Institut Pertanian Bogor

peta Jl. Raya Darmaga Kampus IPB Darmaga Jawa Barat, Indonesia
4.5 stars -
dari 4 Review
by Ayokuliah.id
  • Ranking Ranking #52 dari 4.897 Kampus
  • Pendaftar 2014 33.838 Pendaftar pada 2014
  • Ranking Webbo #1.554 Ranking dunia menurut Webbo
Nama Institusi| Institut Pertanian Bogor
Status Perijinan Kampus| aktif
Tanggal Berdiri| 01 September 1963
Nomor SK| 921963
Tanggal SK| 01 September 1963
Kota / Kabupaten| Bogor
Provinsi| Jawa Barat
Telepon| 0251 8622642
Email|[email protected]
Website|www.ipb.ac.id

Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor. IPB melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 1 September 1963. Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tanggal 21 Februari 2013, BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan Nilai 375 yaitu peringkat A (sangat baik).

Penyelenggaraan Program Diploma di Institut Pertanian Bogor sudah dimulai sejak tahun 1980. Pada waktu itu pengelolaannnya di bawah Fakultas Non Gelar Teknologi yang memiliki 2 Jurusan dan 6 Program Studi. Tahun 1990 penyelenggaraan Program Diploma diintegrasikan dalam pengelolaan Fakultas dan Jurusan, saat itu terdapat 34 Program Studi. Seiring perkembangan waktu, pada tahun 2004 penyelenggaraan Program Diploma Institut Pertanian Bogor distrukturisasi menjadi 14 Program Keahlian dan pengelolaannya berada di bawah naungan Direktorat Program Diploma Institut Pertanian Bogor. Penataan ini dimaksudkan agar pengelolaannya lebih terkonsentrasi dengan manajemen yang lebih baik dan profesional. Melalui penataan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga ahli madya (menengah) yang memiliki keterampilan dan keahlian sesuai bidangnya, sehingga mampu bersaing di dunia kerja maupun tangguh dalam berwiraswasta. Hingga tahun 2006, Institut Pertanian Bogor telah meluluskan + 15.000 mahasiswa Program Diploma yang tersebar di seluruh nusantara dan terserap di berbagai sektor dunia usaha. Saat ini sebanyak 2.500 mahasiswa sedang menempuh pendidikan di Program Diploma IPB dan tahun ini akan menerima + 1.500 mahasiswa baru.

Webo Country 7
Webo World 1554
4icu 11
QS 701
Fasilitas Kampus 15
Fasilitas Terdekat 12
Dosen vs Mahasiswa 1:22

Total Skor

85 Point

Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Pertanian Bogor

chart
1:39

Quota Vs Jumlah Pendaftar

Quota | 875
Jumlah Pendaftar | 33.838

Presentase Kemungkinan Penerimaan

2.59 %
Data Pendaftar ini hanya khusus untuk Universitas Negeri. Prosentase kemungkinan adalah Rasio Jumlah Pendaftar vs Quota Penerimaan Mahasiswa pada Tahun sebelumnya.
Informasi Pendaftaran

Jumlah Dosen vs Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

chart
1:22
Rasio ini dihitung berdasarkan jumlah dosen vs jumlah mahasiswa.

Jumlah Dosen Tetap Vs Mahasiswa

Presentase Dosen Vs Mahasiswa

Jumlah Dosen | 1.209
Jumlah Mahasiswa | 26.609

Informasi Akademik Institut Pertanian Bogor

Jumlah Jurusan

200 Jurusan

Prodi Status Jenjang Dosen vs Mahasiswa Akreditasi
Ilmu Komputer Aktif S2 1 : 42
Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Aktif S3 1 : 9
Ilmu Ekonomi Pertanian Aktif S2 1 : 18
Teknologi Hasil Petanian Non Aktif D1 1 : 0
Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan Aktif D3 1 : 285
Biosains Hewan Aktif S3 1 : 3
Teknologi Hasil Perairan Aktif S2 1 : 10
Bisnis Aktif S1 1 : 0
Ilmu Ekonomi Aktif S2 1 : 9
Ilmu Produksi Dan Teknologi Peternakan Aktif S3 1 : 2
Manajemen Sumberdaya Perairan Aktif S1 1 : 62
Manajemen Agribisnis Aktif D3 1 : 388
Teknologi Industri Pertanian Aktif S3 1 : 5
Agronomi Dan Hortikultura Aktif S3 1 : 0
Teknologi Kelautan Aktif S2 1 : 8
Ilmu Penyuluhan Pembangunan Aktif S3 1 : 15
Teknik Pertanian Aktif S1 1 : 23
Supervisor Jaminan Mutu Pangan Aktif D3 1 : 363
Klimatologi Terapan Aktif S2 1 : 2
Peternakan (sosek Peternakan) Po Hapus S1 1 : 0
Ekowisata Aktif D3 1 : 79
Teknologi Perikanan Laut Aktif S3 1 : 2
Teknologi industri benih Kep. Yapen Aktif D2 1 : 0
Ilmu Manajemen Aktif S2 1 : 9
Bioteknologi Aktif S2 1 : 62
Entomologi Aktif S3 1 : 6
Fisika Aktif S1 1 : 21
Sosiologi Pedesaan Aktif S2 1 : 6
Parasitologi Dan Entomologi Kesehatan Aktif S3 1 : 1
Bioteknologi Tanah Dan Lingkungan Aktif S2 1 : 8
Ilmu-ilmu Faal Dan Khasiat Obat Aktif S2 1 : 3
Ilmu Nutrisi Dan Pakan Aktif S3 1 : 2
Konservasi Biodiversitas Tropika Aktif S2 1 : 11
Peternakan Non Aktif D1 1 : 0
Ilmu Tanah Aktif S2 1 : 5
Sosial Ekonomi Perikanan Po Hapus S1 1 : 0
Teknologi Pangan Aktif S1 1 : 24
Manajemen Informatika Aktif D3 1 : 442
Teknik Sipil dan Lingkungan Hapus S1 1 : 0
Ilmu dan Teknologi Benih Aktif S2 1 : 7
Arsitektur Lansekap Aktif S2 1 : 6
Teknologi Produksi Dan Manajemen Perikanan Budidaya Aktif D3 1 : 215
Ilmu Pengelolaan Hutan Aktif S2 1 : 9
Ilmu Keluarga Dan Perkembangan Anak Aktif S2 1 : 5
Primatologi Aktif S2 1 : 3
Ilmu Biomedis Hewan Aktif S3 1 : 2
Agronomi & Hortikultura Aktif S1 1 : 215
Ilmu Perencanaan Wilayah Aktif S2 1 : 14
Fitopatologi Aktif S3 1 : 4
Manajemen Ekowisata Dan Jasa Lingkungan Aktif S2 1 : 6
Teknologi Perikanan Laut Aktif S2 1 : 5
Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata Aktif S1 1 : 75
Ilmu Gizi Aktif S1 1 : 32
Teknologi Serat Dan Komposit Hapus S3 1 : 0
Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan Aktif S2 1 : 5
Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Aktif S3 1 : 28
Ilmu Tanah Aktif S3 1 : 3
Teknologi Industri Pertanian Aktif S2 1 : 8
Pengelolaan Sumberdaya Perairan Aktif S3 1 : 1
Budidaya Perikanan Non Aktif D1 1 : 0
Manajemen Aktif S1 1 : 27
Pengelolaan Suberdaya Alam Dan Lingkungan Aktif S3 1 : 17
Profesional Teknologi Pangan Aktif S2 1 : 1
Ilmu Akuakultur Aktif S2 1 : 15
Akuntansi Aktif D3 1 : 390
Peternakan (tek Hasil Ternak) Po Hapus S1 1 : 0
Mitigasi Bencana Kerusakan Lahan Aktif S2 1 : 3
Ilmu Akuakultur Aktif S3 1 : 6
Teknik Komputer Aktif D3 1 : 129
Sistem Dan Pemodelan Perikanan Tangkap Hapus S2 1 : 0
Kedokteran Hewan Aktif S1 1 : 38
Manajemen Informatika Kab. Aceh Tamiang Aktif D2 1 : 0
Teknologi Dan Manajemen Ternak Aktif D3 1 : 140
Biologi Tumbuhan Aktif S2 1 : 17
Teknologi Pascapanen Aktif S2 1 : 8
Manajemen Sumberdaya Lahan Aktif S1 1 : 72
Teknologi Industri dan Manajemen Perikanan Budidaya Aktif D2 1 : 0
Manajemen Hutan Aktif S1 1 : 22
Biokimia Aktif S2 1 : 11
Teknologi industri benih Kab Aceh Tamiang Aktif D2 1 : 0
Mikrobiologi Medik Aktif S2 1 : 5
Ilmu dan Teknologi Hasil Hutan Aktif S3 1 : 1
Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika Aktif S3 1 : 8
Teknologi Produksi Ternak Aktif S1 1 : 24
Biologi Reproduksi Aktif S2 1 : 5
Teknologi Industri Pertanian Aktif S1 1 : 25
Silvikultur Aktif S1 1 : 35
Primatologi Aktif S3 1 : 6
Manajemen Bisnis Aktif S3 1 : 0
Matematika Terapan Aktif S2 1 : 11
Teknologi Kelautan Aktif S3 1 : 1
Pengendalian Hama Terpadu Aktif S2 1 : 0
Statistika Aktif S2 1 : 7
Entomologi Aktif S2 1 : 31
Arsitektur Lanskap Aktif S1 1 : 33
Ilmu Pangan Aktif S3 1 : 4
Agroteknologi Tanah Aktif S2 1 : 2
Kimia Aktif S2 1 : 6
Ilmu Pangan Aktif S2 1 : 9
Teknologi Industri dan manajemen Perikanan Budidaya Kab. Aceh Tamiang Aktif D2 1 : 0
Tek Dan Man Perikanan Dan Budidaya Aktif S1 1 : 35
Biofisika Aktif S2 1 : 6
Mikrobiologi Aktif S2 1 : 11
Nutrisi & Teknologi Pakan Aktif S1 1 : 25
Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan Aktif S2 1 : 52
Ekonomi Syariah Aktif S1 1 : 31
Matematika Aktif S1 1 : 13
Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan Lautan Aktif S2 1 : 15
Teknik Mesin Pertanian Dan Pangan Aktif S2 1 : 5
Pemuliaan Dan Bioteknologi Tanaman Aktif S3 1 : 4
Silvikultur Tropika Aktif S3 1 : 2
Teknologi Hasil Perairan Aktif S1 1 : 25
Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Aktif S2 1 : 20
Agronomi Dan Hortikultura Hapus S1 1 : 0
Ilmu Komputer Aktif S1 1 : 43
Teknologi Informasi untuk Menajemen Sumber Daya Alam Aktif S2 1 : 0
Teknologi Hasil Hutan Aktif S1 1 : 37
Konservasi Biodiversitas Tropika Aktif S3 1 : 3
Paramedik Veteriner Aktif D3 1 : 66
Ilmu Gizi Manusia Aktif S3 1 : 4
Proteksi Tanaman Aktif S1 1 : 35
Ilmu Produksi Dan Teknologi Peternakan Aktif S2 1 : 14
Mikrobiologi Aktif S3 1 : 2
Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Aktif S1 1 : 23
Pengelolaan Sumberdaya Perairan Aktif S2 1 : 10
Fitopatologi Aktif S2 1 : 12
Teknik Mesin dan Biosistem Aktif S1 1 : 23
Klimatologi Terapan Aktif S3 1 : 1
Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan Aktif S1 1 : 43
Ilmu Gizi Masyarakat Aktif S2 1 : 16
Silvikultur Tropika Aktif S2 1 : 7
MM Pendidikan Tinggi Hapus S2 1 : 0
Manajemen Bisnis Aktif S2 1 : 0
Kimia Aktif S1 1 : 24
Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika Aktif S2 1 : 0
Ilmu Dan Teknologi Hasil Hutan Aktif S2 1 : 3
Ilmu-Ilmu Faal Dan Khasiat Obat Aktif S3 1 : 5
Teknologi Dan Manajemen Perikanan Tangkap Aktif S1 1 : 20
Kesehatan Masyarakat Veteriner Aktif S3 1 : 2
Ilmu dan Teknologi Benih Aktif S3 1 : 1
Perkebunan Kelapa Sawit Aktif D3 1 : 33
Sosiologi Pedesaan Aktif S3 1 : 2
Teknologi Hasil Pertanian Kab. Lembata Aktif D2 1 : 0
Akutansi Bank Syariah Non Aktif D1 1 : 0
Profesional Teknologi Informasi untuk Perpustakaan Aktif S2 1 : 2
Biologi Tumbuhan Aktif S3 1 : 2
Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Aktif S2 1 : 5
Teknologi Produksi dan manajemen Perikanan Budidaya kab Lembata Aktif D2 1 : 0
Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Pedesaan Aktif S3 1 : 6
Anatomi Dan Perkembangan Hewan Aktif S2 1 : 2
Statistika Terapan Aktif S2 1 : 14
Teknik Komputer Non Aktif D1 1 : 0
Agribisnis Aktif S2 1 : 20
Ekowisata Aktif D2 1 : 0
Ilmu Biomedis Hewan Aktif S2 1 : 1
Teknologi Industri Benih Aktif D3 1 : 260
Manajemen Industri Aktif D3 1 : 382
Parasitologi Dan Entomologi Kesehatan Aktif S2 1 : 5
Manajemen Ketahanan Pangan Aktif S2 1 : 0
Manajemen Ekowisata Dan Jasa Lingkungan Aktif S3 1 : 2
Teknik Sipil Dan Lingkungan Aktif S2 1 : 4
Teknik Sipil dan Lingkungan Aktif S1 1 : 0
Manajemen Industri Jasa Makanan Dan Gizi Aktif D3 1 : 79
Pemuliaan Dan Bioteknologi Tanaman Aktif S2 1 : 7
Perkebunan Non Aktif D1 1 : 0
Ilmu Konsumen Non Aktif S2 1 : 0
Agroteknologi (pemuliaan) Po Hapus S1 1 : 0
Ilmu Ekonomi Pertanian Aktif S3 1 : 17
Statistika Aktif S3 1 : 3
Biologi Aktif S1 1 : 46
Ilmu Penyuluhan Pembangunan Aktif S2 1 : 6
Ilmu Nutrisi Dan Pakan Aktif S2 1 : 7
Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan Lautan Aktif S3 1 : 4
Profesional Pengembangan Masyarakat Aktif S2 1 : 0
Teknologi Hasil Perairan Aktif S3 1 : 0
Broadcasting Non Aktif D1 1 : 0
Ilmu Pengelolaan Hutan Aktif S3 1 : 3
Supervisor Jaminan Mutu Pangan Kab Enrekang Aktif D2 1 : 0
Komunikasi Aktif D3 1 : 386
Biosains Hewan Aktif S2 1 : 11
Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Pedesaan Aktif S2 1 : 8
Ilmu Keteknikan Pertanian Aktif S3 1 : 4
Agribisnis Aktif S1 1 : 22
Profesional Industri Kecil Menengah Aktif S2 1 : 27
Ilmu Dan Teknologi Kelautan Aktif S1 1 : 42
Teknik dan Manajemen Produksi Perkebunan Kab Enrekang Aktif D2 1 : 0
Ilmu Kelautan Aktif S3 1 : 2
Kesehatan Masyarakat Veteriner Aktif S2 1 : 2
Teknik Dan Manajemen Lingkungan Aktif D3 1 : 188
Budidaya Tanaman (Pertanian) Non Aktif D1 1 : 0
Ilmu Keluarga Dan Konsumen Aktif S1 1 : 24
Meteorologi Terapan Aktif S1 1 : 36
Biologi Reproduksi Aktif S3 1 : 1
Ilmu Biologi Non Aktif S3 1 : 0
Statistika Aktif S1 1 : 76
Ilmu Kelautan Aktif S2 1 : 15
Agronomi Dan Hortikultura Aktif S2 1 : 11
Analisis Kimia Aktif D3 1 : 210
Ekonomi dan Studi Pembangunan Aktif S1 1 : 59
Biokimia Aktif S1 1 : 31

Fasilitas Institut Pertanian Bogor

  • Fasilitas Olahraga
  • PERS Mahasiswa
  • Poliklinik
  • Perpustakaan
  • Wisma/Asrama/Hotel
  • Bus Kampus
  • Sarana Ibadah
  • Teknologi Informasi
  • Sepeda Kampus
  • Gedung Pertemuan
  • Kalender Pendidikan
  • Free Hotspot
  • Public Area
  • Laboratorium
  • Pusat Pelatihan Bahasa

Tempat Umum Institut Pertanian Bogor Terdekat

  • Bus Umum
  • Terminal Bus
  • Stasiun Kereta
  • Restaurant
  • Cafe
  • Mall
  • Supermarket
  • Tempat Ibadah
  • Tempat Olahraga
  • Rumah Sakit
  • Apotek
  • Kos/Asrama

Komentar Tentang Institut Pertanian Bogor

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 4 reviews
by Info Jurusan Kuliah on Ayo Kuliah
Kampus Biodiversitas

Teduh, adalah kesan pertama yang akan kita dapatkan saat pertama datang ke kampus IPB Dramaga, tidak aneh kalau kampus ini memproklamirkan diri sebagai kampus biodiversitas, karena area kampus memiliki beragam satwa dan tumbuhan. Soal pengajar, tidak perlu diragukan, kampus ini adalah yang terbaik untuk yang ingin memajukan pertanian indonesia, dan salah satu yang terbaik dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

by maya marwiah on Ayo Kuliah
IPB Yes

hayoo pilih IPB aja atuh…
wets, mungkin emang di kepala orang2 pas dengar IPB pasti lgsg nanya… Pertanian?? hello, ngapain coba kuliah di pertanian?… kumuh, nyangkul, petani, hutan, miskin, kuper atau apapun itu hal yg buruk2 yg ada di kepala kalian… sy cm mau bilang bahwa pertanian bukan cuma ttg hal2 itu guys… pertanian itu keren.. Ratusan juta rakyat Indonesia bergantung dari matapencaharian ini. Ratusan juta rakyat Indonesia hidup dari pertanian!
Prospek?
Jangan ragu. Kalau di bidang pertanian, IPB ngga perlu diberikan pertanyaan dan keraguan apapun. Mungkin yang ngga kalian tau, IPB punya kepanjangan lain lo.. Institut Perbankan Bogor! Percaya nggak? Haha.. Kembali ke temen2 kok percaya atau ngga.. alumni IPB adalah alumni yang dikenal membanjiri semua Bank! Bukan cuma anak2 dari Fakultas Ekonomi yang membanjiri Bank, tapi banyak yang dari jurusan lainnya seperti Fisika, Industri dsb juga turut bekerja di Bank. Jadi mohon maaf buat univ lain yang selama ini bernada protes ke IPB, kenapa ‘lahan’nya dikuasai IPB. Kata Pak Dekan, ‘ya jangan salahin anak2 IPB dong yang punya kemampuan di segala bidang..’. Haha.. Peace ah! :p
Nah, tadi kan saya bilang Institut Perbankan Bogor, sekarang saya mau kenalin nama yang ngga jauh beda. Institut Pengusaha Bogor! Yah..! Here we are! Saya ngga tau harus nunjukin bukti yang mana untuk nama yang satu ini. Karena saya sendiri geleng2 kepala. Betapa jiwa bisnis dan pengusaha dari mahasiswanya, CRAZY! Semua dibisnisin. Bahkan ada temen sekelas saya, -padahal baru beberapa bulan kita di IPB- dia buka usaha di bidang peternakan, sampai dia dan teman2 grupnya, bisa masing2 beli laptop+motor sendiri dengan uang mereka sendiri! Gila! Seumuran saya bisa seperti itu.. tiap bulan entah berapa puluh juta uang masuk ke kantongnya.. Itu cuma dari angkatan saya. Angkatan2 di atas saya apalagi. Contohnya, pengusaha muda terbaik se-Indonesia, Elang Gumilang. Kebetulan si kakak ini alumni jurusan Manajemen, FEM IPB (jurusan saya, hehe..) Kalian bisa search sendiri ya tentang apa yang dibuatnya.. Biar saya ngga dibilang mengada-ada.:)
IPB punya visi untuk menjadikan Indonesia negara dikjaya dengan kemampuan pertanian yang luar biasa! Mau turun ke lapangan langsung, atau di bawah atap gedung, IPB akan terus mengawal pertanian kita. Ciyeee… ahhaha..
Baiklah, kembali serius. Kalo tadi saya jelasin tentang perbankan dan jiwa bisnis anak IPB, sekarang tentang pertanian itu sendiri. Untuk jurusan2 seperti Tekpang (teknologi pangan), gizi, teknologi industri pertanian, amat jelas lahan kerjanya.. bisa di BPOM, perusahaan2 makanan apapun itu, Nestle misalnya, perusahaan kopi, dan aaaah.. banyak deh!

by Cindy on Ayo Kuliah

Kalau jurusan ips bisa masuk ipb?
Terus fakultas apa yg bisa di pilih untuk anak ips?

by Nando on Ayo Kuliah

wah saya berminat juga masuk FPIK-IPB alumni SMA bergantung ga sih ditiap fakultas atau jurusan?