1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Deretan Universitas Favorit di SNMPTN, Unpad Masih Nomor Satu

Kategori

Deretan Universitas Favorit di SNMPTN, Unpad Masih Nomor Satu

Deretan Universitas Favorit di SNMPTN, Unpad Masih Nomor Satu

Rating: 0.0 - out of 5stars
27 April 2017 0 Komentar
Penulis:

Selamat bagi calon mahasiswa baru yang lolos jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Bagi yang belum lolos, tenang, masih ada jalur SBMPTN dan jalur Seleksi Mandiri yang bisa kamu ikuti. Selagi masih ada kesempatan, tak ada salahnya kamu mencoba jalur lain dan tidak berlarut-larut bersedih lantaran tidak lolos SNMPTN bukan?

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran Online SBMPTN 2017!

Nah, sebagai acuan untuk mengikuti SBMPTN dan Seleksi Mandiri, berikut Ayokuliah rangkum universitas mana saja yang menjadi favorit di SNMPTN. Deretan universitas favorit ini berguna untuk membantumu memilah universitas mana yang memiliki tingkat persaingan ketat atau tidak.

1. Universitas Padjajaran Bandung

deretan-universitas-favorit-di-snmptn-unpad-masih-nomor-satu

Unpad masih menempati peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak. Tahun lalu, Unpad juga menduduki posisi pertama dan tidak bergeser tahun ini. Sebanyak 39.388 siswa mendaftar di Unpad, dan Fakultas Kedokteran serta Ilmu Komunikasi menjadi jurusan terfavorit. Tahun lalu, jumlah pendaftar tercatat sebanyak 58.937 siswa dan tahun ini turun menjadi 39.388 siswa.

2. Universitas Brawijaya

deretan-universitas-favorit-di-snmptn-unpad-masih-nomor-satu

Peringkat kedua ditempati oleh Universitas Brawijaya Malang dengan total 33.950 pendaftar. Adapun siswa yang diterima di UB berjumlah 3.174 orang.

Tahun ini, jumlah pendaftar di UB mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu. Penurunan yang terjadi hampir mencapai 30 persen dari jumlah pendaftar tahun lalu sebanyak 47.452 orang. Meski demikian, UB wajib bangga lantaran jumlah peminat/pendaftar UB berhasil naik peringkat dan menggantikan posisi Universitas Gadjah Mada yang menduduki peringkat kedua tahun lalu.

3. Universitas Diponegoro

deretan-universitas-favorit-di-snmptn-unpad-masih-nomor-satu

Universitas Diponegoro Semarang berhasil naik dua peringkat untuk kategori universitas terfavorit di SNMPTN. Tahun lalu, Undip menduduki posisi kelima universitas favorit, kini Undip menduduki posisi ketiga. Adapun jumlah peserta/pendaftar SNMPTN berjumlah 32.085 pendaftar.

4. Universitas Sumatera Utara

deretan-universitas-favorit-di-snmptn-unpad-masih-nomor-satu

Masih berada di posisi yang sama dengan tahun lalu, USU masih mampu bertengger di posisi keempat sebagai universitas favorit SNMPTN. Jumlah pendaftarpun tidak terpaut cukup jauh dengan Undip, dengan perolehan pendaftar sebanyak 31.940 siswa.

5. Universitas Gadjah Mada

deretan-universitas-favorit-di-snmptn-unpad-masih-nomor-satu

UGM harus rela turun peringkat dari kedua menjadi kelima. Jika tahun lalu jumlah pendaftar UGM mencapai 66.748 siswa, kini pendaftar turun hingga 50 persen atau hanya sekitar 31.814 siswa. Meski demikian, UGM masih membuka jalur penerimaan lain baik SBMPTN maupun Ujian Tulis (UTUL).

Universitas favorit selanjutnya yakni Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Hasanudin dan Universitas Negeri Yogyakarta. Hingga berita ini dilansir, belum ada data terkait berapa jumlah pendaftar di lima kampus selanjutnya ini.

Di sisi lain, PTN yang paling banyak menerima calon mahasiswa baru yakni Universitas Halu Uleo, Kendari, Sulawesi Tenggara. PTN tersebut menerima 3.174 siswa. Sementara itu, universitas ini juga tercatat menempati peringkat pertama sebagai penerima siswa pendaftar Bidikmisi terbanyak. Sejumlah 1.477 pendaftar Bidikmisi diterima disini.

linecolor

    






Artikel Terkait