1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Sebenarnya, Apa Sih Manfaat OSPEK Buat Mahasiswa Baru?

Kategori

Sebenarnya, Apa Sih Manfaat OSPEK Buat Mahasiswa Baru?

Sebenarnya, Apa Sih Manfaat OSPEK Buat Mahasiswa Baru?

Rating: 1 - out of 5stars
27 September 2020 0 Komentar
Penulis:

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK merupakan satu hal yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Namun, sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa kegiatan OSPEK itu tidak perlu seiring dengan perkembangan informasi dan berita negatif yang beredar tentang OSPEK.

Seperti yang terjadi pada tahun 2019 di Universitas Khairun Ternate, mahasiswa baru diminta untuk meminum ludah dan berjalan jongkok pada masa OSPEK. Hal ini tentu saja mencoreng reputasi OSPEK sebagai tempat untuk mengenal kampus. Terlebih, juga mencoreng nama pendidikan Indonesia.

Namun, di luar itu, sebenarnya OSPEK memiliki banyak manfaat untuk mahasiswa baru, apa saja?
Berikut sederet manfaat Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK untuk kamu para mahasiswa baru.

 

1. Mengenal orang-orang baru
Selama kamu menempuh perkuliahan, akan ada masanya kamu membutuhkan bantuan orang lain sebagai relasi. Bukan hanya teman sesama jurusan, melainkan juga teman satu fakultas, satu universitas bahkan dengan mahasiswa senior. Mengenal dan menjalin relasi dengan banyak orang akan memudahkanmu dalam menghadapi permasalahan di bangku perkuliahan. Misalnya saat kamu ikut dalam sebuah kegiatan kepanitiaan atau organisasi, baik di tingkat jurusan, fakultas maupun universitas. Untuk itu, kegiatan OSPEK ini akan sangat bermanfaat untuk menambah kenalan dan reasi dengan orang-orang di lingkungan kampus.

 

2. Mengenal lingkungan dan kondisi kampus
Saat menjalani OSPEK, kamu pasti akan dikenalkan dengan lingkungan dan kondisi sosial kampus. Kamu akan diberi pegetahuan tentang berbagai fakultas dan jurusan yang ada di kampus, kondisi lingkungan serta berbagai kegiatan lain di luar kampus seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat fakultas maupun universitas.

Untuk itu, maksimalkan masa OSPEK kamu untuk mengenali dan mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang UKM yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Dengan kamu mengenali berbagai UKM itu, siapa tahu kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga seperti berkompetisi di tingkat internasional.

 

3. Mengenali sistem perkuliahan
Berbeda dengan sekolah, mengenyam pendidikan di universitas tidak berpatok pada jam masuk dan jam pulang. Di masa OSPEK, mahasiswa baru akan dikenalkan dengan sistem perkuliahan yang akan dihadapi. Mulai dari apa itu satuan kredit semester (SKS), penghitungan penilaian, hingga cara mengajar dosen yang berbeda-beda. Belum lagi bila universitasmu telah menerakan metode Prblem Based Learning (PBL) dan Collaborative Learning (CL). Nah, pada saat OSPEK inilah kamu akan diberi pengetahuan tentang semua itu.

Sudah terbayang kan betapa pentingnya OSPEK dalam membantumu menjalani pendidikan di universitas? OSPEK ada untuk membantumu survive di dunia perkuliahan baik dalam segi akademis, non-akademis, hingga lingkungan sosial.

Dari kegiatan OSPEK, kamu pun akhirnya bisa merencanakan dan mendapatkan referensi kira-kira akan menjadi mahasiswa seperti apakah kamu? Apakah akan menjadi mahasiswa yang sangat mementingkan akademis, kemampuan organisasi, atau malah keduanya?

 

4. Menumbuhkan rasa kerja sama
Mengikuti OSPEK tentu saja akan mempertemukanmu dengan banyak orang. Tidak jarang, dalam beberapa kesempatan kamu akan dikelompokkan dengan mahasiswa baru yang lain untuk menyelesaikan sebuah tugas. Nah, dalam kelompok, kamu harus mampu melakukan kerja sama dengan baik, karena itu akan berpengaruh pada hasil kerja kelompok. 

Dari pengalaman saat OSPEK tersebut, kamu akan bisa lebih mengenal dan mengasah soft skill kamu dalam hal kerja sama yang tentu akan berguna selama kamu menempuh pendidikan di bangku kuliah.

 

5. Pengalaman yang berkesan
Kegiatan OSPEK akan menjadi  kegiatan pertamamu sebagai mahasiswa. Dari kegiatan ini kamu akan mendapatkan banyak pengalaman yang sebelumnya tak pernah kamu bayangkan. Pengalaman ini nantinya akan bisa kamu ceritakan pada orang-orang terdekatmu sebagai pengalaman yang berkesan.

 

photo: kaboompics

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait