1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Informasi Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2017!

Kategori

Informasi Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2017!

Informasi Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2017!

Rating: 5.0 - out of 5stars
13 Januari 2017 1 Komentar
Penulis:

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 dibuka mulai tanggal 14 Januari. Kamu siswa SMA/SMK/MA/sederajat, wajib tahu jadwal pendaftaran di masing-masing tahap ya!

Laman resmi pendaftaran SNMPTN 2017 secara resmi dibuka pada tanggal 13 Januari, selang satu hari sebelum masa pendaftaran dibuka!. Esok hari, laman ini akan dipenuhi pengunjung yang tengah mengejar kesempatan masuk di perguruan tinggi favorit. Termasuk kamu?

Namun sebelumnya, yuk simak dulu syarat, alur pendaftaran dan jadwalnya terlebih dahulu ya!

informasi-lengkap-pendaftaran-snmptn-2017

Syarat Pendaftaran

Secara keseluruhan, antara syarat pendaftaran SNMPTN 2017 tahun lalu dan tahun ini masih sama. Namun ada sedikit perbedaan dari kuota atau kapasitas daya tampung calon mahasiswa baru, menurut akreditasi sekolah masing-masing. Jika tahun lalu kuota penerimaan mahasiswa baru di sekolah dengan akreditasi A mencapai 75%, kini mengalami penurunan menjadi 50% siswa terbaik.

Namun, untuk akreditasi sekolah B, kuota mencapai 30% siswa terbaik. Lalu untuk sekolah dengan akreditasi C mencapai 10% dari total siswa terbaik yang mendaftar. Disusul oleh sekolah yang belum terakreditasi sebesar 5% siswa terbaik. Pemeringkatan ini dilakukan oleh panitia pusat ya!.

Baca juga: 7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

Sedangkan syarat lain bagi pendaftar masih sama dengan tahun lalu, yakni:

  • Memiliki prestasi unggul yakni masuk peringkat sebagai siswa terbaik di sekolah (kuota berdasarkan akreditasi yang sudah disebutkan di atas ya!)
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Alur Mengikuti SNMPTN 2017

Belum ada perbedaan dengan tahun sebelumnya, berikut alur yang harus kamu lakukan:

  1. Pengisian dan Verifikasi PDSS

Di sini, Kepala Sekolah atau orang yang ditunjuk kepala sekolah akan mengisi data sekolah dan siswa di PDSS. Setelah itu sekolah akan mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.

Kemudian, siswa diharuskan melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor), yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau pihak sekolah dengan menggunakan NISN dan password. Apabila siswa tidak melakukan verifikasi, maka data yang diisikan pihak sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

  1. Pemeringkatan

Panitia Pusat melalui sistem membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:

Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktek Kejuruan).

Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan panitia pusat, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2017.

  1. Pendaftaran SNMPTN

Hanya siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan yang dapat melakukan pendaftaran. Caranya dengan menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2017 http://www.snmptn.ac.id.

Siswa mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Khusus bagi siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga, diwajibkan untuk mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah.

Setelah mendaftar, siswa harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Jadwal Resmi SNMPTN 2017

Pengisian PDSS 14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS 15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN 21 Februari – 6 Maret 2017
Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 14 Maret – 14 April 2017
Proses Seleksi 15 Maret – 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi 26 April 2017

Bagaimana, Sudah siap menghadapi SNMPTN 2017? Siap tak siap kamu harus terus berjuang demi menggapai asa di perguruan tinggi negeri favorit kamu ya. Sebagai informasi tambahan, SNMPTN 2017 ini GRATIS alias tanpa biaya pendaftaran sedikitpun. Keuntungan lain jika kamu ikut seleksi ini yakni biaya kuliah kamu nantinya akan lebih ringan, dibandingkan jalur masuk lainnya. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Keuntungan Ikut SNMPTN 2017, Apa Saja?

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Jodi on Ayo Kuliah
Makasiiii

Makasih infonya minnnn! sangat bermanfaat bagi saya! ^_^

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait