1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru S1 Reguler Universitas Indonesia Tahun 2019
Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru S1 Reguler Universitas Indonesia Tahun 2019

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru S1 Reguler Universitas Indonesia Tahun 2019

Rating: 1 - out of 5stars
20 Februari 2019 0 Komentar
Penulis:

Siapa sih yang tidak ingin masuk di Universitas Indonesia (UI)? Pasti banyak calon mahasiswa baru yang mengincar masuk di universitas terbaik di Indonesia ini. Sayangnya, proses penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan UI cukup ketat untuk menghasilkan bibit unggul. UI juga membukan beberapa jalur penerimaan seperti SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK untuk jenjang S1 Reguler. Jadi kamu harus berusaha lebih giat lagi untuk menjadi bagian dari UI.

Ayokuliah.id siap membantu persiapan masuk UI dengan menuliskan jadwal penerimaan. Khusus kali ini, jadwal penerimaan mahasiswa baru jalur reguler S1. Pertama adalah jalur SNMPTN.  SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang bisa kamu ikuti secara gratis. Adapun kuota yang dipersiapkan UI untuk calon mahasiswa baru tahun 2019 sekitar 20 persen. Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 4 – 14 Februari 2019. Dikarenakan tidak ada ujian tertulis, maka kamu hanya perlu menunggu masa pengumumannya tanggal 23 Maret mendatang.

Selain SNMPTN, penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 Reguler menggunakan jalur SBMPTN. SBMPTN tahun ini berbeda dengan pola tahun lalu. Hal ini lantaran digunakannya tes tertulis UTBK. Tes ini bisa kamu ikuti sebanyak dua kali sebelum mendaftar SBMPTN. Pendaftaran UTBK dimulai pada tanggal 1 Maret – 1 April 2019. Ujian tulis dilaksanakan mulai 13 April – 26 Mei 2019. Kemudian pengumuman tanggal 23 April – 2 Juni 2019. Daftar UTBK di laman ini.

Baca: Pendaftar SBMPTN 2019 Wajib Ikut UTBK Lebih Dulu

Setelah kamu terdaftar dan hasil UTBK diketahui, kamu dapat mulai mendaftar sebagai peserta SBMPTN. Pendaftaran dibuka mulai 10 – 24 Juni 2019 melalui laman resmi SBMPTN. Tahun ini tidak ada ujian serentak seperti tahun lalu, melainkan diganti dengan ujian UTBK. Untuk mendaftar, kamu perlu mempersiapkan hasil nilai UTBK kamu kemarin ya. Nah, pengumuman lolos atau tidaknya SBMPTN bisa dilihat tanggal 9 Juli 2019.

Selanjutnya adalah jadwal penerimaan mahasiswa baru melalui SIMAK UI. Jalur ini merupakan seleksi mandiri dengan daya tampung sekitar 30 persen. Kamu yang diterima melalui jalur ini wajib membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan SK Rektor. Artinya mahasiswa S1 Reguler SIMAK UI membayar biaya pendidikan yang sama dengan S1 Reguler SNMPTN, maupun S1 Reguler SBMPTN. Jika ingin mengajukan keringanan, silakan mendaftar Bidikmisi terlebih dahulu.

Baca: Begini Lho Cara Daftar Bidikmisi Untuk Jalur SNMPTN!

Pendaftaran SIMAK UI dilaksanakan tanggal 10 Juni – 10 Juli 2019. Dikarenakan SIMAK UI menggunakan hasil ujian tertulis sebagai cara penilaian, maka kamu wajib ikut tes tanggal 21 Juli 2019. Tes serentak dilaksanakan diberbagai kota. Kota tersebut diantaranya Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar.

Semoga tahun ini menjadi tahun keberuntungan kamu masuk di UI. Selamat mencoba dan tetap semangat.

Sumber https://simak.ui.ac.id/

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait