1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 5 Keuntungan Ikut SNMPTN 2017, Apa Saja?

Kategori

5 Keuntungan Ikut SNMPTN 2017, Apa Saja?

5 Keuntungan Ikut SNMPTN 2017, Apa Saja?

Rating: 5.0 - out of 5stars
28 Oktober 2016 1 Komentar
Penulis:

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa yang dilakukan secara serentak atau secara nasional. Seleksi ini mengandalkan hasil prestasi akademik yang dapat dilihat dari rapor semester satu hingga semester lima bagi SMA/MA dan SMK, atau semester satu hingga tujuh untuk SMK yang menyelenggarakan masa belajar empat tahun. Selain menggunakan rapor, prestasi non akademik lainnya juga akan menjadi pertimbangan semakin besarnya kesempatan kamu diterima lho!.

Setiap tahunnya, antusias pendaftar SNMPTN terlihat semakin meningkat. Lantas bagaimana antusias pendaftar pada SNMPTN 2017? Apakah semakin meningkat atau justru menurun?

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka, Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi!

Sebenarnya apa sih untungnya mengikuti tes SNMPTN ini?

  1. Gratis Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SNMPTN telah ditanggung oleh pemerintah yang dianggarakan dari subsidi biaya anggaran. Sehingga pada saat kamu memutuskan untuk mendaftar jalur ini, kamu tak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk biaya pendaftaran. Sedangkan pada jalur pendaftaran lain, kamu diharuskan membayar/mentransfer sejumlah uang untuk dapat mengikuti seleksi yang diberikan.

  1. Tidak Perlu Ikut Tes

SNMPTN bersifat seperti jalur undangan, jadi kamu tak perlu mengikuti tes masuk lagi. Kamu hanya diperlukan untuk mengumpulkan berkas persyaratan yang dibutuhkan dan tinggal menunggu hasilnya diumumkan.

  1. Proses Lebih Mudah

Tentu saja lebih mudah, karena SNMPTN menggunakan jalur online. Kamu hanya perlu mengupload data-data yang dipersyaratkan. Sayangnya, dikarenakan banyaknya pendaftar, terkadang website atau laman SNMPTN tidak dapat diakses, sehingga kamu harus mengulangi proses upload data. Sebagai saran, kamu harus pandai memilih waktu dimana situs tersebut tidak dipadati oleh pengunjung yang antusias mendaftar. Hindari pula hari-hari akhir mendekati penutupan jalur ya!.

  1. Kuota Penerimaan Lebih Besar (40%)

Dari 100 persen mahasiswa yang diterima, 40 persennya berasal dari jalur SNMPTN, 30 persen SBMPTN dan sisanya jalur ujian mandiri/seleksi mandiri yang dilakukan masing-masing perguruan tinggi. Kesempatan kamu diterima makin besar bukan?. Namun kebijakan ini bergantung dari masing-masing pihak kampus.

  1. Pengumuman Lebih Awal Dibandingkan Jalur Lain

Karena SNMPTN dilakukan lebih awal dibandingkan SBMPTN, UM/SM, maka kepastian kamu diterima atau tidak  akan semakin cepat. Jika diterima maka kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk mempersiapkan bekal perkuliahan. Dan jika tidak, kamu bisa memulai untuk mendaftar jalur lain. Baca: Pengumuman Kelulusan SNMPTN dipercepat!

Baca: Tips Sukses Lolos SNMPTN 2018!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Eki-Akmarullah on Ayo Kuliah
snmpt

Alhamdulillah dengan adanya info ini telah membuat saya senang dan tenang . karena Alhamdulillah saya pun lewat seleksi snmptn ini

linecolor

    






Artikel Terkait