1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran SNMPTN Mulai Tanggal 29 Februari?
Pendaftaran SNMPTN Mulai Tanggal 29 Februari?

Pendaftaran SNMPTN Mulai Tanggal 29 Februari?

Rating: 1 - out of 5stars
15 Januari 2016 0 Komentar
Penulis:

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dapat dikatakan sebagai salah satu jembatan untuk meraih asa di jenjang perkuliahan. Selain SNMPTN, adapula Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Perbedaannya, SNMPTN bersifat nasional dan tanpa dipungut biaya alias gratis, sedangkan SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, dan biaya seleksi ditanggung peserta.

Tambahan lagi, selain SNMPTN dan SBMPTN ada pula Seleksi Mandiri, yang dilakukan oleh perguruan tinggi terkait untuk menjaring potensi berbakat melalui ujian tertulis. Untuk mengikuti seleksi ini, peserta dikenakan biaya pendaftaran. Tes mana yang akan kamu ikuti?


 

Artikel terkait: Daftar SNMPTN 2016

 

Jika kamu berminat untuk mengikuti tes SNMPTN, simak terlebih dahulu syarat pendaftarannya:

  1. Calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga hingga semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
  • Akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  1. Peserta memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). PDSS diisi oleh pihak sekolah.
  2. Memiliki nilai rapor semester satu hingga semester lima (untuk SMA/SMK/MA masa belajar tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun), yang telah diisikan pada PDSS.
  3. Terakhir, peserta harus memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Setelah semua lengkap, berikut adalah jadwal pelaksanaan SNMPTN 2016!

Pendaftaran akan dibuka tanggal 29 Februari hingga 12 Maret 2016. Tapi sebelum pendaftaran, mulai tanggal 18 Januari hingga 20 Februari 2016, akan dilakukan pengisian dan verifikasi PDSS terlebih dahulu. Pastikan dengan benar data yang telah diinput pihak sekolah sesuai aslinya.

 

Baca juga: Program Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI

Setelah proses pendaftaran, pada tanggal 22 Maret hingga 21 April 2016, kamu dapat melakukan pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN, dilanjutkan dengan proses seleksi dari tim SNMPTN pada tanggal 24 Maret hingga 8 Mei 2016. Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2016. Tanggal 31 Mei 2016, peserta dapat melakukan verifikasi atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing. Selamat berjuang 🙂

Sumber: http://snmptn.ac.id/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait