1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Kuliah Perdana? Perhatikan Hal Ini!

Kategori

Kuliah Perdana? Perhatikan Hal Ini!

Kuliah Perdana? Perhatikan Hal Ini!

Rating: 1 - out of 5stars
08 September 2016 0 Komentar
Penulis:

Sekelompok mahasiswa baru sudah siap untuk menjalani masa perkuliahan. Setelah masa orientasi selesai, kini kamu akan mulai menjajaki masa perkuliahan yang sebenarnya. Mungkin kamu akan merasa kaget dengan perbedaan yang ada, antara pembelajaran di SMA dulu dengan pembelajaran saat kuliah. Tapi tenang, lambat laun kamu akan mulai terbiasa kok!

Nah, sebagai mahasiswa baru, tentunya kamu akan menghadapi yang namanya kuliah perdana. Kuliah ini biasanya belum berisi banyak materi kuliah dari pihak dosen, melainkan penjelasan terkait silabus (rencana pembelajaran) yang sudah dipersiapkan oleh tim dosen. Kamu akan mendapatkan informasi terkait bobot nilai, kapan masa ujian tengah semester, ujian semester, lalu jenis-jenis tugas apa yang akan dikerjakan kamu nantinya. Kamu akan menerima penjelasan terkait waktu belajar dalam satu semester, serta masa kamu boleh meninggalkan perkuliahan.


Jika biasanya dalam satu semester terdapat 16 kali pertemuan, maka kamu hanya diperbolehkan membolos sebanyak 25%, atau sekitar 3 kali pertemuan saja. Diluar itu nilaimu selama satu semester tidak akan keluar ya!

Baca: Keren, PKKMB UNS Bentuk 11 Formasi Bertemakan Pariwisata Dan Persatuan Indonesia

Nah, selain itu, ada hal lain yang harus kamu perhatikan saat memasuki masa kuliah perdana, yakni:

  1. Datang tepat waktu

Usahakan datang ke kuliah perdana tepat waktu, atau biasakan datang 10 menit sebelum kelas di mulai. Hal ini dilakukan agar kamu merasa lebih siap untuk menerima materi. Kamupun akan lebih merasa tenang sembari menunggu dosen datang.

  1. Berpakaian rapi

Sebenarnya, tak hanya pada kuliah perdana saja kamu harus mengenakan pakaian rapi. Untuk perkuliahan selanjutnya kamu juga diharuskan untuk mengenakan pakaian yang rapi lho. Karena saat ini merupakan kali pertama kamu bertatap muka dengan dosen, usahakan kamu menunjukkan pribadi yang baik dengan berpakaian layaknya anak kuliah.

  1. Bersikap ramah

Sudah kenal dengan rekan sekelas? Usahakan kamu bersikap ramah terhadap rekan sekelas, kesan pertama ini cukup penting untuk kelanjutan pertemuan berikutnya. Jangan sampai kamu terlihat sombong dikarenakan sifat kurang ramah, hingga pada akhirnya kamu diabaikan selama satu semester. Sikap inipun akan membantu kamu memiliki teman-teman baru yang akan menunjang masa perkuliahan ke depan.

Selain itu, kamu diharapkan jangan malu untuk bertanya. Jika penjelasan teman maupun dosen belum jelas, maka kamu harus membiasakan diri untuk bertanya. Apalagi terkait informasi penting yang disampaikan oleh dosen saat kuliah perdana ini.

Baca: Unika Atma Jaya Ajak Maba Membangun Kepedulian Merajut Kebhinekaan

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait