1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Jumlah Pendaftar SBMPTN UNTIDAR Magelang Naik!
Jumlah Pendaftar SBMPTN UNTIDAR Magelang Naik!

Jumlah Pendaftar SBMPTN UNTIDAR Magelang Naik!

Rating: 0.0 - out of 5stars
15 Juni 2017 0 Komentar
Penulis:

Selasa, 13 Juni 2017, tim panitia SBMPTN resmi mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 secara nasional. Khususnya di Universitas Tidar Magelang, telah ditetapkan jika 651 peserta dinyatakan lolos SBMPTN dan diharuskan melakukan registrasi ulang sesuai jadwal. Menariknya, jumlah pendaftar SBMPTN UNTIDAR tahun ini meningkat pesat dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 4803 pendaftar tahun 2016 menjadi 6914 pendaftar di tahun 2017. Dengan total pendaftar yang diterima tahun 2016 sebanyak 375 orang.

“Total pendaftar ke UNTIDAR tahun 2017 ini mencapai 6914 peserta dan yang akhirnya diterima hanya sekitar 10%-nya yaitu 651 peserta. Tiap tahun kita mengalami peningkatan pendaftar sekaligus peningkatan ketetatan atau persaingan untuk masuk ke kampus ini,” tutur Rektor, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.

Peningkatan jumlah pendaftar merupakan prestasi yang membanggakan bagi UNTIDAR. Meskipun posisi UNTIDAR sebagai perguruan tinggi negeri baru berusia 3 tahun, namun jumlah pendaftar terus meningkat hingga 43% dalam 1 tahun terakhir.

Baca juga: Kesempatan Terakhir, UGM Buka UTUL Gelombang II Vokasi!

Menurut Rektor UNTIDAR, kuota penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN tetap mematuhi peraturan panitia pusat dengan perbandingan 35% SNMPTN, 35% SBMPTN dan 30% untuk Seleksi Mandiri (SM).

“Jumlah peserta lolos SNMPTN sejumlah 506 peserta yang harusnya setara dengan jumlah kuota untuk SBMPTN. Namun karena ada penambahan kuota penerimaan dari 1440 menjadi 1595 orang, jadi jumlah yang lolos SBMPTN lebih banyak,” tambahnya.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi SBMPTN, selanjutnya diwajibkan melakukan pengisian borang sosial ekonomi pada 15-24 Juni 2017 secara online di laman www.ukt.untidar.ac.id. Borang tersebut berisi data-data pribadi masing-masing peserta terutama penghasilan orang tua, keadaan ekonomi serta keterangan lain yang nantinya menentukan besaran nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Calon mahasiswa juga harus melakukan beberapa ketentuan lain seperti melakukan pembayaran UKT semester 1 pada Bank yang telah ditentukan, registrasi online pada laman www.registrasi.untidar.ac.id, serta melakukan registrasi (datar ulang) langsung tanpa diwakilkan pada 10-11 Juli 2017. Ketentuan-ketentuan ini dapat diakses pada laman www.untidar.ac.id.

“Calon mahasiswa diharapkan memperhatikan persyaratan dan teliti saat pengisian borang atau ketentuan lainnya. Terkadang karena bersemangat mereka kurang teliti dan akibatnya merugikan mahasiswa itu sendiri,” jelas Nuwun Priyono, S.E., Akt., M.Ak., Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNTIDAR.

Sebagai informasi, bagi kamu yang belum beruntung pada SNMPTN atau SBMPTN di UNTIDAR, tenanglah karena masih ada satu jalur yang bisa diikuti yakni Seleksi Mandiri. Ini dia jadwalnya:

  • Pendaftaran secara online: 13 Juni – 20 Juni 2017
  • Pencetakan Kartu Ujian: 13 Juni – 20 Juni 2017
  • Pengumuman Lokasi dan Ruang Ujian: 5 Juli 2017
  • Pelaksanaan Ujian Tulis: 8 Juli 2017
  • Penetapan Hasil Seleksi: 16 Juli 2017
  • Pengumuman Hasil Ujian: 17 Juli 2017

Adapun tata cara pendaftaran Seleksi Mandiri via online adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran pada laman http://sm.untidar.ac.id
  2. Peserta mencetak kartu pembayaran
  3. Peserta membayar biaya pendaftaran pada bank Bank Jateng, kemudian mendapatkan PIN pendaftaran dari Bank Jateng
  4. Peserta akan mendapat bukti pembayaran dari Bank yang dilengkapi dengan PIN pendaftaran. PIN tersebut bersifat rahasia, dan hanya dapat digunakan untuk pendaftaran online satu kali saja, sesuai identitas calon peserta sewaktu melakukan pembayaran. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  5. Setelah mendapatkan PIN Pendaftaran, peserta login pada laman http://sm.untidar.ac.id
  6. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan terlebih dahulu:
    1. Bukti pembayaran.
    2. Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran.
    3. File upload pasfoto resmi (terbaru), berwarna.
  7. Peserta mengisi biodata pribadi, dan program studi yang dipilih, secara lengkap pada laman http://sm.untidar.ac.id atau website untidar.ac.id. Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta. Kesalahan dalam pengisian borang/formulir dapat berakibat calon peserta membayar biaya pendaftaran lagi.
  8. Bila isian sudah lengkap, peserta harus menyimpan file kartu tanda peserta ujian dan mencetak sebanyak 1 lembar.
  9. Pada kartu tanda peserta ujian tercantum nomor pendaftaran, nama peserta, program studi yang dipilih, dan jadwal ujian.
  10. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SM-UNTIDAR Tahun 2017. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian.
  11. Peserta harus membawa identitas diri lain (KTP/SIM/Kartu Pelajar), ijazah atau SKL bagi Peserta Lulusan Paket C pada saat ujian tulis.

Informasi lengkap bisa diakses di laman http://sm.untidar.ac.id.

Baca juga: Pendaftaran UM Universitas Pertamina Periode Terakhir Sudah Dibuka!

linecolor

    






Artikel Terkait