1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Dua Peserta TOKI Terbaik Bisa Masuk IPB Tanpa Tes

Kategori

Dua Peserta TOKI Terbaik Bisa Masuk IPB Tanpa Tes

Dua Peserta TOKI Terbaik Bisa Masuk IPB Tanpa Tes

Rating: 1 - out of 5stars
24 September 2018 0 Komentar
Penulis:

Bisa masuk atau menjadi calon mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tanpa tes merupakan hal yang membanggakan. Namun hal tersebut tidak bisa terwujud secara instan, kamu diharuskan berusaha lebih giat untuk meraih kesempatan emas ini.

Salah satu cara yakni dengan aktif di berbagai aktifitas misalnya masuk di Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Khusus untuk dua peserta TOKI terbaik, IPB menawarkan bebas tes masuk melalui jalur penerimaan Prestasi Internasional Nasional (PIN).


IPB sebagai salah satu tempat Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) TOKI Tahap 1, menerima 35 peserta. Setibanya di IPB, mereka disambut oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr. Ir. Drajat Martianto di Kampus IPB Dramaga, Selasa (18/9).

Dalam kesempatan itu, Dr. Drajat Martianto menyampaikan sekilas informasi terkait jalur penerimaan masuk IPB melalui jalur masuk PIN.

Baca: Beasiswa Gelombang I Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Dibuka!

“Kami menawarkan dua kuota untuk dua orang siswa yang masuk 16 besar, diterima di IPB tanpa tes melalui jalur PIN. Mereka yang hadir di sini merupakan siswa terbaik yang memiliki talenta pemrograman. Saya harap lahir dari kompetisi ini pengusaha-pengusaha sukses. Penting kemampuan ini diimbangi dengan kemampuan softskill” sebagaimana dilansir dari laman resmi IPB.

Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital IPB, Ir. Julio Adi Santoso, M.Kom mengucapkan selamat datang kepada para peserta pelatihan yang selama satu bulan akan mengikuti seleksi calon pelatnas berikutnya.

“Kegiatan Pelatnas Tahap 1 TOKI 2019 ini merupakan salah satu dari serangkaian Pelatnas TOKI untuk memilih empat siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam 31st International Olympiad in Informatics (IOI) yaitu ajang olimpiade pemrograman tingkat dunia yang akan diselenggarakann di Baku, Azerbaijan.

Peserta pelatnas terdiri dari 35 siswa terbaik hasil seleksi dari SMP/SMA seluruh Indonesia, mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Pelatnas TOKI adalah kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Direktorat Pembinaan SMA yang dilakukan di perguruan tinggi pembina olimpiade komputer Indonesia yaitu IPB, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS),” papar Julio.

IPB untuk kesekian kalinya, sejak tahun 2003 ikut terlibat dalam penggemblengan siswa TOKI melalui Pelatnas Tahap 1, 2, atau 3. Pada kali ini, Pelatnas Tahap 1 TOKI diselenggarakan di Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital IPB mulai 16 September hingga 15 Oktober 2018. Pengajar pada Pelatnas berasal dari dosen-dosen dan alumni perguruan tinggi pembina TOKI dan para alumni TOKI dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Baca: Mahasiswa ITS Terima Bantuan Beasiswa Readi 2018

Purwadi Sutanto, Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan, “Selamat buat kalian yang sudah menjuarai OSN dari 35 terbaik yang diundang di SMA kelas 10- 11. Terima kasih Rektor IPB dan jajarannya atas partisipasinya dalam pembinaan siswa SMA yang ikut dalam TOKI. Kami berharap empat orang yang terpilih dapat mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa.”

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait