1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hingga 14 Februari 2019
Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hingga 14 Februari 2019

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hingga 14 Februari 2019

Rating: 1 - out of 5stars
04 Februari 2019 0 Komentar
Penulis:

Hore, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akhirnya dibuka juga. Setelah tahap awal mendaftar PDSS sudah dilalui, kini saatnya kamu mendaftar sebagai peserta SNMPTN. Bukti bahwa kamu telah terdaftar adalah dicetaknya kartu peserta saat proses pendaftaran selesai. Kartu ini wajib kamu bawa saat dinyatakan diterima di Perguruan tinggi negeri pilihan.

Pendaftaran SNMPTN tahun ini dibuka mulai tanggal 4 – 14 Februari 2019. Selama sepuluh hari, kamu harus melakukan pendaftaran via online di laman https://web.snmptn.ac.id/. Pastikan data-data yang kamu miliki sudah lengkap untuk proses pengisian formulir online, ya!


Penilaian SNMPTN 2019 ini menggunakan dua nilai pemeringkatan. Pertama, pemeringkatan berdasarkan nilai mata pelajaran. Pemeringkatan ini dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Adapun nilai mata pelajaran yang dinilai adalah sebagai berikut:

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Baca: Jadwal Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2019, Jangan Sampai Terlewat!

Kedua, pemeringkatan berdasarkan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT. Siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:

  • Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya.

Sudah paham terkait basis penilaian? Yuk simak cara pendaftaran SNMPTN 2019 ini:

  • Bagi pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, silakan gunakan NISN dan password untuk login dan melakukan pendaftaran ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id
  • Pendaftar wajib mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru. Jika pendaftar memiliki dokumen prestasi tambahan silakan dilampirkan juga. Jangan lupa untuk membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  • Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Pendaftar harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

*Sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Baca: 14 Perguruan Tinggi Ini Buka Pendaftaran Beasiswa Bazma Pertamina 2019

Sebagai informasi, untuk kuota pendaftar yang diterima tahun ini sebanyak 30 persen dari jumlah keseluruhan. Sisanya dialokasikan untuk pendaftar SBMPTN. Tak ada salahnya untuk mencoba jalur SNMPTN, kamu juga tidak harus membayar biaya pendaftaran kok untuk ikut serta. Jadi, siapkan dirimu dan bersiaplah berkompetisi.

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait