1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 8 Kampus Ini Punya Jurusan Game Terbaik di Indonesia

Kategori

8 Kampus Ini Punya Jurusan Game Terbaik di Indonesia

8 Kampus Ini Punya Jurusan Game Terbaik di Indonesia

Rating: 5.0 - out of 5stars
10 April 2017 1 Komentar
Penulis:

Hei para gamers, sudah tau jika industri game di Indonesia semakin maju dari tahun ke tahun?. Ya, industri game Indonesia terlihat semakin bergairah, sebagaimana ditunjukkan dari data peningkatan milik Newzoo.com. Situs ini menyebutkan jika perkembangan industri game Indonesia melaju pelan namun pasti peningkatannya.

Dibandingkan lima Negara Asia lainnya, Indonesia melaju positif dari tahun 2013 hingga 2016. Bahkan diperkirakan tahun 2017, Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 21%, dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 19%.

Dikarenakan perkembangan industri game yang semakin pesat, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang memadai untuk mengembangkan industri game dalam negeri. Nah, disinilah peran perguruan tinggi dianggap penting untuk mengontrol laju pertumbuhan tersebut. Perguruan tinggi berperan untuk mencetak generasi baru bertalenta yang dapat menghasilkan game berkualitas, yang mampu dinikmati konsumen domestik maupun asing.

Baca juga: Ini Dia 13 Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Saat ini, sejumlah perguruan tinggi telah mulai membuka jurusan/program studi khusus game untuk menjawab tantangan kebutuhan industri game. Berikut delapan perguruan tinggi yang membuka jurusan ini:

1. Universitas Ciputra Surabaya

Universitas Ciputera Surabaya melalui Fakultas Teknik Informatika (Information & Multimedia Technology – IMT), membuka program peminatan program studi Game & Mobile Apps Development.

Di sini, mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik pengembangan aplikasi berbasis mobile dan aplikasi game yang saat ini sedang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. IMT UC telah terdaftar dalam program Apple IOS Developer Education Program dan Android. Pengembangan Game juga memanfaatkan berbagai tools terkini, diantaranya dengan memanfaatkan Engine Game Unity. Info lengkapnya di http://imt.uc.ac.id/.

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau yang dikenal dengan nama BINUS University membuka konsentrasi program studi Game Application and Technology, yang bernaung di bawah Jurusan Ilmu Komputer. Di sini, kamu akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman untuk mengembangkan dan membuat berbagai teknologi yang berhubungan dengan game.

Game Application and Technology berfokus pada seni game, desain game dan game programming. Info lengkap, kunjungi http://socs.binus.ac.id/program/game-application-and-technology/.

3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

PENS menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknologi Game yang memiliki lingkungan dan suasana akademik berkualitas, demi menghasilkan lulusan yang profesional, berpikiran terbuka, kreatif dan berjiwa pemimpin yang siap bersaing di era global, selengkapnya http://gametech.pens.ac.id/#.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS menyelenggarakan program S2 program studi Game Technology. Prodi ini merupakan hasil kerjasama dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri (PKLN). Game Tech merupakan gabungan antara bidang Desain Grafis dan Teknik Komputer.

Target program Magister ITS ini adalah guru-guru sekolah menengah atas yang dididik sehingga menjadi Magister Teknik yang mampu menyajikan modul-modul pembelajaran dalam bentuk game dan animasi software komputer. Link informasi di sini.

5. Institut Teknologi Bandung

ITB membuka program studi Teknologi Media Dijital dan Game jenjang Magister. Program ini merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro ITB.

Berikut beberapa contoh mata kuliah pilihan yang terkait dalam prodi Teknologi Media Dijital dan Game meliputi 3D modeling, desain engine game, VR, dan lain-lain. Informasi seputar program magister ini di situs resminya di https://stei.itb.ac.id/.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Meniti Masa Depan?

6. Universitas Negeri Malang

Sebagai salah satu universitas ternama di Jawa Timur, UM pun tak mau kalah menghasilkan developer game berkualitas dan berdaya saing, melalui program studi Game Animasi. Prodi ini masuk di Fakultas Sastra UM, Jurusan Seni Desain.

Karena Prodi ini masih berada di jenjang Diploma, maka UM memberikan kemudahan mahasiswanya untuk melanjutkan jenjang S1 di Jurusan Desain Komunikasi Visual dengan mengambil konsentrasi mata kuliah bidang game (non multimedia). Jadi apabila mahasiswa tertarik mendalami ilmu pembuatan game lebih lanjut setelah lulus D3, mereka bisa menempuh pendidikan lanjutan tanpa perlu ke kota lain. Klik di sini untuk selengkapnya .

7. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta

Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta (STMM “MMTC” Yogyakarta) merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. STMM menyelenggarakan 5 studi jenjang Diploma dan 1 jenjang Sarjana.

Adapun salah satu program Diploma yang cukup favorit yakni Desain Teknologi Permainan. Visi dari dibukanya program ini untuk menciptakan lulusan kreatif dalam pemenuhan pasar industri pengembang game (game developer) dengan mengangkat kearifan lokal. Dengan tujuan khusus untuk menghasilkan lulusan berkemampuan manajerial professional dalam bidang perancangan game yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam media untuk mencapai tujuan di bidang; pendidikan, bisnis, dan sosial. Selengkapnya

8. Universitas Multimedia Nusantara

Satu lagi kampus yang memiliki program studi Game, yakni Universitas Multimedia Nusantara. Prodi Game yang dimiliki UMN masuk di Fakultas Desain Komunikasi Visual (DKV) yang terakreditasi A.

Bagi kamu yang sedang mencari prodi game, maka pilihlah Program Studi Interactive Media Design. Tujuan dari dibukanya prodi ini yakni untuk menghasilkan lulusan yang mampu membuat desain game dan desain media interaktif dengan penekanan pada sisi artistik visual, gameplay, dan interaktifitasnya. Mahasiswa akan mempelajari tahapan-tahapan perancangan game dan media interaktif dimulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca produksi. http://umn.ac.id/.

Di atas merupakan delapan kampus yang membuka program studi khusus Game. Bagi kamu yang tertarik, silakan langsung hubungi pihak kampus karena sebagian kampus telah membuka pendaftaran.

Saat kamu menjadi mahasiswa prodi ini, tantangan baru akan kamu temukan saat mulai menapaki prodi game. Bagaimana tidak? Layaknya sebuah game kamu akan dihadapkan pada kenyataan bahwa membuat suatu aplikasi game tidaklah semudah saat kamu memecahkan game demi game.

Baca juga: Prodi Bahasa Korea, Di Kampus Mana Saja?

Namun setelah saat masa-masa sulit terlewati dan kamu resmi menyandang gelar sebagai ahli game, maka ranah pekerjaan ini bisa kamu coba:

  1. Game Engineer
  2. Game Developer
  3. Game Artist
  4. Game Designer
  5. Game Director
  6. Game Content Provider
  7. Entrepreneur
  8. Game Consultant
  9. Academician in multimedia and games (Lecturer, Trainer, Researcher)
  10. Dan masih banyak lainnya.

Namun sekadar saran, sebelum kamu memilih mana perguruan tinggi yang sesuai kebutuhanmu, ada baiknya kamu mempertimbangkan fokus pengembangan game apa yang kamu inginkan. Apakah dari segi teknis pemrograman? Desain visual? Atau desain sebuah permainan? Selamat mencoba!

Note: Selain kedelapan kampus di atas, adakah kampus lain yang menyelenggarakan jurusan/program studi game? Bubuhkan di kolom komentar ya!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by kucingheheh on Ayo Kuliah
uib

http://sipa.uibitdays.com/kampus-multimedia-di-indonesia/

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait