1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Mahasiswa Wajib Hemat Uang Bulanan, Ini Caranya!

Kategori

Mahasiswa Wajib Hemat Uang Bulanan, Ini Caranya!

Mahasiswa Wajib Hemat Uang Bulanan, Ini Caranya!

Rating: 1 - out of 5stars
04 Oktober 2016 0 Komentar
Penulis:

Uang saku bulanan menjadi hal yang sangat penting, khususnya bagi para anak rantau yang menjalani kuliah jauh dari rumah. Antara satu anak rantau dan anak rantau lainnya memiliki nominal uang saku yang berbeda-beda. Ada yang lebih atau hanya dapat uang pas-pasan, karena memang diseuaikan dengan kemampuan orang tua.

Uang saku ini mencakup seluruh kebutuhan selama satu bulan, jadi bagaimanapun caranya kamu harus berhemat agar tidak terjadi besar pasak dibandingkan tiang saat akhir bulan. Kamu gak mau kan saat akhir bulan hanya makan nasi kerupuk pakai kecap? atau makan nasi sama mie instan? Atau harus pinjem teman sana-sini jika ada kebutuhan mendadak?

Biaya Kuliah Mahal? Pakai Ini Aja Bayarnya!

Nah agar uang saku satu bulanmu teratur, maka mahasiswa wajib menghemat uang bulanan. Ini dia caranya!

  1. Catat prioritas kebutuhan bulananmu

Satu bulan ini, apa saja yang akan kamu beli? Adakah yang mendesak atau bisa ditunda jika tabunganmu sudah mencukupi. Kamu perlu mencatat uang saku bulanan ini akan kamu gunakan untuk kegiatan atau belanja apa saja. Catat dengan perkiraan harga yang akan kamu bayarkan nantinya. Tahan godaan pula untuk belanja hal-hal yang kurang bermanfaat, jangan sering-sering ‘jeng-jeng’ dari satu mall ke mall lain juga ya!

  1. Usahakan untuk memasak sendiri

Beruntunglah jika di kos atau kontrakan kamu memiliki area dapur yang lengkap dengan segala perabotannya. Kamu bisa mulai untuk memasak masakan kesukaanmu sendiri. Hemat dan lebih sehat kan karena kamu sendiri yang memilih bahan-bahannya!

Atau bisa juga bawa rice cooker pribadi, dan belilah lauk sebagai pendamping nasi kamu. Hemat kan!

  1. Minimalkan kebiasaan laundry

Sekali laundry habis Rp 3500/kg, padahal setiap minggu ada 2 kg lebih yang dicuci. Biar lebih hemat, yuk biasakan cuci baju sendiri, sekalian olahraga tangan.

  1.  Hemat BBM, jalan kaki, naik sepeda atau nebeng teman

Cara menghemat BBM sekaligus mengurangi polusi udara yaitu dengan berjalan kaki, naik sepeda, atau nebeng temen kuliah. Apalagi sekarang banyak kampus yang mengharuskan para mahasiswa baru berjalan kaki di area kampus, alias tidak diperkenankan mengendarai kendaran. Pas kan dengan rencana hemat bulananmu!

  1. Cari warung murah

Biasanya di setiap kampus pasti memiki warung dengan julukan ‘murah’. Nah kamu bisa kunjungi warung ini untuk sekedar membeli lauk atau langsung makan di tempat.

Atau jika kamu berkenan, makan murah juga bisa didapati di angkringan. Per bungkus kurang lebih 3000, minumnya air putih biar gratis.

  1. Kerja sampingan? Boleh juga

Jika kamu merasa uang bulanan selalu minus, cobalah untuk mencari alternatif lain dengan pekerjaan sampingan. Apa sih kerja sampingan yang cocok buat mahasiswa? Misalnya jadi tentor di bimbingan belajar, buka jasa penerjemah bahasa Inggris, pegawai cafe, dll.

  1. Usahakan untuk menabung

Kenapa harus menabung? Karena uang yang kamu tabungkan akan berguna saat kamu benar-benar butuh. Kamu tak pernah tau kan kapan kondisi badanmu drop? Jadi kamu butuh uang lebih untuk sekedar beli obat, atau berobat ke dokter. Atau juga uang ini bisa kamu gunakan untuk membeli barang yang kamu suka, jadi tanpa perlu meminta pada orang tua, kamu bisa membelinya sendiri.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait