1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Ini Dia Kampus-kampus Pencetak Start-up Sukses Di Indonesia

Kategori

Ini Dia Kampus-kampus Pencetak Start-up Sukses Di Indonesia

Ini Dia Kampus-kampus Pencetak Start-up Sukses Di Indonesia

Rating: 5.0 - out of 5stars
07 Juli 2017 1 Komentar
Penulis:

Beberapa saat lalu situs iPrice mengunggah salah satu tulisan barunya dengan judul “Latar Belakang Pendidikan Pendiri Startup Sukses Indonesia”. Dimana temuannya kali ini berkat jalinan kerjasama iPrice Group dan Venturra (perusahaan investasi yang cukup aktif di Indonesia). Mereka berhasil membandingkan 50 lebih perusahaan rintisan (start-up) dan 100 lebih pendiri, untuk menganalisa latar belakang pendidikan yang mereka ambil sebelumnya. Adapun parameter “sukses” yang digunakan untuk mendapatkan hasil “Siapa kampus pencetak Start-up sukses di Indonesia” ini adalah pendiri dari perusahaan rintisan, yang minimal sudah mendapatkan pendanaan seri-A.

Dari hasil yang tim iPrice dapatkan, ada 3 temuan menarik mengenai latar belakang pendidikan para pendiri start-up sukses di tanah air. Diantaranya adalah:

1. Ternyata, ITB Menjadi Universitas Pencetak Pendiri Sukses Terbanyak

Siapa calon mahasiswa ITB? Nih kampusmu berhasil menjadi pencetak start-up terbanyak, mungkin kamu akan menjadi pendiri start-up selanjutnya!.

ini-dia-kampus-kampus-pencetak-start-sukses-di-indonesia
https://iprice.co.id/

Tim melakukan analisa 100 orang lebih pendiri, dan ternyata 14 orang pernah mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung. Contohnya, pendiri Bukalapak, seperti Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Muhamad Fajrin Rasyid. Selain itu ada juga COO dari Kudo yang telah diakuisisi Grab Agung Nugroho, CEO Snapcart Raynazran Royono, Co-Founder Fabelio Marshal Tegar Utoyo dan masih banyak lagi.

Kampus dengan pencetak start-up terbanyak kedua yakni Bina Nusantara dan Harvard. Keduanya sama-sama berada di posisi ke dua karena jumlah start-up lulusan kampus ini sama-sama berjumlah 8 orang. Beberapa orang yang berasal dari Bina Nusantara adalah pendiri dan juga CEO dari Tokopedia William Tanuwijaya, CEO dari Qlapa Benny Fajarai, CEO dari Tripvisto Benardus Sumartok. Sedangkan dari Harvard yakni CEO Gojek Nadiem Makarim, CEO Traveloka Ferry Unardi, para co-founders Modalku, Raynold Wijaya dan Kelvin Teo dan masih ada yang lainnya.

Baca: 8 Kampus Ini Punya Jurusan Game Terbaik di Indonesia

Di posisi ke tiga pencetak start-up terbanyak ada Universitas Purdue dengan 7 pendiri sukses. Diantaranya adalah CEO dari Ruang Guru Adamas Syah Devara yang juga pernah mengenyam pendidikan di Harvard, CEO Berrybenka Jason Lamuda dan juga CEO Sribu Ryan Gondokusumo.

Lalu, posisi ke empat ada Stanford University yang sukses mencetak 5 orang pendiri sukses seperti, CTO Traveloka Derianto Kusuma dan Co-Founder Cermati Oby Sumampouw.

Terakhir ada Universitas Indonesia yang berhasil mencetak 4 orang pendiri sukses, beberapa diantaranya adalah CTO Tiket.com Natali Ardianto, Chief of Product Ruang Guru Iman Usman dan juga CEO Hijup Diajeng Lestari.

Tak hanya 6 universitas di atas, ternyata masih ada beberapa universitas lain seperti Universitas Taruma Negara tiga orang dan juga Universitas Pelita Harapan 2 orang.

Jadi, dapat disimpulkan jika kualitas kampus-kampus di Indonesia tidak kalah dengan kualitas universitas luar negeri. Buktinya saja, ITB berhasil mencetak lebih banyak pendiri start-up dibanding Harvard, Purdue dan Stanford.

Baca: Biaya Kuliah Mahal? Pakai Ini Aja Bayarnya!

2. 58% dari Pendiri Sukses Mengambil Jurusan Non-Teknologi

Dari 102 pendiri perusahaan rintisan yang sukses yang sudah diteliti, sebanyak 59 orang mengambil jurusan non-teknologi dan sisanya 43 orang lagi mengambil jurusan Teknologi.

Dari 59 orang tersebut, jurusan yang paling banyak diambil adalah Finance (8), Teknik Industri (6), Ekonomi (6), Marketing (5), Akuntansi (4) dan lainnya.

Baca halaman selanjutnya. 1 2 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Bambang on Ayo Kuliah
Mantap nih

Indonesia cukup bangga ya, walau lulusan luar negri tapi masih ada juga beberapa lulusan universitas Indonesia yang sukses membuat startup! Semangat!

linecolor

    






Artikel Terkait