1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Universitas Indonesia Gunakan Dua Jalur PMB 2017!

Kategori

Universitas Indonesia Gunakan Dua Jalur PMB 2017!

Universitas Indonesia Gunakan Dua Jalur PMB 2017!

Rating: 1 - out of 5stars
21 Februari 2017 0 Komentar
Penulis:

Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) siap menyaring calon mahasiswa baru untuk mengisi bangku di kampus bergengsi ini. Namun ada yang berbeda dengan penerimaan mahasiswa baru – PMB 2017. Jika tahun lalu UI menyelenggarakan tiga jalur PMB, maka kini UI hanya membuka dua jalur. Adapun kedua jalur yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). UI juga memastikan akan meniadakan seleksi masuk secara mandiri atau ujian mandiri untuk program sarjana.

Baca juga: SIMAK UI Jalur S1 Reguler Ditiadakan, Ini Gantinya!

“Mulai tahun ini, kami meniadakan ujian masuk mandiri. Jadi hanya dua jalur untuk ujian masuk yakni SNMPTN dan SBMPTN,” ujar Emil Budianto Dosen Kimia UI dalam konferensi pers usai seminar pendidikan yang diselenggarakan BTA di Jakarta, Minggu.

Adanya kebijakan ini lantaran untuk mengikuti peraturan yang berlaku menurut Permenristekdikti 126/2016 tentang penerimaan mahasiswa baru program sarjana. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa idealnya ujian masuk mandiri diambil dari hasil SBMPTN.

“Aturannya jelas, kami ikut aturan saja. Lagi pula kalau nilainya sudah ada dari SBMPTN, ngapain ujian lagi,” ujar dosen kimia UI tersebut.

Berdasarkan Permenristekdikti tersebut alokasi untuk seleksi melalui penelusuran prestasi minimal 30 persen. Kemudian ujian tulis atau SBMPTN minimal 30 persen, dan ujian mandiri maksimal 30 persen.

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran Online SBMPTN 2017!

Dikarenakan SM UI dihapuskan maka kuota mahasiswa baru yang diterima lewat jalur SBMPTN akan lebih besar, yakni 70% dari total kuota 4.300. Sementara itu, sisanya melalui jalur SNMPTN sebesar 30%.

Tidak hanya UI, Universitas Padjadjaran (Unpad) yang telah lebih dulu meniadakan UM sejak tahun lalu juga kembali memastikan tidak ada UM tahun ini. Cuma bedanya hanya pada persentase yang diterima, jika tahun lalu seimbang antara SNMPTN dan SBMPTN 50:50, tahun ini persentasenya menjadi 40:60 atau lebih besar SBMPTN.

Dilain sisi, universitas yang masih menggunakan UM yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Airlangga. Dengan porsi penerimaan sesuai dengan aturan SNMPTN minimal 30%, SBMPTN minimal 30%, dan UM maksimal 30%.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait