1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Pilih Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi atau Politeknik?

Kategori

Pilih Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi atau Politeknik?

Pilih Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi atau Politeknik?

Rating: 0.0 - out of 5stars
20 Januari 2016 0 Komentar
Penulis:

Bagi kamu calon lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang telah bersiap untuk meneruskan jenjang berikutnya. Sudah menentukan perguruan tinggi idaman? Mau ke universitas, institut, akademi, sekolah tinggi atau politeknik?

Kelima jenjang pendidikan tersebut pada dasarnya memiliki beberapa perbedaan yang jelas, sehingga bagi kamu calon pemilih sebaiknya lebih teliti dan memantapkan diri untuk masuk ke jenjang mana. Namun sebelum memilih jenjang mana, perhatikan terlebih dahulu jenis program yang ada di perguruan tinggi, sebagai berikut:

  1. Program Akademik, jenjang pendidikannya mulai dari S1 hingga S2. Pendidikan akademik mengarahkan mahasiswa pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai rumpun. Misalkan rumpun ilmu agama, ilmu humaniora, ilmu social, ilmu alam, ilmu formal dan ilmu terapan.
  2. Program Vokasi, jenjang pendidikannya mulai dari D1 hingga D4. Pendidikan vokasi mengarahkan mahasiswa pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Jadi bedanya dengan program akademik dapat menguasai dan mengembangkan salah satu rumpun ilmu. Tetapi Vokasi hanya satu keahlian yang siap terjun ke dunia kerja.

Baca: 5 Jurusan Kuliah untuk Lulusan IPS Selain Akuntansi

 

Mau pilih yang mana? Setelah mengetahui program di jenjang pendidikan tinggi. Masih ada pertanyaan lain mengenai perbedaan masing-masing jenjang pendidikan. Berikut adalah perbedaannya:

  1. Universitas

Jenjang ini dirasa cukup familiar dan banyak dicari. Alasannya karena di Universitas tersedia banyak fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan vokasi.

Di universitas pula kamu bisa meraih gelar akademik dalam berbagai bidang, misalkan sarjana pendidikan, hukum, psikologi, teknik, sosial, dan masih banyak lagi. Universitas juga menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana.

Cukup banyak Universitas di Indonesia baik negeri atau swasta. Diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, sedangkan untuk perguruan tinggi swasta (PTS), yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Islam Indonesia, dsb. 

Baca halaman selanjutnya. 1 2 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait