1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2017, Lengkap!
Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2017, Lengkap!

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2017, Lengkap!

Rating: 1 - out of 5stars
22 Februari 2017 0 Komentar
Penulis:

Portal pendaftaran SNMPTN 2017 resmi dibuka pada awal tahun lalu. Tahap demi tahap telah berlangsung, dan kini tahap pendaftaran siswa secara pribadi sudah dibuka. Senin, 21 Februari 2017, secara serentak calon mahasiswa baru sudah dapat mengisikan data pribadi, beserta program studi apa yang dikehendaki. Kamu sudah mencoba mengisi? Atau masih kesulitan mengisi pendaftaran di masing tahap?

Kali Ini Ayokuliah akan memberikan informasi terkait tata cara pendaftaran SNMPTN 2017 secara lengkap. Berikut tahapan yang akan kamu lewati:


  1. Login menggunakan NISN dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada PDSS.
  2. Memilih PTN dan program studi, mengunggah foto, mengisi form pendaftaran, mengunggah bukti prestasi (jika ada), menggunggah portofolio jika memilih program studi Seni dan/atau Olahraga.
  3. Finalisasi pendaftaran SNMPTN (setelah difinalisasi, pendaftaran TIDAK DAPAT DIUBAH lagi; jika tidak difinalisasi, akan dianggap TIDAK mendaftar).
  4. Unduh dan cetak kartu tanda peserta dengan terlebih dahulu mengisikan nomor peserta UN pribadi.

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2017!

Adapun penjelasan dari masing-masing tahap yakni:

  • Tahap Awal

Login Siswa : Silakan masuk ke laman https://web.snmptn.ac.id/ dan isikan NISN dan password pada form login. Sudah dapat NISN dan password? NISN dan password ini diberikan oleh sekolah saat akan melakukan verifikasi nilai di PDSS.

Jika sudah berhasil login, silakan sesegera mungkin ganti password kamu ya. Dan jangan lupa untuk mengingat password barumu ini!

  • Tahap Pendaftaran

Lakukan pendaftaran dengan mengisi Formulir Pendaftaran yang terdiri dari 4 bagian, yaitu PTN Pilihan 1, PTN Pilihan 2, Unggah Foto dan Formulir Pendaftaran.

1.Memilih PTN dan Program Studi

Adapun ketentuan pemilihan PTN dan Prodi yakni:

  • Kamu dapat memilih maksimum 3 program studi
  • Kamu dapat memilih maksimum 2 perguruan tinggi
  • Kamu dapat memilih maksimum 2 program studi untuk tiap perguruan tinggi
  • Salah satu dari perguruan tinggi yang dipilih harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah Anda (kecuali untuk provinsi Sulawesi Barat dan sekolah RI di luar negeri – karena tidak ada perguruan tinggi untuk provinsi tersebut)
  • Urutan PTN dan program studi menentukan prioritas pilihan. Siswa akan diseleksi dari proritas pertama (PTN pilihan 1 dan program studi pilihan 1). Jika tidak lolos seleksi, maka siswa akan diseleksi untuk pilihan berikutnya.
  • Setelah selesai mengisi dan sudah dipastikan kebenarannya, maka silakan klik Selanjutnya.
  • Unggah Foto

Berikut persyaratan foto yang diunggah:

  • Wajah siswa terlihat jelas
  • Pakaian rapi
  • Rasio foto 4×6 berformat JPEG (.jpg)
  • Ukuran file tidak lebih dari 1 MB

Foto sudah sesuai? Silakan klik Selanjutnya.

2.Isi Formulir Pendaftaran

Di sini terdapat banyak data yang harus kamu isikan dengan benar. Pastikan semua sudah sesuai dan kemudian klik Selesai dan Simpan.

3.Isi Daftar Prestasi

Masukkan prestasi pendukung yang pernah kamu capai semasa SMA, baik prestasi nasional maupun internasional. Untuk setiap prestasi kamu diharuskan melampirkan scan/bukti yang diunggah dengan ukuran maksimum 2MB/file. Kamu bisa mengunggah maksimal 3 sertifikat atau piagam serta bukti prestasi lainnya.

4.Isi Portofolio

Mengisi portofolio ini diwajibkan bagi kamu yang mengambil program studi Seni atau Olahraga. Di halaman menu, silakan klik pada bagian Portofolio dan isikan secara benar dan lengkap.

 

  • Tahap Finalisasi Pendaftaran

Setelah semua proses pendaftaran diselesaikan, maka kamu dapat melakukan finalisasi pendaftaran. Data pendaftaran tidak dapat diubah kembali saat kamu menyelesaikan finalisasi. Maka pastikan kembali seluruh data lalu klik tombol Finalisasi Pendaftaran.

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran Online SBMPTN 2017!

  • Tahap Cetak Kartu Peserta

Tahap ini merupakan tahap terakhir pendaftaran SNMPTN 2017 yakni cetak kartu peserta. Kartu dapat dicetak mulai tanggal 14 Maret 2017 pukul 08.00 WIB hingga 14 April 2017.

Semoga kamu sukses di SNMPTN tahun ini. Tetap berusaha dan buktikan jika kamu bisa. Semangat 🙂

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait