1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Mau Lolos SBMPTN 2016? Ini Dia yang Harus Kamu Persiapkan!

Kategori

Mau Lolos SBMPTN 2016? Ini Dia yang Harus Kamu Persiapkan!

Mau Lolos SBMPTN 2016? Ini Dia yang Harus Kamu Persiapkan!

Rating: 1 - out of 5stars
08 April 2016 0 Komentar
Penulis:

Ujian Nasional sudah ditempuh, pengumuman kelulusan juga sudah ditangan. Tugasmu kini hanya memilih kampus, juga program studi apa yang paling diminati untuk melanjutkan cita-cita. Setelah SNMPTN selesai dan hasil telah diterima, saatnya SBMPTN 2016 beraksi!

Bagaimana hasil tes jalur undangan/SNMPTN kamu? Lolos atau kurang beruntung? Sebenarnya tak hanya SBMPTN 2016 yang bisa ditempuh jika kamu gagal SNMPTN, melainkan ada Seleksi Mandiri (SM) yang diselenggarakan masing Universitas. Sebelum ke SM, ikut SBMPTN 2016 dulu ya!

Baca juga: Cerdik Memilih Program Studi Ala AyoKuliah.id

Pendaftaran SBMPTN 2016 dibuka mulai tanggal 25 April 2016 dan berakhir hingga 9 Mei 2016 (untuk pendaftaran online CBT) dan 20 Mei 2016 untuk pendaftaran (PBT). Apa itu CBT dan PBT? Bisa kamu simak di sini.

Jika SNMPTN tidak memberlakukan tes tertulis maupun tes via komputer, lain halnya dengan SBMPTN 2016. Kamu dipersilahkan untuk memilih tes via komputer (CBT) atau tes tertulis (PBT). Lokasinya pun ditentukan oleh PTN yang kamu pilih atau tempat lain yang dirasa lebih dekat dengan daerah tinggal kamu.

Soal pelaksanaan ujian, bagi kamu yang memilih ujian CBT, ujian akan dilaksanakan pada tanggal 28 sampai 30 Mei 2016. Kemudian via tertulis (PBT) dilaksanakan serentak pada tanggal 31 Mei. Sudah siapkah kalian menghadapi tes ini?

Mau lolos SBMPTN 2016? Ini dia peralatan perang yang harus kamu persiapkan:

  1. Materi

Materi dirasa menjadi hal yang paling penting. Coba baca-baca kembali materi pelajaran dari kelas X, XI, hingga XII. Rajin-rajin juga masuk ke perpustakaan, browsing soal-soal SBMPTN dari situs internet, cukup banyak soal yang bisa kamu download, bahkan lengkap dari tahun ke tahun. Siapa tahu soal tahun kemarin dimunculkan kembali di SBMPTN 2016.

Sebaiknya pula, kamu dapat meminjam atau membeli buku terkait soal-soal SBMPTN. Cukup banyak soal yang bisa kamu temukan. Adapula buku yang sudah disesuaikan dengan bidang tes kamu. Bidang Saintek sendiri, Soshum dan IPC sendiri. Kamu bisa menyeseuaikan dengan bidang yang kamu ambil ya!

  1. Ikuti try out SBMPTN 2016

Ikut try out SBMPTN 2016 yang biasanya diadakan oleh sekolah, lembaga pembelajaran/bimbel, atau justru dari pihak universitas. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman terkait dengan ujian yang akan ditempuh bulan Mei kedepan. Jangan lupa persiapkan dengan matang peralatan yang kamu perlukan, ini perang perdana menuju perguruan tinggi lho!

Terkadang memang try out dikenakan biaya pendaftaran atau biaya ujian, jadi ikuti sepenuh hati ya! Anggap saja try out ini tes ujian masuk sebenarnya.

  1. Perbanyak informasi

Perbanyak informasi dengan menghubungi kakak angkatan yang sudah lebih dulu memiliki pengalaman tes SBMPTN. Gali informasi seputar apa saja yang harus dilakukan, apa saja yang harus dipersiapkan, juga apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama ujian berlangsung. Jangan lupa bertanya pula, mengenai pakaian apa yang harus dikenakan saat tes berlangsung, jangan sampai kamu salah kostum ya!

  1. Mental

Kamu harus dapat mengontrol mental kamu sebelum tes berlangsung. Jangan berpikir kamu akan gagal, lakukan yang terbaik dan percaya kamu bisa masuk ke universitas favoritmu!. Jauh-jauh deh pikiran tentang para saingan yang menghadang cita-citamu, libas mereka dengan amunisi yang sudah kamu punya.

Jangan pula kamu pesimis dikarenakan sebelumnya tidak lolos tes SNMPTN, justru kamu harus lebih bersemangat karena ini jalan lain yang bisa kamu tempuh untuk menjadi mahasiswa.

Baca juga: 8 Kampus Favorit di Yogyakarta, Mana Tujuanmu?

  1. Kondisi fisik/kesehatan

Kondisi fisik juga wajib kamu perhatikan, persiapkan stamina terbaik saat menempuh ujian. Apalagi buat kamu yang mengambil tes keterampilan, stamina lebih dibutuhkan di tes ini. Rajin-rajinlah berolahraga, kurangi begadang, dan makan-makanan yang menyehatkan.

Usahakan pula kamu tidak merasa tertekan/stres, karena ini kali pertama kamu mengikuti tes, sehingga kamu mengalami stress. Ini tentu akan berpengaruh dengan hasil ujianmu nanti.

  1. Doa

Bagian terakhir, setelah kamu berusaha, kamu persiapkan materi dengan matang. Kamu harus berdoa agar diberikan kelancaran selama tes berlangsung. Jangan lupa minta doa dengan kedua orang tua juga ya!.

Semua sudah siap? Maka kamu siap menempuh tes dan siap mendapatkan hasil yang terbaik. Selamat menempuh ujian 🙂

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait