1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 7 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih PTS

Kategori

7 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih PTS

7 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih PTS

Rating: 0.0 - out of 5stars
08 Maret 2017 0 Komentar
Penulis:

Tidak ada salahnya memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai pilihan untuk melanjutkan studi. Apalagi jumlah PTS di Indonesia pun lebih banyak dibandingkan PTN. Jadi kesempatan kamu memilih PTS di wilayah manapun terbuka lebar.

Walaupun begitu kamu sebagai calon mahasiswa baru tidak diperkenankan untuk sesuka hati memilih PTS. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar PTS yang kamu pilih benar-benar tepat untukmu.

  1. Popularitas PTS

Semakin populer PTS yang kamu tuju, itu tandanya PTS tersebut memiliki banyak peminat dan memiliki kualitas yang lebih baik. Apalagi dengan kepopuleran PTS yang dimiliki, akan mempermudah saat kamu mendaftar kerja di perusahaan. PTS yang dikenal perusahaan akan lebih meyakinkan dan peluang diterima akan lebih besar.

Kamu bisa melihat PTS mana saja yang memiliki popularitas atau rangking terbaik di website ayokuliah.id.

  1. Akreditasi PTS

PTS yang terakreditasi BAN-PT tentunya sudah terpercaya kinerja para dosen dan kualitas akademiknya. Semakin bagus akreditasinya maka PTS ini layak untuk kamu lirik. Cek juga akreditasi jurusan atau program studi yang akan kamu daftar, apakah sudah terakreditasi A, B atau masih C?  Sebaiknya pertimbangkan kembali jika PTS dan jurusan yang kamu pilih belum terakreditasi ya.

Masih berhubungan dengan lapangan kerja, saat ini perusahaan-perusahaan lebih memilih calon karyawan dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi lho!.

  1. Fasilitas Penunjang Belajar

Apa fasilitas penunjang belajar yang dimiliki PTS tersebut? Misalkan laboratorium komputer bagi mahasiswa jurusan komputer, lapangan olahraga bagi mahasiswa fakultas keolahragaan, alat kesenian bagi mahasiswa fakultas seni. Lalu fasilitas lain seperti perpustakaan, tempat ibadah, ruang kelas yang nyaman, apakah semuanya sudah tercukupi?

  1. Biaya Kuliah

Poin ini memang dinilai cukup penting, lantaran kamu harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan selama kamu kuliah di PTS tersebut. Biasanya PTS yang sudah memiliki nama dan terakreditasi baik akan lebih mahal dibandingkan yang belum mendapatkan semua itu. Oleh karenanya kamu harus pintar-pintar mencari PTS terbaik, yang menawarkan biaya kuliah sesuai dengan kemampuan finansialmu. Jika dirasa terlalu tinggi, kamu bisa mengajukan beasiswa atau BIDIKMISI. Coba saja terlebih dahulu!

Baca juga: Informasi Pendaftaran BIDIKMISI 2017!

Tak sedikit pula, PTS yang menawarkan biaya kuliah murah bahkan gratis. Namun kamu diharuskan melihat terlebih dahulu kondisi PTS yang akan kamu tuju, mulai dari akreditasi, popularitas, fasilitas penunjang belajar, dan lain sebagainya. Apakah semua sudah baik atau belum.

  1. Kualitas Lulusan

Bagaimana kualitas lulusan dari PTS tersebut? Apakah banyak yang diterima di perusahaan ternama? Bisakah mereka bersaing dengan lulusan PTN? Karena kualitas lulusan/alumni menggambarkan kualitas PTS tersebut. Walaupun untuk urusan pekerjaan akan kembali lagi kepada niat dan usaha dari masing-masing individu, tapi tentu saja peran PTS di sini akan sangat berpengaruh.

  1. Lokasi PTS

Yang perlu diperhatikan kembali yakni lokasi kampus. Apakah kampus tersebut cukup kondusif untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar? Apakah letaknya strategis dan mudah diakses oleh mahasiswanya nantinya? Bagaimana kehidupan sekitar kampus?

Mungkin hal ini sering luput diperhatikan oleh para calon mahasiswa baru. Oleh karenanya, mulai sekarang kamu diharuskan mencari tau seluk beluk dari PTS yang kamu tuju. Jangan sampai kamu sudah terlanjur menjadi mahasiswa di PTS tersebut, namun kondisi di kampus kurang kondusif untuk belajar, apalagi sulit diakses dan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke kampus.

  1. Gali Informasi Tentang PTS

Sebaiknya sebelum kamu masuk ke PTS tersebut, alangkah baiknya kamu bisa menanyakan ke orang lain yang tentunya paham akan kondisi kampus. Tanyakan bagaimana kehidupan kampus, bagaimana dosen-dosennya, mahasiswanya, dan lain sebagainya. Kamu tak perlu sungkan untuk mengajukan pertanyaan seputar kampus kepada orang yang lebih paham, siapa tahu orang yang kamu percaya itu memberikan alternative pilihan PTS lain, atau justru memintamu tetap pada pilihanmu.

Baca juga: 7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait