1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Ingin Masuk Politeknik Negeri Tanpa Tes? Ikut Jalur PMDK-PN Aja Yuk!
Ingin Masuk Politeknik Negeri Tanpa Tes? Ikut Jalur PMDK-PN Aja Yuk!

Ingin Masuk Politeknik Negeri Tanpa Tes? Ikut Jalur PMDK-PN Aja Yuk!

Rating: 1 - out of 5stars
06 Februari 2019 0 Komentar
Penulis:

Apakah kamu salah satu calon mahasiswa tahun 2019 yang ingin masuk politeknik negeri? Apalagi jika bisa masuk melalui jalur tanpa tes, pasti mau kan? Kamu bisa ikut jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), lho. Jalur ini merupakan seleksi berdasarkan undangan masuk dari politeknik negeri di seluruh Indonesia. Jalur PMDK-PN ini diikuti oleh 42 politeknik negeri di Indonesia.

Menariknya, selain tidak memberlakukan tes untuk proses masuk, biaya pendaftaran jalur PMDK-PN ini gratis. Namun perlu kamu perhatikan bahwa jalur ini diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK/MA yang direkomendasikan oleh sekolah. Kamu tidak bisa mendaftar secara mandiri tanpa rekomendasi dari sekolah.


Untuk alur pendaftarannya, masing politeknik akan menyiapkan undangan PMDK-PN ke sekolah di seluruh Indonesia. Jika sekolah menerima undangan maka bisa login ke http://pmdk.politeknik.or.id/sekolah/login. Jika sekolah tidak menerima undangan maka bisa mendaftarkan diri ke http://pmdk.politeknik.or.id/sekolah/registrasi dengan memasukkan data NPSN. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman ini.

Setelah terdaftar, sekolah wajib melengkapi data serta nama-nama siswa yang direkomendasikan. Jika namamu termasuk dari siswa yang direkomendasikan, sekolah akan memberikan username dan password untukmu. Username dan password ini digunakan untuk login serta melengkapi formulir pendaftaran. Oh iya, kamu wajib login sebelum tujuh hari setelah username dan password diterima. Jika tidak maka username dan password akan hangus dan sekolah wajib registrasi ulang.

Baca: Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hingga 14 Februari 2019

Nah, berikut ini formulir pendaftaran yang harus kamu lengkapi:

  1. Biodata pribadi
  2. Data Raport diisi sesuai dengan semester yang sedang dijalani
  3. Menambahkan 6 prestasi akademik/kurikuler terbaik
  4. Data Keluarga
  5. Data Ekonomi
  6. Pilihan Jurusan Politeknik (Siswa memilih 2 Politeknik dan 3 Prodi, dengan penempatan bebas)
  7. Mengisi KAP dan PIN Bidik Misi jika Peserta Bidik Misi (Jika kamu ingin mengikuti jalur bidik misi silahkan daftar di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)
  8. Finalisasi
  9. Kamu dapat melengkapi data yang diminta mulai tanggal 4 Februari – 6 April 2019
  10. Jangan lupa untuk mencetak hasil isian (print out) formulir ini ya.

Selain melakukan pendaftaran secara online (pribadi), kamu juga dapat melakukan pendaftaran secara kolektif yang dikoordinir oleh sekolah. Untuk pendaftaran kolektif ini, sekolah perlu mengirimkan berkas pendaftaran PMDK-PN ke alamat politeknik pilihan pertama siswa. Pengiriman berkas hanya berlaku bagi politeknik yang memerlukan pengiriman berkas. Pengiriman maksimal 1 minggu setelah siswa melakukan FINALISASI CAP POS.

Baca: 14 Perguruan Tinggi Ini Buka Pendaftaran Beasiswa Bazma Pertamina 2019

Jika kamu sudah melakukan tahap pengisian formulir dan sudah cetak kartu peserta, silakan tunggu evaluasi dari masing-masing Politeknik. Pengumuman kelulusan dapat dilihat di laman PMDK-PN. Bagi siswa yang dinyatakan lulus dapat melakukan pendaftaran ulang menjadi calon mahasiswa sesuai jadwal masing-masing politeknik.

ingin-masuk-politeknik-negeri-tanpa-tes-ikut-jalur-pmdk-pn-aja-yuk
Lebih jelasnya, silakan lihat timeline pendaftaran PMDK-PN 2019:

  1. Pendaftaran PMDK-PN 2019 (4 Februari – 6 April 2019)
  2. Pengisian data oleh sekolah (4 Februari – 6 April 2019)
  3. Pengisian data oleh siswa (4 Februari – 6 April 2019)
  4. Validasi berkas (4 Februari – 8 April 2019)
  5. Pengumuman (16 April 2019)
  6. Pendaftaran ulang (tergantung masing-masing Politeknik)

Demi kelancaran proses pendaftaran, jangan lupa untuk berkoordinasi dengan pihak sekolah ya. Kemudian, pastikan data yang kamu isikan sesuai dan tidak direkayasa. Segala bentuk kecurangan akan mendapatkan hukuman yang setara.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait