1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Seleksi PMB Polman Astra Dibuka Hingga Juni 2018!
Seleksi PMB Polman Astra Dibuka Hingga Juni 2018!

Seleksi PMB Polman Astra Dibuka Hingga Juni 2018!

Rating: 0.0 - out of 5stars
31 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) membuka tiga jalur seleksi PMB hingga bulan Juni 2018.  Polman Astra sendiri merupakan institusi yang didirikan oleh Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI). Sejak tahun 2009, YABI melalui Polman Astra telah menyediakan pendidikan terapan/vokasi hingga meluluskan para alumni siap kerja dan memiliki daya saing di dunia industri. Selain itu, Polman Astra juga menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi yang mencakup 35 persen dari jumlah mahasiswa baru.

Hingga saat ini, Polman Astra memiliki tujuh program studi yang dapat dipilih mahasiswa baru. Diantaranya adalah Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi, Teknologi Manufaktur (Industri Manufaktur Umum), Teknologi Manufaktur (Industri Manufaktur Kelapa Sawit), Sistem Informasi, Mekatronika, Pemeliharaan Mesin Otomotif (Otomotif), Pemeliharaan Mesin Otomotif (Alat Berat). Ada program studi yang sesuai dengan keinginanmu?. Jika ada, yuk ikuti seleksi PMB yang dibuka oleh Polman Astra.

Baca: Politeknik Kelapa Sawit CWE Buka Lima Gelombang PMB 2018!

Berikut jalur seleksi PMB 2018/2019 yang dibuka:

  1. Jalur Seleksi Beasiswa

Jalur Seleksi Beasiswa Polman Astra dibuka mulai tanggal 28 Oktober 2017 – 21 Januari 2018. Sedangkan pengumuman pada tanggal 26 Januari 2018. Terdapat dua jenis program beasiswa yang dapat diikuti calon mahasiswa baru, yakni Program Beasiswa Prestasi dan Program Beasiswa Peduli. Berikut penjelasannya:

  • Program Beasiswa Prestasi merupakan bantuan biaya yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga dengan penghasilan gabungan kedua orang tua minimal 5 juta rupiah. Bentuk beasiswa yang diberikan berupa bebas biaya kuliah selama tiga tahun dan pemberian uang saku setiap bulan. Besaran uang saku ditentukan oleh Surat Keputusan Direktur Politeknik Manufaktur Astra. Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap prestasi akademik di tiap semester dan berhak melanjutkan atau memberhentikan pemberian Program Beasiswa sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Program Beasiswa Peduli, diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga dengan penghasilan gabungan kedua orang tua maksimal 5 juta rupiah. Bentuk beasiswa yang diberikan maupun ketentuan terkait pemberian beasiswa adalah sama seperti Beasiswa Prestasi.

Selain itu Polman Astra juga menawarkan Program Beasiswa Unggulan. Beasiswa ini ditawarkan kepada peserta Program Beasiswa Prestasi yang lolos seleksi sampai dengan tahap wawancara, akan tetapi karena keterbatasan kuota, tidak termasuk sebagai kandidat penerima Beasiswa Prestasi. Program Beasiswa Unggulan diberikan dalam bentuk bebas uang sumbangan pendidikan.

  1. Jalur Seleksi Reguler Gelombang 1

Jalur Seleksi Gelombang 1 dibuka mulai tanggal 22 Januari 2017 – 19 April 2018. Pengumuman tanggal 19 April 2018.

  1. Jalur Seleksi Reguler Gelombang 2

Jalur Seleksi Gelombang 2 dibuka mulai tanggal 20 April 2018 – 28 Juni 2018. Pengumuman tanggal 3 Juli 2018.

Baca: PMB 2018 Politeknik Pos Indonesia Dibuka Hingga September!

Lantas, apa persyaratan untuk mendaftar ketiga jalur seleksi PMB Polman Astra?

  • Lulusan SMA/SMK sederajat dari semua jurusan (khusus program beasiswa, pendaftar adalah siswa yang saat ini duduk di kelas XII dan akan lulus tahun 2018).
  • Berusia tidak lebih dari 24 tahun pada bulan September 2018 (khusus program reguler). Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna (berdasarkan hasil seleksi tes kesehatan).
  • Mengisi formulir pendaftaran lengkap secara online di http://pmb.polman.astra.ac.id dan membayar biaya pendaftaran (khusus untuk program reguler) 300ribu rupiah ke nomor rekening virtual account yang Anda peroleh saat proses pendaftaran di website. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan ke cabang Bank Permata terdekat.
  • Lolos seluruh tahapan tes/seleksi PMB baik untuk jalur seleksi Beasiswa maupun Reguler. Ada tiga tahapan tes yang harus diikuti, tahap tes tertulis, wawancara dan tes kesehatan.

Ingat, segala proses pendaftaran PMB hanya melalui online, pendaftaran melalui pengiriman berkas atau datang langsung tidak akan diproses.

Bagaimana cara mendaftar? Yuk download panduannya di sini (Jalur Seleksi Beasiswa dan Jalur Seleksi Reguler). Informasi selengkapnya ada di situs resmi PMB Polman Astra.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait