1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Biaya Kuliah Bukan Lagi Kendala, Inilah Daftar Beasiswa S1 2020
Biaya Kuliah Bukan Lagi Kendala, Inilah Daftar Beasiswa S1 2020

Biaya Kuliah Bukan Lagi Kendala, Inilah Daftar Beasiswa S1 2020

Rating: 5.0 - out of 5stars
05 Maret 2020 3 Komentar
Penulis:

Adik-adik di SMA/SMK sebentar lagi memasuki masa kuliah. Biaya kuliah yang tak sedikit menjadi penyebab adik-adik di SMA/SMK tak meneruskan pendidikan ke jenjang S1. Tak jarang ayokuliah menerima komentar kesulitan biaya kuliah dari adik-adik yang ingin kuliah.

Kondisi ini pula yang masih menjadi catatan besar bagi pemerintah Indonesia. Biaya kuliah yang selangit, bahkan tiap tahun bisa naik menjadi momok bagi sebagian besar orangtua di tanah air. Padahal, menurut Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, pendidikan merupakan hak setiap warga negara.

Bagi yang pintar dan berprestasi, ada kesempatan beasiswa yang ditawarkan berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun instansi swasta. Sekarang ini, tinggal adik-adik yang memutuskan, mau aktif mencari beasiswa atau berputus asa dan menyerah pada keadaan?

Nah, untuk membantu adik-adik SMA/SMK atau malah adik-adik mahasiswa S1 untuk tetap lancar kuliah. Ayokuliah telah merangkum beberapa informasi beasiswa S1 untuk tahun 2020 ini. Yuk, langsung saja kita lihat satu per satu.

Program KIP Kuliah 2020 dari Pemerintah Indonesia

Program KIP Kuliah 2020 merupakan program beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk masyarakat tidak mampu. Bila teman-teman belum tahu, sebelum menjadi program KIP-Kuliah, program beasiswa ini kita kenal dengan nama Beasiswa Bidikmisi.

Beasiswa Bidikmisi sendiri merupakan beasiswa S1 yang diluncurkan sejak tahun 2010 lalu. Beasiswa bidikmisi menyasar golongan masyarakat tidak mampu. Mahasiswa/i penerima program beasiswa Bidikmisi mendapatkan biaya kuliah selama 8 semester (S1) dan 6 semester (D3) + biaya hidup bulanan.

Sebetulnya tidak ada perubahan yang signifikan antara beasiswa Bidikmisi dengan program KIP-Kuliah yang sekarang baru diluncurkan. Hanya saja, menurut pemerintah, program KIP-Kuliah saat ini lebih terintegrasi. Prinsip dasar tetap sama, yakni pemerintah Indonesia menjamin pendidikan tinggi bagi siswa yang tidak mampu tapi berprestasi akademik tinggi.

Kamu yang tertarik dengan program ini, bisa melihat informasi lebih lengkapnya di laman resmi KIP-Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ .

Program Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik)

Program Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik) merupakan sebuah program beasiswa dari Pemerintah Indonesia yang khusus diperuntukkan bagi siswa-siswa yang berasal dari daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) dan anak TKI.

Hampir sama dengan program KIP-Kuliah, program beasiswa Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (biasa disingkat ADik) merupakan bentuk kepedulian khusus pemerintah bagi lulusan SMA yang berasal dari daerah Papua, Papua Barat maupun daerah yang masuk dalam kategori 3T lainnya.

Program beasiswa ADik ini dikelola oleh Kemenristekdikti, beda dengan program KIP-Kuliah yang dikelola oleh Kemendikbud. Program ini memberikan bantuan biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya pendampingan pendidikan bagi penerima program.

Kamu yang merasa cocok dengan kriteria yang menjadi target sasara beasiswa ADik, bisa langsung mencari informasi lengkapnya di laman https://adik.ristekdikti.go.id/ .

Beasiswa VDMS (dari Yayasan Van Deventer-Maas) untuk mahasiswa D3 dan S1

Beasiswa VDMS merupakan beasiswa yang didanai oleh Yayasan Van Deventer-Maas. Beasiswaini diperuntukkan khusus bagi mahasiswa D3 dan S1 yang sedang kesulitan dalam membayar uang kuliah. Untuk kamu yang minat, yuk buruan daftar karena beasiswa ini ditutup tanggal 10 Maret 2020.

Bila lolos menjadi penerima VDMS, kamu akan dibantu untuk urusan:

  1. Biaya pendidikan sebesar Rp 650.000 setiap bulan. Dana ini akan langsung ditransfer ke rekening pribadimu.
  2. Bonus biaya untuk tes TOEFL satu kali
  3. Bonus bila lulus tepat waktu
  4. Pelatihan pengembangan kapasitas pribadi melalui proses seleksi

Beasiswa VDMS diberikan untuk mahasiswa D3 dan S1 mulai tahun kedua kuliah hingga akhir masa studi. Selain itu, penerima beasiswa harus mempertahankan IPK di atas 3,00. Mahasiswa penerima beasiswa tidak boleh cuti kuliah, harus konfirmasi penerimaan dana, dan harus memberikan laporan secara rutin.

Teman-teman yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu tapi berprestasi tinggi, bisa mendaftarkan diri di program beasiswa VDMS ini. Info lengkap mengenai persyaratan dan seleksi beasiswa bisa dilihat di laman berikut http://vandeventermaas.or.id/id/ .

Beasiswa S1 Penuh dari INSTIPER Yogyakarta

Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (INSTIPER) memberikan beasiswa S1 secara penuh bagi lulusan SMA/SMK yang kurang mampu secara ekonomi, tapi berprestasi tinggi. Beasiswa ini merupakan hasil kerjasama INSTIPER dengan perusahaan Sinar Mas Agribusiness dan Food.

Penerima beasiswa akan menerima bantuan dana pendidikan selama 4 tahun, sejak awal kuliah hingga lulus kuliah. Pemberian beasiswa terbatas pada lulusan yang melanjutkan S1 jurusan Perkebunan Kelapa Sawit di INSTIPER.

Kamu yang lolos akan diberikan bantuan dana beasiswa meliputi:

  1. Biaya pendidikan secara penuh selama 4 tahun
  2. Bantuan biaya hidup untuk 10 orang terbaik di tiap semester
  3. Praktek Kerja Lapangan dan Magan di perkebunan sawit milik perusahaan
  4. Kesempatan berkari di perkebunan milik perusahaan

Bila berminat mendaftar beasiswa ini, cari tahu info lengkap persyaratan di laman https://www.smart-tbk.com/%20beasiswa/. Bila ingin mendaftar, kamu bisa mendaftar secara online di laman https://www.smart-tbk.com/daftar-beasiswa/. Yuk buruan karena beasiswa ini ditutup tanggal 20 Maret 2020.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 3 reviews
by Bayu ramadan on Ayo Kuliah

Bagus

by Bulan arta on Ayo Kuliah

Gapai lah cita" mu setinggi langit apapun halangan nya harus dilalui dengan lapang dada dan tetap bersyukur atas nikmat yg diberi allah

by Essy viona on Ayo Kuliah

Menambah wawasan

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait