1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

Kategori

7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

Rating: 1 - out of 5stars
28 Oktober 2016 0 Komentar
Penulis:

Beberapa perguruan tinggi mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2017/2018. Beberapa diantaranya merupakan perguruan tinggi terbaik, yang pastinya akan menjadi incaran para calon mahasiswa dari berbagai belahan wilayah.

Penerimaan mahasiswa baru ini telah dibuka di beberapa perguruan tinggi swasta (PTS), namun untuk perguruan tinggi negeri (PTN) masih dalam tahap rahasia. Nah, buat kamu yang tengah duduk di bangku sekolah menengah atas kelas 12, ataupun lulusan tahun sebelumnya yang ingin mendaftar kuliah, yuk simak apa saja yang harus kamu lakukan, agar tahun 2017 menjadi tahun kesuksesan tembus PTN atau PTS.

  1. Perkaya materi

Tentunya poin yang paling penting yakni memperkaya materi. Dengan mempelajari materi-materi yang diujikan maka kamu akan lebih percaya diri saat tes masuk dilaksanakan. Apalagi kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan calon mahasiswa lain, Hal ini menjadikan kamu diharuskan memiliki bekal materi yang lebih dibandingkan mereka.

Baca juga: 12 Kampus Terbaik Se-Indonesia Versi Dikti, Ada Kampusmu?

Usahakan pula kamu mempelajari materi-materi tak hanya dari buku, melainkan dari soal-soal via internet. Pelajari rule/kisi-kisi soal yang sekiranya akan muncul pada tes masuk tahun depan, baik SNMPTN, SBMPTN maupun UM.

  1. Berlatih

Setelah belajar, kamu diharuskan tekun berlatih. Mulai dari soal-soal yang mudah hingga soal yang menurutmu susah dipecahkan. Latihan secara teratur akan membuatmu lebih terbiasa dengan soal-soal yang akan kamu hadapi nantinya.

  1. Ikut bimbingan belajar/try out

Jika perlu bantuan, kamu bisa memulai ikut bimbingan belajar sebelum masa tes berlangsung. Kamu juga bisa mengikuti try out yang diselenggarakan kampus atau dari pihak sekolah. Ini pastinya akan membantu kesiapanmu sebelum tes masuk. Kamu pun akan dilatih memanage waktu yang dibutuhkan saat tes nantinya.

  1. Belajar dari kegagalan

Kamu pernah gagal? Jika iya belajarlah dari kegagalanmu. Khususnya buat kamu yang pernah mengikuti tes sejenis, dan belum dapat lolos ke tahap selanjutnya. Kamu bisa mulai mencari kesalahan apa yang kamu lakukan dan tentunya kamu perbaiki saat tes mendatang. Selain itu, kamu diharuskan menekuni materi mana yang belum kamu pahami.

  1. Update informasi pendaftaran

Kamu bisa memulai mencatat jadwal pendaftaran mahasiswa baru dari kampus yang kamu minati. Perhatikan gelombang-gelombang yang diberikan, usahakan kamu ikut di gelombang pertama, karena jika gagal kamu bisa ikut digelombang selanjutnya. Dan jika kamu diterima, maka akan semakin lama jarak/waktu yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan masa perkuliahanmu nanti, termasuk mempersiapkan biaya yang akan dibayarkan. Biaya kuliah gak murah lho ya!

Baca juga: Biaya Kuliah Mahal? Pakai Ini Aja Bayarnya!

  1. Cari soal yang paling kamu kuasai

Di bagian ini, kamu akan dihadapkan dengan tes sebenarnya. Dengan waktu yang singkat, kamu diharuskan menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Tapi biasanya, penilaian hasil ujian masuk perguruan tinggi menggunakan ketentuan, jika benar point-nya +4, jika salah pointnya -1 dan 0 point jika tidak menjawab.

Itu artinya, kamu harus mencari soal mana yang benar kamu kuasai, maka akan membantu bobot nilaimu nantinya. Jika kurang memahami atau bahkan tidak mengerti, silahkan ditinggalkan terlebih dahulu. Biasanya point semacam ini digunakan pada tes masuk PTN, jadi tak semua menggunakan cara ini. Perhatikan perintah dan sistem penilaiannya dulu ya.

  1. Berdoa

Poin ini dinilai cukup penting! Kebanyakan orang hanya melakukan usaha, mengumpulkan materi ini itu, namun melupakan doa. Usahakan kamu meminta doa kepada orang tua, guru, juga teman-temanmu ya!

Nah, jangan takut gagal dan mencoba ya, jika masih punya kesempatan, yuk coba semaksimal mungkin!. Tapi jika dengan cara ini kamu masih gagal, mungkin ada salah satu dari ketujuh tips yang belum dilakukan secara maksimal. Ingat, usaha tidak akan pernah membohongi hasil.

Selain ketujuh tips yang bisa kamu gunakan, terkadang kendala biaya kuliah menjadi penghalangmu masuk kampus. Namun kamu tak perlu berkecil hati, kamu masih memiliki banyak kesempatan, dengan mendaftar beasiswa. Baik beasiswa pemerintah maupun swasta. Informasi beasiswa silahkan kunjungi Ayokuliah.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait