1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Ingin Kuliah Sambil Bisnis Kuliner? Masuk Jurusan Ini Yuk!

Kategori

Ingin Kuliah Sambil Bisnis Kuliner? Masuk Jurusan Ini Yuk!

Ingin Kuliah Sambil Bisnis Kuliner? Masuk Jurusan Ini Yuk!

Rating: 1 - out of 5stars
23 November 2017 0 Komentar
Penulis:

Bingung mau masuk jurusan kuliah apa? Suka hal-hal yang berbau kuliner dan ingin menjadikan masakan sebagai ladang penghasilan?. Jurusan satu ini mungkin cocok buat kamu. Jurusan Bisnis Kuliner (Culinary Business) Universitas Ciputra Surabaya.

Apa sih enaknya masuk jurusan ini?

Jurusan Bisnis Kuliner yang dimiliki universitas swasta ternama satu ini memadukan multidisplin ilmu yang ada, yang fokus pada menemukan peluang bisnis, inovasi, kreativitas dan kemampuan entrepreneurial agar tercipta Culinary Entrepreneurs.


Adapun keunggulan atau enaknya masuk di jurusan ini adalah bukan hanya sekolah masak, melainkan mengajarkan implementasi konsep, kreativitas dan bisnis di bidang kuliner. Tak jarang mahasiswa di jurusan ini mampu memiliki ladang penghasilan sendiri bahkan sebelum mereka lulus kuliah.

Hal ini lantaran metode pembelajaran yang dilaksanakan mengacu kepada penemuan masalah, menemukan peluang serta mengembangkan peluang yang ada. Kemudian, metode pembelajaran dengan berbekal real projects yang berdasarkan pada real problems.

Baca: 8 Kampus Ini Punya Jurusan Game Terbaik di Indonesia

Kamu sebagai mahasiswa akan diperkaya dengan kemampuan dan keterampilan di bidang kuliner seperti basic knowledge, arts and management, healthy products serta industry trends. Selain itu, diperkaya dengan metode DEO (Discovery-penemuan, Exploration-eksplorasi, Observation-pengamatan). Itulah beberapa metode pembelajaran yang akan membuatmu nyaman selama kuliah berlangsung.

Fasilitas penunjang pembelajaran:

Kuliah tak lengkap tanpa fasilitas penunjang pembelajaran terbaik. Berikut fasilitas yang dimiliki jurusan Bisnis Kuliner:

  1. Culinary Studio – Mirip seperti studio masak kecil dimana di sini kamu bisa mengembangkan kemampuan dan pengetahuan tentang dunia kuliner.
  2. Live Action Laboratory – Semacam workshop khusus kuliner guna memperkaya keterampilan dan pengetahuan di bidang kuliner.
  3. Beverage Laboratory – Memfasilitasi mahasiswa untuk memperkaya keterampilan dan pengetahuan mereka dalam Beverage Knowledge & Art. 4. Laboratorium ini memberi kesempatan tentang eksperimen seni mencampur minuman, bartending, dsb.
  4. Kitchen Laboratory – Ini adalah laboratorium tempat produksi kuliner. Mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan eksperimen kuliner di sini. Perlengkapan yang ada sudah lengkap lho!.
  5. Pastry & Bakery Laboratory – Laboratorium untuk eksperimen membuat pastry dan bakery.
  6. Restaurant & Bar Laboratory – Memfasilitasi mahasiswa untuk memperkaya keterampilan dan pengetahuan mereka di bidang Food Service Area, Cafe Management and Restaurant Business.

Ini dia kurikulum yang dijalankan di jurusan Bisnis Kuliner:

Tahun pertama: Mahasiswa akan dikenalkan pada profesionalisme dan etika serta pengetahuan dasar dalam bidang kuliner.

Semester 1 – Mata Kuliah Pariwisata, Bisnis Hospitaliti 1 (Basic Baking & Beverage)
Semester 2 – Mata Kuliah Pariwisata, Bisnis Hospitaliti 2 (Basic Service & Cooking)

Tahun kedua: Mahasiswa dikenalkan dan diajarkan mengenai inovasi dalam bidang kuliner yang ditunjang dengan praktek dasar mengenai mata kuliah yang sesuai.

Semester 3 – Mata Kuliah Bisnis, Inovasi Hospitaliti Dasar, Hospitaliti Operasional Dasar
Semester 4 – Mata Kuliah Bisnis, Inovasi Hospitaliti Lanjutan, MICE

Baca: Akademi Dan Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik Di Yogyakarta

Tahun ketiga: Mahasiswa dihadapkan pada tantangan produk yang memiliki nilai art, yang sehat dan mengikuti tren yang berkembang dalam industri.

Semester 5 – Beverage Art, Pastry Art, Cuisine Art, Electives
Semester 6 – Healthy Subjects, Manajemen Makanan dan Minuman, Kreasi Bisnis

Tahun keempat: Mahasiswa sudah siap untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Semester 7 – Internship (Implementasi Bisnis – Contemporary Studies)
Semester 8 – Tugas Akhir

Tertarik masuk di jurusan ini? Pecinta kuliner silakan pelajari dulu sistim perkuliahannya di laman https://cbz.uc.ac.id/.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait