1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Kiat Lolos SBMPTN 2018

Kategori

Kiat Lolos SBMPTN 2018

Kiat Lolos SBMPTN 2018

Rating: 1 - out of 5stars
27 April 2018 0 Komentar
Penulis:

Tepat hari ini tanggal 27 April 2018 pendaftaran SBMPTN 2018 akan ditutup. Jelang satu hari sebelum penutupan, yaitu kemarin, jumlah pendaftar SBMPTN 2018 mencapai 797.023 peserta. Apakah kamu juga menjadi bagian dari peserta SBMPTN 2018?

SBMPTN merupakan jalur masuk ke universitas dengan cara mengikuti ujian, yakni ujian tulis dan ujian keterampilan. Ngomong-ngomong ujian tulis, apakah kamu sudah siap dengan ujian tulis di SBMPTN nanti? Dengar-dengar soal-soal ujian masuk PTN itu susahnya setengah mati nih, jadi deg-deg an juga ya.


Baca juga: Pendaftaran SBMPTN 2018, Jadwal Ujian SBMPTN, Hingga Pengumuman SBMPTN 2018

Bila begini, maka tak heran dimana-mana bertebaran tips lolos SBMPTN 2018, kiat lolos SBMPTN, rumus-rumus dalam SBMPTN, dan masih banyak lagi lainnya. Saking terkenal sulitnya, tak sedikit bimbel-bimbel yang membuka program khusus untuk SBMPTN. Bimbel-bimbel semacam ini laris bak kacang goreng manakala musim ujian masuk PTN tiba tiap tahunnya.

Kiat Lolos SBMPTN 2018 #1: Pahami Konsep Soal

Nah, yang perlu kamu tahu nih soal SBMPTN itu soal-soalnya membutuhkan penalaran tingkat tinggi. Jadi, kadangkala selama sekolah tiga tahun di SMA, kamu akan terkaget-kaget melihat soal ujian masuk PTN yang rasa-rasanya belum pernah diajarkan di sekolah, terutama untuk ujian Matematika ya. Eits, rumus-rumusnya mungkin sudah diajarkan di sekolah, cuma penerapannya berbeda karena soal ujian masuk PTN memang butuh pemahaman konsep akan soal yang diujikan.

Para pengajar di bimbel seringkali memberikan rumus cepat untuk mengerjakan soal-soal, maklum saja, soal yang sulit dan perlu nalar tinggi harus dikerjakan dalam waktu yang terbatas. Tes kemampuan dasar merupakan tes yang paling penting, jadi usahakan untuk menggarap bagian ini dengan sungguh-sungguh.

Kiat Lolos SBMPTN 2018 #2: Pakai Strategi

Dalam mengerjakan soal SBMPTN, harus memperhatikan strategi, dan strategi yang paling jitu adalah dengan cara mengerjakan soal dari yang paling mudah, sedang, dan terakhir paling sulit. Memang ada perbedaan sistem penilaian di SBMPTN 2018 dengan tahun-tahun sebelumnya. Tapi strategi di atas masih relevan untuk digunakan. Daripada membuang waktu mengerjakan soal sulit, lebih baik berusaha memenuhi lembar jawaban dengan soal-soal yang mudah dan sedang.

Kiat Lolos SBMPTN 2018 #3: Pilih Prodi dengan Tepat

Selain belajar materi soal-soal dan rumus-rumus yang biasa digunakan, kiat lolos nomor 3 adalah pemilihan prodi. Ada banyak peserta yang gagal di SBMPTN karena salah memilih prodi, terkadang prodi yang dipilih terlalu tinggi atau di luar kemampuan akademik yang bersangkutan, sehingga sulit untuk dicapai.

Kedua, urutkan pilihan prodi dari grade tertinggi di pilihan pertama berurutan hingga pilihan ketiga adalah grade yang paling rendah di antara ketiga prodi yang menjadi pilihan. Urusan passing grade ini memang sudah lama menjadi poin yang harus diperhatikan ketika memilih prodi.

Baca juga: 5 Prodi Universitas Gadjah Mada Dapat Pengakuan Akreditasi Internasional

Menurut sumber resmi yang dikeluarkan oleh panitia SBMPTN 2018, ada tiga prodi yang menempati urusan teratas sebagai prodi dengan jumlah pendaftar paling banyak, yaitu prodi kedokteran, ilmu kesehatan masyarakat dan Teknik sipil.

Selain prodi favorit, ada juga perguruan tinggi favorit dalam SBMPTN 2018 yaitu, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas DIponegoro (Undip).

Jadi, sudah siapkah kamu bertempur di SBMPTN 2018?

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait