1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

Kategori

7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

Rating: 1 - out of 5stars
28 Oktober 2016 0 Komentar
Penulis:

Beberapa perguruan tinggi mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2017/2018. Beberapa diantaranya merupakan perguruan tinggi terbaik, yang pastinya akan menjadi incaran para calon mahasiswa dari berbagai belahan wilayah.

Penerimaan mahasiswa baru ini telah dibuka di beberapa perguruan tinggi swasta (PTS), namun untuk perguruan tinggi negeri (PTN) masih dalam tahap rahasia. Nah, buat kamu yang tengah duduk di bangku sekolah menengah atas kelas 12, ataupun lulusan tahun sebelumnya yang ingin mendaftar kuliah, yuk simak apa saja yang harus kamu lakukan, agar tahun 2017 menjadi tahun kesuksesan tembus PTN atau PTS.

  1. Perkaya materi

Tentunya poin yang paling penting yakni memperkaya materi. Dengan mempelajari materi-materi yang diujikan maka kamu akan lebih percaya diri saat tes masuk dilaksanakan. Apalagi kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan calon mahasiswa lain, Hal ini menjadikan kamu diharuskan memiliki bekal materi yang lebih dibandingkan mereka.

Baca juga: 12 Kampus Terbaik Se-Indonesia Versi Dikti, Ada Kampusmu?

Usahakan pula kamu mempelajari materi-materi tak hanya dari buku, melainkan dari soal-soal via internet. Pelajari rule/kisi-kisi soal yang sekiranya akan muncul pada tes masuk tahun depan, baik SNMPTN, SBMPTN maupun UM.

  1. Berlatih

Setelah belajar, kamu diharuskan tekun berlatih. Mulai dari soal-soal yang mudah hingga soal yang menurutmu susah dipecahkan. Latihan secara teratur akan membuatmu lebih terbiasa dengan soal-soal yang akan kamu hadapi nantinya.

  1. Ikut bimbingan belajar/try out

Jika perlu bantuan, kamu bisa memulai ikut bimbingan belajar sebelum masa tes berlangsung. Kamu juga bisa mengikuti try out yang diselenggarakan kampus atau dari pihak sekolah. Ini pastinya akan membantu kesiapanmu sebelum tes masuk. Kamu pun akan dilatih memanage waktu yang dibutuhkan saat tes nantinya.

  1. Belajar dari kegagalan

Kamu pernah gagal? Jika iya belajarlah dari kegagalanmu. Khususnya buat kamu yang pernah mengikuti tes sejenis, dan belum dapat lolos ke tahap selanjutnya. Kamu bisa mulai mencari kesalahan apa yang kamu lakukan dan tentunya kamu perbaiki saat tes mendatang. Selain itu, kamu diharuskan menekuni materi mana yang belum kamu pahami.

Baca halaman selanjutnya. 1 2 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait