1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 3 Jenis Soal SBMPTN Yang Harus Kamu Taklukan!

Kategori

3 Jenis Soal SBMPTN Yang Harus Kamu Taklukan!

3 Jenis Soal SBMPTN Yang Harus Kamu Taklukan!

Rating: 1 - out of 5stars
21 April 2017 0 Komentar
Penulis:

Beberapa pekan lagi, ujian SBMPTN akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Bagi kalian yang sudah mendaftar dan menentukan jurusan mana yang dituju, kini saatnya kamu mempersiapkan mental dan materi untuk menghadapi seleksi 16 Mei 2017 mendatang.

Selain materi yang harus dikuasi, kamu juga diharuskan memahami jenis-jenis soal SBMPTN yang akan diujikan nanti. Biasakan untuk mencoba berlatih mengerjakan tiga jenis soal ini sesering mungkin. Waktu kamu mempersiapkan SBMPTN tidak lama lagi ya!


Soal SBMPTN yang akan diujikan terdiri dari 3 jenis, yakni pilihan ganda, pernyataan sebab akibat, dan terakhir benar salah. Mari kita kupas satu per satu:

1. Pilihan Ganda

Jenis tes ini pasti sudah tak asing lagi. Sejak bangku sekolah dasar hingga ujian nasional lalu, pilihan ganda tak pernah absen digunakan. Soal pilihan ganda pada SBMPTN nantinya akan menggunakan alternatif pilihan jawaban A,B,C,D,E.

Meski terbilang mudah untuk memilih, namun kamu perlu trik mengerjakan soal ini. Yakni dengan mengeliminasi opsi jawaban hingga menyisakan dua opsi, dan dipilah kembali dengan jawaban yang paling relevan. Namun, trik ini hanya berlaku untuk soal yang tidak melibatkan angka dan menghitung ya!.

Maksimalkan waktumu memilih jawaban tersebut, karena tes SBMPTN tidak memberikanmu kesempatan menjawab dengan waktu yang lama. Biasanya waktu yang ideal adalah dua menit untuk satu soal, agar semua soalmu terjawab (dengan jawaban yang kamu yakini benar).

Baca juga: Persiapan Jelang Tes SBMPTN 2017, Apa Saja?

2. Sebab-Akibat

Soal ini terdiri atas tiga bagian yakni Pernyataan, Sebab dan Alasan yang disusun secara berurutan. Soal ini mengharuskan kamu berpikir ekstra keras dibandingkan dengan soal pilihan ganda sebelumnya. Meski terlihat mudah, namun terkadang banyak jebakan yang membuatmu harus berhati-hati.

Kamu dituntut untuk berpikir logis agar dapat memecahkan soal-soal ini. Kamu harus memahami betul antara pernyataan dan alasan yang disampaikan pada soal, lalu apakah benar atau salah. Selain itu, kamu harus mengetahui apakah keduanya memiliki hubungan sebab akibat. Ini contohnya:

3-jenis-soal-sbmptn-yang-harus-kamu-taklukan
http://blog.ruangguru.com/

3. Benar-Salah

Di jenis soal ini, kamu akan dihadapkan dengan empat buah pernyataan, yang terdiri dari pernyataan (1), (2), (3), dan (4). Dari empat pernyataan tersebut, kamu harus mengetahui mana saja pernyataan yang benar, dengan waktu sesingkat-singkatnya.

Berikut contoh soal benar salah, beserta pembahasannya:

Pilihlah :

A. Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar
B. Jika jawaban (1) dan (3) benar
C. Jika jawaban (2) dan (4) benar
D. Jika jawaban (4) benar.
E. Jika semua jawaban (1), (2), (3) dan (4) benar

Trik Superkilat yang diambil dari situs scg.web.id:

Bila kita yakin salah satu dari jawaban (1) atau (3) adalah BENAR atau SALAH :

– Perhatikan setiap ada jawaban (1) maka jawaban (3) juga ada. Artinya jawaban (1) dan (3) adalah jawaban paralel, jika jawaban (1) benar, maka jawaban (3) otomatis benar, begitu juga sebaliknya, jika jawaban (1) salah, maka jawaban (3) juga salah, jadi adik-adik hanya perlu mengecek kebenaran salah satu diantara (1) atau (3).
Nah, jika (1) atau (3) ada yang benar, maka langsung periksa jawaban (4).
– Jika jawaban (4) benar, maka jawabannya pasti E.
– Jika jawaban (4) salah, maka periksa jawaban (2).
– Jika jawaban (2) benar, maka jawabannya A. Tapi jika jawaban (2) salah, maka jawabannya pasti B.
– Terakhir, jika (1) atau (3) ada yang salah, maka langsung periksa jawaban (2).
– Jika jawaban (2) benar, maka jawabannya C. Tapi jika jawaban (2) salah, maka jawabannya pasti D.

Baca juga: Pilih Tes SBMPTN PBT atau CBT?

Coba lihat contoh soal ini:

3-jenis-soal-sbmptn-yang-harus-kamu-taklukan
http://informasisbmptnsnmptn.blogspot.co.id

Tiga jenis soal ini yang akan menentukan kamu masuk atau tidak di perguruan tinggi favoritmu. Apakah kamu bisa menaklukannya ataukah tidak. Jika tidak, otomatis kamu harus menunggu seleksi tahun depan, atau ikut Seleksi Mandiri.

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait