1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 7 Kampus Migas Terbaik Di Indonesia

Kategori

7 Kampus Migas Terbaik Di Indonesia

7 Kampus Migas Terbaik Di Indonesia

Rating: 1 - out of 5stars
13 September 2018 0 Komentar
Penulis:

Industri migas, mendengar kata ini apa yang ada di dalam pikiran kalian? Apakah industri yang menawarkan gaji tinggi? Industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja? Atau yang lainnya?.

Pernah terpikirkan untuk masuk di program studi yang berorientasi pada industri migas? Jika iya, terus lanjutkan dan yakin kamu akan sukses di jurusan ini. Apalagi, Indonesia belum begitu banyak memiliki program studi migas, hanya ada beberapa saja. Beruntung ya jika kamu bisa masuk di jurusan migas tersebut.


Nah, berikut Ayokuliah tuliskan 7 kampus Migas terbaik:

1. Institut Teknologi Bandung

Kampus yang berlokasi di Bandung ini memiliki Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan. Kurikulum Teknik Perminyakan didesain untuk menyiapkan mahasiswa untuk karir profesional di industri hulu perminyakan. Lulusan dari kampus ini sudah banyak yang diterima di berbagai industri migas ternama di tanah air. Apakah kamu salah satunya?.

2. Universitas Islam Riau

Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau didirikan pada Tgl 22 Mel 1986. Pendirian Program Studi ini didasari dan disadari pada kenyataan bahwa Riau adalah penghasil minyak terbesar di Indonesia. Selain itu, pesatnya perkembangan industri yang mendukung sektor migas ini membutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk dapat mengisi kesempatan kerja yang tersedia.

3. Universitas Proklamasi 45

Kampus dengan slogan “The University of Petroleum” ini mengusung disiplin ilmu yang berorientasi di migas. Tidak hanya jurusan Teknik Perminyakan, namun semua program studi dan mata kuliah yang diajarkan di kampus ini diarahkan ke industri migas. Diharapkan dengan program pendidikan yang digelar mampu menghasilkan lulusan yang berkompetensi, mumpuni, untuk bersaing di dunia kerja.

Baca: Daftar PTN Yang Punya Jurusan Bahasa Prancis!

4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Program Studi Teknik Perminyakan merupakan salah satu Program Studi yang ada di lingkungan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN Veteran Yogyakarta. Adapun kurikulum yang berlaku saat ini adalah Kurikulum 2007 yang merupakan revisi dari kurikulum 2002 (Revisi dilakukan setiap 4 tahun sekali) dan dilengkapi dengan RPS.

Kurikulum yang diterapkan merupakan kombinasi antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Lokal, yang mencakup matakuliah pilihan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan keilmuan. Dengan demikian lulusan program studi Teknik Teknik Perminyakan adalah seorang sarjana yang mermiliki etika serta menguasai ilmu dan teknologi.

Untuk meraih gelar kesarjanaannya, mahasiswa harus menempuh 144 SKS. Sebagai syarat kelulusan mahasiswa wajib melaksanakan Kerja Praktek untuk mengetahui terapan Teknik Perminyakan di dunia nyata, Penulisan Komprehensif, serta menyelesaikan Tugas Akhir.

5. Universitas Pertamina

Kampus baru yang belum lama hadir untuk menambah deretan kampus migas di tanah air. Universitas Pertamina sukses menawarkan program studi terbaik bagi calon mahasiswa baru. Salah satu program studi yang banyak dilirik maba yakni Teknik Perminyakan Universitas Pertamina. Tujuan dari dibukanya prodi ini adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengeksplorasi dan memproduksi baik energi fosil maupun energi baru dan terbarukan.

6. Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan

STT Migas Balikpapan dibentuk pada tahun 2001 dengan tujuan menyokong industri migas khususnya daerah Kalimantan Timur. Kota Balikpapan yang mendapat julukan sebagai Kota Minyak membutuhkan pekerja-pekerja handal yang dapat bersaing secara kompetitif, dan diharapkan masyarakat local dapat memenuhi kualifikasi tersebut dengan menempuh pendidikan di STT Migas Balikpapan.

Baca: Akademi Dan Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik Di Yogyakarta

7. Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Perminyakan berdiri pada awal tahun akademik 1980/1981 bersama-sama dengan Jurusan Teknik Geologi. Kedua Jurusan tersebut didirikan berdasarkan kebutuhan dalam rangka upaya mempercepat proses keikutsertaan Indonesia pada industri perminyakan.

Artikel di atas disadur dari laman https://up45.ac.id/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait