1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka, Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi!
Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka, Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi!

Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka, Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi!

Rating: 5.0 - out of 5stars
12 Januari 2018 2 Komentar
Penulis:

Ini dia informasi yang paling ditunggu-tunggu calon mahasiswa baru tahun 2018. Ya, terkait informasi seputar pendaftaran SNMPTN 2018.

Jum’at (12/01/18) nampaknya laman SNMPTN 2018 menjadi laman yang paling dicari oleh calon mahasiswa baru. Hal ini lantaran informasi pendaftaran dan syarat apa saja yang dibutuhkan dirilis hari ini. Berikut Ayokuliah.id beberkan info lengkapnya.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, SNMPTN dibuka bagi siswa berprestasi tinggi yang dibuktikan dengan nilai rapor atau penghargaan lainnya. Calon mahasiswa baru tidak perlu mengikuti tes tertulis dan pendaftarannya hanya melalui online. Menariknya, calon pendaftar tidak dibebankan biaya pendaftaran alias GRATIS. Sebelum mendaftar, perhatikan dulu syarat wajib yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Baca: Tips Sukses Lolos SNMPTN 2018!

Persyaratan Umum:

  • SNMPTN 2018 dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
  • Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Persyaratan Khusus:

-> Persyaratan Sekolah:

  • SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

-> Persyaratan Siswa Pendaftar:

  • Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    – akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
    – akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
    – akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
    – belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
    Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat berdasarkan data PDSS.
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

-> Penerimaan di PTN

Peserta diterima di PTN, jika:

  • lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat;
  • lulus SNMPTN 2018; dan
  • lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Baca: Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2018

Tata Cara Mengikuti SNMPTN 2018:

A. Pengisian dan Verifikasi PDSS

  • Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah, data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

B. Pemeringkatan

  • Panitia Pusat, melalui sistem, membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  • Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan Panitia Pusat, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2018.

C. Pendaftaran SNMPTN 2018

  • Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2018 http://www.web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  • Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  • Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya, apabila memilih satu PTN, pendaftar boleh memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  • Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2018 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2018:

Pengisian dan verifikasi PDSS: 13 Januari – 10 Februari 2018
Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari – 6 Maret 2018
Pengumuman Hasil Seleksi: 17 April 2018

Terkait informasi pendaftaran kapan dibukanya SBMPTN 2018, tunggu info lengkapnya di laman Ayokuliah.id.

Baca: Jadwal Lengkap PMB 2018 Di Beberapa PTS!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 2 reviews
by Aji Sutarmaji on Ayo Kuliah
mantap infonya

makasih infonya min!

Terima kasih kak.

by Balqis Ghassani on Ayo Kuliah

Antusias

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait