para mahasiswa dan dosen serta karyawan eks Universitas Res Publica Surabaya, setelah dilakukan screening dan clearance.

Atas prakarsa Ketua Umum Yayasan Universitas Trisakti (Bapak R.Soekotjo Walikota KDH TK. II Surabaya) nama Universitas Trisakti diganti menjadi UNIVERSITAS SURABAYA yang dikukuhkan dengan Akte Notaris Djoko Soepadmo, S.H. No. 25 Tanggal 6 Maret 1968. Pada saat awal UBAYA memiliki 3 fakultas, yaitu fakultas farmasi, fakultas hukum dan fakultas ekonomi. Saat ini, UBAYA memiliki 7 fakultas dengan 20 program studi yang diselenggarakan.

Setelah melalui perjalanan panjang dari awal pembentukan hingga saat ini, UBAYA berhasil meraih gelar sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia. Dilansir dari laman Webometrics, UBAYA menduduki peringkat kedelapan universitas swasta terbaik, lalu peringkat ke-27 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Di sisi dunia, UBAYA menduduki peringkat ke-4010.

  1. Universitas Kristen Satya Wacana – UKSW

UKSW masuk di peringkat ketujuh universitas swasta terbaik di Indonesia. Sedangkan di Indonesia UKSW masuk di peringkat ke-27, dan peringkat ke-3972 dunia. Data ini berdasarkan lembaga pemeringkatan Webometrics yang dirilis pada bulan Juli 2017.

Dibandingkan dengan data Webometrics di awal tahun lalu, UKSW berhasil naik beberapa peringkat dan menggantikan posisi Universitas Negeri Semarang di peringkat ke-27. Bahkan, dulu UKSW belum masuk di 30 besar universitas terbaik di Indonesia. Terus tingkatkan prestasimu ya UKSW!.

  1. Universitas Gunadarma – UG

Universitas Gunadarma merupakan salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Indonesia. Kampus utamanya terletak di Depok, Jawa Barat. Sedangkan kampus lain berada di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Seiring berkembangnya zaman, UG terus berbenah dan terus berinovasi untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik bagi mahasiswanya sebagai bekal untuk meniti masa depan. Atas dasar itulah, hingga pada akhirnya UG mampu meraih berbagai penghargaan dan dinobatkan sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia.

Situs Webometrics melansir nama UG berada pada posisi ke keenam universitas swasta terbaik. Lalu, peringkat ke-25 universitas terbaik di Indonesia, dan ke-3933 universitas terbaik dunia.

Baca: 14 Universitas Dan 10 Politeknik Terbaik Versi Kemenristekdikti

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta – UMY

UMY berhasil masuk di 11 perguruan tinggi terbaik di Yogyakarta tahun 2016. Begitupun dengan tahun ini. Nama UMY, UAD, dan ada satu nama lagi berhasil masuk rangking atas perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Jika dilihat versi Webometrics, UMY berhasil menduduki posisi kelima universitas swasta terbaik di Indonesia. Kemudian meraih peringkat ke-24 universitas terbaik di Indonesia dan peringkat ke-3911 dunia.

UMY akan terus membuktikan bahwa kampus dapat bersaing dalam negeri maupun luar negeri, melalui beragam prestasi yang dihasilkan civitas akademika UMY.

  1. Universitas Dian Nuswantoro – UDINUS

Orang Semarang, Jawa Tengah pasti kenal kan sama universitas swasta satu ini? Ya, UDINUS merupakan salah satu kampus favorit yang selalu ramai digandrungi calon mahasiswa baru.

Ternyata nama UDINUS tak hanya favorit atau tenar di Semarang saja, melainkan di Indonesia. Terbukti dengan masuknya nama UDINUS di situs pemeringkatan versi Webometrics. Di sana tertulis bahwa UDINUS berhasil masuk di 30 besar universitas terbaik di Indonesia. Selain itu, UDINUS juga berhasil mengalahkan universitas swasta terbaik lainnya, dan menduduki peringkat keempat sebagai universitas swasta terbaik. Jika dilihat di mata dunia, UDINUS berhasil menduduki posisi ke-3796 dunia.

  1. Universitas Islam Indonesia – UII

Menurut sejarah, UII merupakan kampus tertua di Yogyakarta. Bahkan kampus ini lebih dulu dibandingkan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berstatus perguruan tinggi negeri. Melalui perjalanan panjang dari tahun ke tahun, nama UII semakin melejit berkat kualitas pendidikan yang ditawarkan.

Tak tanggung-tanggung, kampus ini pun berhasil meraih berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional. Prestasi tersebut nyatanya mampu membawa nama UII menjadi universitas swasta terbaik ketiga di Indonesia. Di sisi nasional, UII menduduki peringkat ke-21 dan 3587 di posisi dunia.

Baca: UII Duduki Posisi Pertama PTS Terbaik Kategori Kinerja Penelitan Dan Pengabdian Masyarakat

  1. Universitas Bina Nusantara – BINUS University

Peringkat universitas swasta terbaik kedua diraih oleh Universitas Bina Nusantara. Kampus ini berdiri sejak tanggal 21 Oktober 1974. Tak butuh lama untuk BINUS untuk meraih penghargaan sebagai universitas swasta terbaik. Hal ini karena dukungan dari semua pihak termasuk civitas akademika itu sendiri.

Berkat kerja keras yang dilaksanakan BINUS selama ini, nama BINUS pun berhasil mengalahkan universitas negeri lainnya di pemeringkatan Webometrics. BINUS mampu duduk di peringkat ke-19 universitas terbaik di Indonesia, sedangkan di dunia BINUS menduduki posisi ke-3340.

  1. Universitas Kristen Petra

Setelah mendapatkan gelar sebagai perguruan tinggi swasta terbaik pertama versi Ristekdikti. Kini Universitas Kristen Petra juga meraih gelar sebagai universitas swasta terbaik se-Indonesia versi Webometrics. Selain itu juga, Petra berhasil meraih akreditasi institusi A BAN-PT.

Penghargaan bertubi-tubi datang untuk kampus ini. Ini berarti, kampus telah mampu memberikan yang terbaik dan akan terus memberikan yang terbaik bagi segenap masyarakat kampus dan bagi kemajuan bangsa.

Nah, jika dilihat dari sisi nasional, Universitas Kristen Petra duduk di peringkat ke-18 dan peringkat ke-3311 dunia.

Diraihnya prestasi ini membuktikan bahwa universitas swasta nyatanya dapat bersaing dengan universitas negeri di Indonesia. Baik dari sisi akademik, non akademik, sarana prasana pembelajaran, dan lain sebagainya.

Baca: 7 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih PTS

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait