1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Pilih Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi atau Politeknik?

Kategori

Pilih Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi atau Politeknik?

Pilih Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi atau Politeknik?

Rating: 1 - out of 5stars
20 Januari 2016 0 Komentar
Penulis:

  1. Institut

Institut merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Cakupan bidang ilmu yang dipelajari pun lebih sempit jika dibandingkan dengan universitas. Misalkan saja Institut Teknologi, hanya mengajarkan berbagai ilmu yang berhubungan dengan teknik dan institut pertanian memiliki program studi pertanian.


Berikut adalah institut yang cukup ternama dengan akreditasi baik di Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan lainnya.

  1. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni dan jika memenuhi syarat maka dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Sekolah tinggi memberikan pendidikan dan pengajaran tinggi serta melakukan penelitian dalam satu cabang ilmu pengetahuan.

Beberapa sekolah tinggi favorit yang bisa dipilih adalah STMIK Amikom, STMIK Jakarta STI&K, STIKOM Indonesia

 

Baca: Program Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI

  1. Akademi

Akademi merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keahlian khusus dalam satu cabang atau sebagai cabang ilmu, teknologi atau seni yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Akademi hanya menyelenggarakan jenjang pendidikan hingga D3 atau Diploma 3.

Contoh jenjang akademi di Indonesia, antara lain Akademi Bahasa, Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan.

  1. Politeknik

Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Tujuan dari perguruan tinggi politeknik adalah untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional terapan, kemudian dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakan dan kesejahteraan umat manusia serta memperkaya kebudayaan nasional.

Politeknik merupakan pendidikan profesional yang mengarahkan mahasiswa untuk memiliki keahlian tertentu dan siap diterapkan.

 

Dari kelima jenjang tersebut, mana yang sesuai dengan keinginan kamu? Simak artikel berikutnya, hanya di AyoKuliah.id

Baca halaman selanjutnya. 1 2 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait