Institut Pertanian Bogor

peta Jl. Raya Darmaga Kampus IPB Darmaga Jawa Barat, Indonesia
4.5
dari 4 Review  
by Ayokuliah.id
  • Ranking #52 dari 4.896 Kampus
  • Rata-rata pendaftar setiap tahun 33.838 orang
  • #1.554 Ranking dunia menurut Webbo
Nama Institusi| Institut Pertanian Bogor
Status Perijinan Kampus| aktif
Tanggal Berdiri| 01 September 1963
Nomor SK| 921963
Tanggal SK| 01 September 1963
Kota / Kabupaten| Bogor
Provinsi| Jawa Barat
Telepon| 0251 8622642
Fax| 0251 8622708
Email|[email protected]
Website|www.ipb.ac.id

Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor. IPB melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 1 September 1963. Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tanggal 21 Februari 2013, BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan Nilai 375 yaitu peringkat A (sangat baik).

Penyelenggaraan Program Diploma di Institut Pertanian Bogor sudah dimulai sejak tahun 1980. Pada waktu itu pengelolaannnya di bawah Fakultas Non Gelar Teknologi yang memiliki 2 Jurusan dan 6 Program Studi. Tahun 1990 penyelenggaraan Program Diploma diintegrasikan dalam pengelolaan Fakultas dan Jurusan, saat itu terdapat 34 Program Studi. Seiring perkembangan waktu, pada tahun 2004 penyelenggaraan Program Diploma Institut Pertanian Bogor distrukturisasi menjadi 14 Program Keahlian dan pengelolaannya berada di bawah naungan Direktorat Program Diploma Institut Pertanian Bogor. Penataan ini dimaksudkan agar pengelolaannya lebih terkonsentrasi dengan manajemen yang lebih baik dan profesional. Melalui penataan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga ahli madya (menengah) yang memiliki keterampilan dan keahlian sesuai bidangnya, sehingga mampu bersaing di dunia kerja maupun tangguh dalam berwiraswasta. Hingga tahun 2006, Institut Pertanian Bogor telah meluluskan + 15.000 mahasiswa Program Diploma yang tersebar di seluruh nusantara dan terserap di berbagai sektor dunia usaha. Saat ini sebanyak 2.500 mahasiswa sedang menempuh pendidikan di Program Diploma IPB dan tahun ini akan menerima + 1.500 mahasiswa baru.

Webo Country 7
Webo World 1554
4icu 11
QS 701
Fasilitas Kampus 15
Fasilitas Terdekat 12
Dosen vs Mahasiswa 1:22

Total Skor

85 Point

Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Pertanian Bogor

chart
1:39

Quota Vs Jumlah Pendaftar

Quota | 875
Jumlah Pendaftar | 33.838

Presentase Kemungkinan Penerimaan

2.59 %
Data Pendaftar ini hanya khusus untuk Universitas Negeri. Prosentase kemungkinan adalah Rasio Jumlah Pendaftar vs Quota Penerimaan Mahasiswa pada Tahun sebelumnya.
Informasi Pendaftaran

Jumlah Dosen vs Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

chart
1:22
Rasio ini dihitung berdasarkan jumlah dosen vs jumlah mahasiswa.

Jumlah Dosen Tetap Vs Mahasiswa

Presentase Dosen Vs Mahasiswa

Jumlah Dosen | 1.209
Jumlah Mahasiswa | 26.609

Informasi Akademik Institut Pertanian Bogor

Jumlah Jurusan

200 Jurusan

Jurusan Jenjang Sarjana Dosen vs Mahasiswa Akreditasi
Ilmu KomputerS21 : 42 B
Pengelolaan Daerah Aliran SungaiS31 : 9 A
Ilmu Ekonomi PertanianS21 : 18 A
Teknologi Hasil PetanianD11 : 0 -
Teknologi dan Manajemen Produksi PerkebunanD31 : 285 -
Biosains HewanS31 : 3 A
Teknologi Hasil PerairanS21 : 10 A
BisnisS11 : 0 -
Ilmu EkonomiS21 : 9 A
Ilmu Produksi Dan Teknologi PeternakanS31 : 2 -
Manajemen Sumberdaya PerairanS11 : 62 -
Manajemen AgribisnisD31 : 388 B
Teknologi Industri PertanianS31 : 5 A
Agronomi Dan HortikulturaS31 : 0 -
Teknologi KelautanS21 : 8 A
Ilmu Penyuluhan PembangunanS31 : 15 A
Teknik PertanianS11 : 23 A
Supervisor Jaminan Mutu PanganD31 : 363 B
Klimatologi TerapanS21 : 2 A
Peternakan (sosek Peternakan) PoS11 : 0 -
EkowisataD31 : 79 B
Teknologi Perikanan LautS31 : 2 A
Teknologi industri benih Kep. YapenD21 : 0 -
Ilmu ManajemenS21 : 9 B
BioteknologiS21 : 62 A
EntomologiS31 : 6 A
FisikaS11 : 21 A
Sosiologi PedesaanS21 : 6 A
Parasitologi Dan Entomologi KesehatanS31 : 1 -
Bioteknologi Tanah Dan LingkunganS21 : 8 -
Ilmu-ilmu Faal Dan Khasiat ObatS21 : 3 -
Ilmu Nutrisi Dan PakanS31 : 2 -
Konservasi Biodiversitas TropikaS21 : 11 B
PeternakanD11 : 0 -
Ilmu TanahS21 : 5 A
Sosial Ekonomi Perikanan PoS11 : 0 -
Teknologi PanganS11 : 24 A
Manajemen InformatikaD31 : 442 B
Teknik Sipil dan LingkunganS11 : 0 C
Ilmu dan Teknologi BenihS21 : 7 B
Arsitektur LansekapS21 : 6 A
Teknologi Produksi Dan Manajemen Perikanan BudidayaD31 : 215 -
Ilmu Pengelolaan HutanS21 : 9 B
Ilmu Keluarga Dan Perkembangan AnakS21 : 5 -
PrimatologiS21 : 3 B
Ilmu Biomedis HewanS31 : 2 A
Agronomi & HortikulturaS11 : 215 -
Ilmu Perencanaan WilayahS21 : 14 -
FitopatologiS31 : 4 A
Manajemen Ekowisata Dan Jasa LingkunganS21 : 6 -
Teknologi Perikanan LautS21 : 5 A
Konservasi Sumberdaya Hutan Dan EkowisataS11 : 75 -
Ilmu GiziS11 : 32 A
Teknologi Serat Dan KompositS31 : 0 -
Ekonomi Sumberdaya Dan LingkunganS21 : 5 -
Komunikasi Pembangunan Pertanian dan PedesaanS31 : 28 -
Ilmu TanahS31 : 3 A
Teknologi Industri PertanianS21 : 8 A
Pengelolaan Sumberdaya PerairanS31 : 1 A
Budidaya PerikananD11 : 0 -
ManajemenS11 : 27 A
Pengelolaan Suberdaya Alam Dan LingkunganS31 : 17 -
Profesional Teknologi PanganS21 : 1 -
Ilmu AkuakulturS21 : 15 A
AkuntansiD31 : 390 B
Peternakan (tek Hasil Ternak) PoS11 : 0 -
Mitigasi Bencana Kerusakan LahanS21 : 3 B
Ilmu AkuakulturS31 : 6 A
Teknik KomputerD31 : 129 B
Sistem Dan Pemodelan Perikanan TangkapS21 : 0 -
Kedokteran HewanS11 : 38 A
Manajemen Informatika Kab. Aceh TamiangD21 : 0 -
Teknologi Dan Manajemen TernakD31 : 140 -
Biologi TumbuhanS21 : 17 A
Teknologi PascapanenS21 : 8 -
Manajemen Sumberdaya LahanS11 : 72 A
Teknologi Industri dan Manajemen Perikanan BudidayaD21 : 0 -
Manajemen HutanS11 : 22 A
BiokimiaS21 : 11 B
Teknologi industri benih Kab Aceh TamiangD21 : 0 -
Mikrobiologi MedikS21 : 5 A
Ilmu dan Teknologi Hasil HutanS31 : 1 B
Ekonomi Sumberdaya Kelautan TropikaS31 : 8 B
Teknologi Produksi TernakS11 : 24 A
Biologi ReproduksiS21 : 5 A
Teknologi Industri PertanianS11 : 25 A
SilvikulturS11 : 35 -
PrimatologiS31 : 6 B
Manajemen BisnisS31 : 0 A
Matematika TerapanS21 : 11 A
Teknologi KelautanS31 : 1 B
Pengendalian Hama TerpaduS21 : 0 B
StatistikaS21 : 7 A
EntomologiS21 : 31 A
Arsitektur LanskapS11 : 33 -
Ilmu PanganS31 : 4 A
Agroteknologi TanahS21 : 2 B
KimiaS21 : 6 A
Ilmu PanganS21 : 9 A
Teknologi Industri dan manajemen Perikanan Budidaya Kab. Aceh TamiangD21 : 0 -
Tek Dan Man Perikanan Dan BudidayaS11 : 35 -
BiofisikaS21 : 6 B
MikrobiologiS21 : 11 A
Nutrisi & Teknologi PakanS11 : 25 -
Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan LingkunganS21 : 52 -
Ekonomi SyariahS11 : 31 -
MatematikaS11 : 13 A
Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan LautanS21 : 15 -
Teknik Mesin Pertanian Dan PanganS21 : 5 -
Pemuliaan Dan Bioteknologi TanamanS31 : 4 -
Silvikultur TropikaS31 : 2 B
Teknologi Hasil PerairanS11 : 25 A
Komunikasi Pembangunan Pertanian dan PedesaanS21 : 20 A
Agronomi Dan HortikulturaS11 : 0 -
Ilmu KomputerS11 : 43 A
Teknologi Informasi untuk Menajemen Sumber Daya AlamS21 : 0 -
Teknologi Hasil HutanS11 : 37 A
Konservasi Biodiversitas TropikaS31 : 3 B
Paramedik VeterinerD31 : 66 -
Ilmu Gizi ManusiaS31 : 4 -
Proteksi TanamanS11 : 35 A
Ilmu Produksi Dan Teknologi PeternakanS21 : 14 -
MikrobiologiS31 : 2 A
Komunikasi dan Pengembangan MasyarakatS11 : 23 A
Pengelolaan Sumberdaya PerairanS21 : 10 A
FitopatologiS21 : 12 A
Teknik Mesin dan BiosistemS11 : 23 A
Klimatologi TerapanS31 : 1 A
Ekonomi Sumberdaya Dan LingkunganS11 : 43 -
Ilmu Gizi MasyarakatS21 : 16 -
Silvikultur TropikaS21 : 7 B
MM Pendidikan TinggiS21 : 0 -
Manajemen BisnisS21 : 0 -
KimiaS11 : 24 A
Ekonomi Sumberdaya Kelautan TropikaS21 : 0 A
Ilmu Dan Teknologi Hasil HutanS21 : 3 -
Ilmu-Ilmu Faal Dan Khasiat ObatS31 : 5 -
Teknologi Dan Manajemen Perikanan TangkapS11 : 20 -
Kesehatan Masyarakat VeterinerS31 : 2 A
Ilmu dan Teknologi BenihS31 : 1 B
Perkebunan Kelapa SawitD31 : 33 -
Sosiologi PedesaanS31 : 2 A
Teknologi Hasil Pertanian Kab. LembataD21 : 0 -
Akutansi Bank SyariahD11 : 0 -
Profesional Teknologi Informasi untuk PerpustakaanS21 : 2 -
Biologi TumbuhanS31 : 2 A
Pengelolaan Daerah Aliran SungaiS21 : 5 A
Teknologi Produksi dan manajemen Perikanan Budidaya kab LembataD21 : 0 -
Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan PedesaanS31 : 6 -
Anatomi Dan Perkembangan HewanS21 : 2 -
Statistika TerapanS21 : 14 B
Teknik KomputerD11 : 0 -
AgribisnisS21 : 20 -
EkowisataD21 : 0 -
Ilmu Biomedis HewanS21 : 1 A
Teknologi Industri BenihD31 : 260 B
Manajemen IndustriD31 : 382 -
Parasitologi Dan Entomologi KesehatanS21 : 5 -
Manajemen Ketahanan PanganS21 : 0 B
Manajemen Ekowisata Dan Jasa LingkunganS31 : 2 -
Teknik Sipil Dan LingkunganS21 : 4 -
Teknik Sipil dan LingkunganS11 : 0 C
Manajemen Industri Jasa Makanan Dan GiziD31 : 79 -
Pemuliaan Dan Bioteknologi TanamanS21 : 7 -
PerkebunanD11 : 0 -
Ilmu KonsumenS21 : 0 -
Agroteknologi (pemuliaan) PoS11 : 0 -
Ilmu Ekonomi PertanianS31 : 17 A
StatistikaS31 : 3 A
BiologiS11 : 46 A
Ilmu Penyuluhan PembangunanS21 : 6 A
Ilmu Nutrisi Dan PakanS21 : 7 -
Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan LautanS31 : 4 -
Profesional Pengembangan MasyarakatS21 : 0 -
Teknologi Hasil PerairanS31 : 0 -
BroadcastingD11 : 0 -
Ilmu Pengelolaan HutanS31 : 3 -
Supervisor Jaminan Mutu Pangan Kab EnrekangD21 : 0 -
KomunikasiD31 : 386 B
Biosains HewanS21 : 11 A
Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan PedesaanS21 : 8 -
Ilmu Keteknikan PertanianS31 : 4 A
AgribisnisS11 : 22 A
Profesional Industri Kecil MenengahS21 : 27 -
Ilmu Dan Teknologi KelautanS11 : 42 -
Teknik dan Manajemen Produksi Perkebunan Kab EnrekangD21 : 0 -
Ilmu KelautanS31 : 2 A
Kesehatan Masyarakat VeterinerS21 : 2 A
Teknik Dan Manajemen LingkunganD31 : 188 -
Budidaya Tanaman (Pertanian)D11 : 0 -
Ilmu Keluarga Dan KonsumenS11 : 24 -
Meteorologi TerapanS11 : 36 A
Biologi ReproduksiS31 : 1 A
Ilmu BiologiS31 : 0 -
StatistikaS11 : 76 A
Ilmu KelautanS21 : 15 A
Agronomi Dan HortikulturaS21 : 11 -
Analisis KimiaD31 : 210 -
Ekonomi dan Studi PembangunanS11 : 59 -
BiokimiaS11 : 31 A

Fasilitas Institut Pertanian Bogor

  • Fasilitas Olahraga
  • PERS Mahasiswa
  • Poliklinik
  • Perpustakaan
  • Wisma/Asrama/Hotel
  • Bus Kampus
  • Sarana Ibadah
  • Teknologi Informasi
  • Sepeda Kampus
  • Gedung Pertemuan
  • Kalender Pendidikan
  • Free Hotspot
  • Public Area
  • Laboratorium
  • Pusat Pelatihan Bahasa

Tempat Umum Institut Pertanian Bogor Terdekat

  • Bus Umum
  • Terminal Bus
  • Stasiun Kereta
  • Restaurant
  • Cafe
  • Mall
  • Supermarket
  • Tempat Ibadah
  • Tempat Olahraga
  • Rumah Sakit
  • Apotek
  • Kos/Asrama

Komentar Tentang Institut Pertanian Bogor

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 4 reviews
by Info Jurusan Kuliah on Ayo Kuliah
Kampus Biodiversitas

Teduh, adalah kesan pertama yang akan kita dapatkan saat pertama datang ke kampus IPB Dramaga, tidak aneh kalau kampus ini memproklamirkan diri sebagai kampus biodiversitas, karena area kampus memiliki beragam satwa dan tumbuhan. Soal pengajar, tidak perlu diragukan, kampus ini adalah yang terbaik untuk yang ingin memajukan pertanian indonesia, dan salah satu yang terbaik dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

by maya marwiah on Ayo Kuliah
IPB Yes

hayoo pilih IPB aja atuh…
wets, mungkin emang di kepala orang2 pas dengar IPB pasti lgsg nanya… Pertanian?? hello, ngapain coba kuliah di pertanian?… kumuh, nyangkul, petani, hutan, miskin, kuper atau apapun itu hal yg buruk2 yg ada di kepala kalian… sy cm mau bilang bahwa pertanian bukan cuma ttg hal2 itu guys… pertanian itu keren.. Ratusan juta rakyat Indonesia bergantung dari matapencaharian ini. Ratusan juta rakyat Indonesia hidup dari pertanian!
Prospek?
Jangan ragu. Kalau di bidang pertanian, IPB ngga perlu diberikan pertanyaan dan keraguan apapun. Mungkin yang ngga kalian tau, IPB punya kepanjangan lain lo.. Institut Perbankan Bogor! Percaya nggak? Haha.. Kembali ke temen2 kok percaya atau ngga.. alumni IPB adalah alumni yang dikenal membanjiri semua Bank! Bukan cuma anak2 dari Fakultas Ekonomi yang membanjiri Bank, tapi banyak yang dari jurusan lainnya seperti Fisika, Industri dsb juga turut bekerja di Bank. Jadi mohon maaf buat univ lain yang selama ini bernada protes ke IPB, kenapa ‘lahan’nya dikuasai IPB. Kata Pak Dekan, ‘ya jangan salahin anak2 IPB dong yang punya kemampuan di segala bidang..’. Haha.. Peace ah! :p
Nah, tadi kan saya bilang Institut Perbankan Bogor, sekarang saya mau kenalin nama yang ngga jauh beda. Institut Pengusaha Bogor! Yah..! Here we are! Saya ngga tau harus nunjukin bukti yang mana untuk nama yang satu ini. Karena saya sendiri geleng2 kepala. Betapa jiwa bisnis dan pengusaha dari mahasiswanya, CRAZY! Semua dibisnisin. Bahkan ada temen sekelas saya, -padahal baru beberapa bulan kita di IPB- dia buka usaha di bidang peternakan, sampai dia dan teman2 grupnya, bisa masing2 beli laptop+motor sendiri dengan uang mereka sendiri! Gila! Seumuran saya bisa seperti itu.. tiap bulan entah berapa puluh juta uang masuk ke kantongnya.. Itu cuma dari angkatan saya. Angkatan2 di atas saya apalagi. Contohnya, pengusaha muda terbaik se-Indonesia, Elang Gumilang. Kebetulan si kakak ini alumni jurusan Manajemen, FEM IPB (jurusan saya, hehe..) Kalian bisa search sendiri ya tentang apa yang dibuatnya.. Biar saya ngga dibilang mengada-ada.:)
IPB punya visi untuk menjadikan Indonesia negara dikjaya dengan kemampuan pertanian yang luar biasa! Mau turun ke lapangan langsung, atau di bawah atap gedung, IPB akan terus mengawal pertanian kita. Ciyeee… ahhaha..
Baiklah, kembali serius. Kalo tadi saya jelasin tentang perbankan dan jiwa bisnis anak IPB, sekarang tentang pertanian itu sendiri. Untuk jurusan2 seperti Tekpang (teknologi pangan), gizi, teknologi industri pertanian, amat jelas lahan kerjanya.. bisa di BPOM, perusahaan2 makanan apapun itu, Nestle misalnya, perusahaan kopi, dan aaaah.. banyak deh!

by Cindy on Ayo Kuliah

Kalau jurusan ips bisa masuk ipb?
Terus fakultas apa yg bisa di pilih untuk anak ips?

by Nando on Ayo Kuliah

wah saya berminat juga masuk FPIK-IPB alumni SMA bergantung ga sih ditiap fakultas atau jurusan?