1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Ini Dia 5 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi! Ada Jurusanmu?

Kategori

Ini Dia 5 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi! Ada Jurusanmu?

Ini Dia 5 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi! Ada Jurusanmu?

Rating: 1 - out of 5stars
19 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

Memilih jurusan kuliah bisa dikatakan sebuah hal yang susah-susah gampang. Memilih jurusan kuliah pun dapat dikatakan sebagai gerbang awal kesuksesanmu diraih. Masa depan gajimu pun mulai terlihat dari awal kamu mengambil jurusan.

Di Indonesia maupun di dunia, terdapat ratusan jurusan yang bisa didaftar. Semuanya memiliki potensi yang sama untuk menghasilkan gaji memuaskan. Tapi tentunya dengan usaha masing-masing dari kamu ya!.

Nah dari semua jurusan yang tersebar, ada jurusan yang menempati masa depan gaji tertinggi. Memang tak selalu akurat, namun jika dilihat dari sepak terjang jurusan ini, maka deretan jurusan ini bisa dikatakan jurusan dengan gaji tertinggi khususnya di dunia.

7 Jurusan Kuliah Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Meniti Masa Depan?

 

Dilansir dari CNBC via Liputan6, Selasa (17/5/2016), orang-orang yang menyelesaikan kuliah di jurusan STEM, yaitu ilmu pengetahuan (science), teknologi (technology), teknik (engineering), dan matematika (math) masih menempati posisi tertinggi soal jumlah gaji.

“STEM masih berada di posisi teratas tahun ini, konsisten dengan tahun sebelumnya,” kata Andrea Koncz, manager riset National Association of Colleges and Employers.

Selain keempat jurusan di atas, masih ada satu jurusan lagi yakni Komunikasi. Dari kelima jurusan di atas, kamu salah satu mahasiswanya?

Berikut daftar jurusan beserta gaji di dunia:

  1. Teknik

Gaji lulusan baru (fresh graduate) dari jurusan teknik bisa mencapai US$ 65 ribu per tahun 2016. Angka tersebut naik tiga persen dibanding tahun sebelumnya.

Bidang studi teknik yang paling dicari para pencari kerja adalah teknik perminyakan, teknik kimia, teknik elektro, dan teknik mesin. Jurusan ini tak pernah sepi dicari oleh perusahaan perusahaan kelas kakap, tak hanya itu saja, jurusan ini pun mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri lho.

  1. Ilmu komputer

Maraknya perusahaan di bidang teknologi dan informasi mengakibatkan lulusan dari jurusan ilmu komputer ramai dicari. Gaji awalnya bisa mencapai US$ 61.321 per tahun, dan bisa naik lagi sampai US$ 105 ribu per tahun jika sudah berpengalaman selama 10 tahun.

  1. Matematika dan ilmu pengetahuan

Lulusan dari jurusan Matematika atau ilmu Pengetahuan bisa menghasilkan US$ 55 ribu per tahun. Dengan 10 tahun pengalaman, gaji itu bisa naik jadi US$ 95.300 per tahun.

  1. Bisnis

“Bankir investasi menjadi pekerjaan paling dicari setelah lulus kuliah,” kata pendiri Quadjobs, Andra Newman.

Tahun ini proyeksi pendapatan awal dari para lulusan jurusan bisnis sekitar US$ 52 ribu, naik sedikit ketimbang tahun lalu yang mencapai US$ 51.508 per tahun.

  1. Komunikasi

Menurut laporan PayScale, mereka yang mengambil jurusan marketing dan komunikasi pendapatannya bisa mencapai US$ 82 ribu setelah 10 tahun pengalaman kerja.

Nyatanya, jurusan komunikasi pun memiliki beberapa bidang pekerjaan yang luas, diantaranya di bidang penyiaran, jurnalistik, hingga hubungan masyarakat. Semua bisa ditangani oleh para ahli di jurusan ini.

Cerdik Memilih Program Studi Ala AyoKuliah.id

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait