1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Ujian Nasional Perbaikan Dibuka Hingga 16 Juli!
Ujian Nasional Perbaikan Dibuka Hingga 16 Juli!

Ujian Nasional Perbaikan Dibuka Hingga 16 Juli!

Rating: 1 - out of 5stars
08 Juni 2016 0 Komentar
Penulis:

Ujian Nasional Perbaikan (UNP) bagi siswa SMA/SMK/sederajat telah dibuka. UNP diadakan oleh Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sebagai upaya untuk memberikan kesempatan bagi para siswa, yang ingin memperbaiki nilai Ujian Nasional April lalu. Tak hanya bagi lulusan tahun 2016, melainkan lulusan tahun 2015 juga dapat mengikuti ujian ini. Tak terkecuali bagi siswa yang belum mengikuti UN atau UN susulan ataupun belum mengikuti ujian nasional secara lengkap. Ujian ini juga bisa diikuti oleh peserta ujian paket C kok.

UN Perbaikan pun dikhususkan bagi siswa yang memiliki nilai kurang atau sama dengan 55 pada mata ujian tertentu. Sayang kan jika ada nilai merah di ijazah kalian nanti? Sebagai solusinya kalian dapat mengikuti UN Perbaikan dan dapatkan nilai terbaik. Nantinya nilai terbesar yang akan dicantumkan dalam ijazah. Nilai UN ataupun nilai UNP mana yang lebih tinggi.


Dalam laman resmi Kemendikbud, pendaftaran UN Perbaikan resmi dibuka per tanggal 1 Juni hingga 16 Juli 2016 mendatang. Para siswa dapat melakukan pendaftaran via online di laman http://unp.kemdikbud.go.id. Sudah daftar? Hayo jangan males ikut ujian perbaikan ini ya!

Ujian akan dilangsungkan pada tanggal 29 Agustus hingga 7 September 2016. Namun sebelumnya para peserta UNP harus melakukan pendaftaran ulang di satuan pendidikan pelaksana UNP, pada tanggal 9 hingga 11 Agustus 2016. Kemudian latihan atau simulasi UNP akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 24 Agustus 2016.

Ujian Nasional Perbaikan tak akan jauh berbeda dengan ujian nasional sebelumnya. UNP juga menggunakan bentuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK), dan akan diselenggarakan serentak di sekolah-sekolah penyelenggara UNBK.

Sudah tau jadwal pelaksanaan UNP? Simak di sini!

Senin, 29 Agustus 2016:

Mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk seluruh jenjang pendidikan, SMA, SMK, MA, SMA Kristen, ataupun Paket C.

Selasa, 30 Agustus 2016:

Mata pelajaran Matematika untuk seluruh jenjang pendidikan.

Rabu, 31 Agustus 2016:

Mata pelajaran Bahasa Inggris untuk semua jenjang pendidikan.

Kamis, 1 September 2016:

Mata pelajaran Fisika untuk SMA jurusan IPA dan Paket C, sedangkan mata pelajaran Ekonomi untukĀ  SMA jurusan IPS dan Paket C. Lalu mata pelajaran Sastra Indonesia untuk jurusan bahasa. Mata pelajaran Tafsir bagi siswa MA. Mata pelajaran Doktrin Gereja Katolik dan Moral Kristiani untuk SMA Kristen. Mata pelajaran soal-soal Etika Kristen untuk Sekolah Menegah Teologi Kristen (SMTK). Di sisi lain, siswa SMK akan mengerjakan soal mata pelajaran Teori Kejuruan.

Senin, 5 September 2016:

Mata pelajaran Kimia untuk SMA jurusan IPA dan Paket C, sedangkan mata pelajaran Sosiologi untuk SMA jurusan IPS dan Paket C, dan Antropologi untuk jurusan Bahasa. Lalu, siswa MA akan mengerjakan mata pelajaran Hadis, mata pelajaran kitab suci (SMAK) dan Alkitab untuk siswa SMTK.

Selasa, 6 Sepetember 2016:

Mata pelajaran Biologi bagi siswa SMA IPA dan Paket C, sedangkan siswa jurusan IPS dan Paket C menghadapi mata pelajaran Geografi. Kemudian, siswa jurusan Bahasa mengerjakan soal-soal Bahasa Asing. Mata pelajaran Fikih bagi siswa MA, sedangkan bagi siswa SMAK melaksanakan ujian mata pelajaran Liturgi serta Sejarah Gereja bagi siswa SMTK.

Rabu, 7 September 2016:

Peserta ujian paket C akan mengerjakan soal-soal ujian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait