1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2018 Cari 50 Perempuan Berprestasi!
Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2018 Cari 50 Perempuan Berprestasi!

Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2018 Cari 50 Perempuan Berprestasi!

Rating: 1 - out of 5stars
06 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Kamu perempuan Indonesia yang memiliki gagasan untuk berkontribusi di masyarakat, bermotivasi tinggi, dan berprestasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi jenjang sarjana namun memiliki keterbatasan finansial?. Selamat, kamu menjadi salah satu kandidat yang berhak mengikuti program Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2018. Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada perempuan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2018 jenjang sarjana (S1) selama 8 semester.

Tak hanya itu saja, penerima Bintang Beasiswa 2018 ini juga akan mendapatkan capacity building selama 8 semester dia berkuliah. Tertarik ikut serta di program khusus perempuan ini? Yuk daftarkan diri kamu sekarang juga, karena Fair & Lovely hanya mencari 50 perempuan terbaik.

Adapun kriteria pendaftar Bintang Beasiswa 2018 ini adalah:

  • Siswi kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang dapat mendaftar seleksi masuk PTN tahun 2018.
  • Siswi mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri berikut :
    Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Lainnya *)
    Jawa Tengah: Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Lainnya *)
    Jawa Timur: Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jember, Lainnya *)
    Jawa Barat: Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjajaran, Lainnya *)
    Sumatra: Universitas Sriwijaya, Lainnya *)
    Sulawesi: Universitas Hassanudin, Universitas Negeri Makassar, Lainnya *)
    Pontianak: Universitas Tanjungpura, Lainnya *)
    Lainnya *) = Perguruan Tinggi Negeri lain di wilayah tersebut dengan akreditasi minimal B.
  • Siswi mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SBMPTAIN, Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN tujuan siswi sebelum Bulan Juli 2018.
  • Memiliki keterbatasan finansial dengan kriteria:
    – Pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    – Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami dan istri) maksimal sebesar Rp 3.500.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 800.000,00 setiap bulannya.
  • Memiliki potensi akademik dibuktikan dengan fotokopi atau scan raport, piagam prestasi lomba (jika ada), atau fotokopi ijazah & SKHUN bagi yang sudah lulus sekolah.
  • Memiliki rencana studi di PTN yang diinginkan dan gagasan untuk berkontribusi kepada masyarakat.
  • Berkomitmen untuk menyelesaikan studi di universitas terpilih.

Baca: Beasiswa Aktivis Nusantara 2018 Hadir Di 18 Kampus Indonesia

Mekanisme Pendaftaran

  • Sosialisasi online dilakukan mulai bulan Januari 2018 di seluruh Indonesia. Calon peserta mendaftarkan diri dengan mekanisme simple sign up di laman web www.voteuntukimpianku.com sebelum 31 Maret 2018.
  • Setelah peserta mendaftarkan diri melalui simple sign up, peserta akan menerima email dari Fair and Lovely Bintang Beasiswa yang dikelola oleh Hoshizora Foundation tentang tahapan pengumpulan dokumen-dokumen yang harus dilakukan peserta.
  • Setiap calon peserta yang telah menerima email, wajib mengirimkan berkas persyaratan selambat-lambatnya 31 Maret 2018. Silakan memilih salah satu metode di bawah ini:
    – Mengirimkan via post/kurir ke Kantor Hoshizora Foundation
    Hoshizora Education Center
    Kalakijo RT.04, Pajangan, Guwosari, Bantul, Yogyakarta 55751
    Telp. (0274) 646 1699 / 0821-3439-5655
    – Mengirimkan via email ke [email protected]
  • Sosialiasi langsung ke sekolah dilakukan selama bulan Januari untuk wilayah Yogyakarta-Jawa Tengah, bulan Februari-Maret di luar Yogyakarta-Jawa Tengah. Pada tahap ini, tim Hoshizora Foundation akan mengunjungi beberapa sekolah untuk menyampaikan informasi tahapan seleksi.
  • Tim Hoshizora Foundation akan menyeleksi berkas pendaftar dan mengumumkan hasil seleksi berkas pada minggu kedua bulan April 2018.
  • Calon peserta yang lolos seleksi berkas akan melanjutkan ke tahap seleksi wawancara selama bulan April-Mei 2018 di kota masing-masing. Wawancara diselenggarkan oleh tim Hoshizora Foundation.
  • Apabila karena suatu hal proses wawancara tidak dapat dilaksanakan secara langsung, tim Hoshizora Foundation dapat menggunakan media lain seperti telepon dan video call.
  • Peserta yang lolos seleksi wawancara akan melanjutkan ke tahap home visit selama bulan April-Mei 2018 di kota masing-masing.
  • Peserta yang tidak lolos seleksi masuk PTN lewat jalur apapun, secara otomatis gugur.
  • Pengumuman terakhir peserta Fair & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan awal bulan Juni 2018 dan inaugurasi dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2018.
  • Komunikasi resmi terkait seleksi Fair & Lovely Bintang Beasiswa dilakukan melalui [email protected] dan 082134395655 (Milah).

Timeline pendaftaran:

  • Launching, roadshow dan pengumpulan aplikasi dilakukan dari 5 Januari sampai 31 Maret 2018.
  • Wawancara dan homevisit dilakukan pada bulan April 2018.
  • Keputusan akhir penerima Fair & Lovely Bintang Beasiswa diumumkan pada bulan Juni 2018 dilanjutkan dengan inaugurasi dan capacity building pertama di bulan Juli 2018.

Baca: Beasiswa Bimbingan Persiapan SBMPTN 2018 Universitas Negeri Semarang

Catatan:

Peserta beasiswa yang terbukti memberikan keterangan data diri yang tidak benar setelah diterima di perguruan tinggi negeri atau pelanggaran berat lainnya, berhenti di tahun pertama, drop out, atau tidak menghadiri pendampingan di tahun kedua, ketiga, dan keempat akan mendapatkan sanksi (sebesar besarnya mengembalikan beasiswa yang telah didapat).

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait