1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Inilah 5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi 4ICU, Apakah Kampus Pilihanmu Masuk?

Kategori

Inilah 5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi 4ICU, Apakah Kampus Pilihanmu Masuk?

Inilah 5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi 4ICU, Apakah Kampus Pilihanmu Masuk?

Rating: 1 - out of 5stars
26 Agustus 2020 0 Komentar
Penulis:

Apakah di antara kamu masih ada yang bingung dalam memilih universitas? Atau mungkin kamu mengincar salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia? Nah, sebelum memutuskan untuk memilih universitas mana yang akan menjadi tujuanmu kelak, ada baiknya kamu menyimak 5 universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2020 menurut 4ICU berikut.

Namun, sebelum mengetahui universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2020 versi 4ICU, sebaiknya kita kenal dulu, apa itu 4ICU? Berdasarkan keterangan yang dikutip dari laman 4ICU, UniRank atau 4 International Colleges and Universities (4ICU) adalah sebuah search engine dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar di 200 negara. 

Ada tiga kriteria utama dalam aspek penilaian yang digunakan 4ICU dalam menyusun daftar peringkat universitas. Pertama, perguruan tinggi telah terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya, di Indonesia terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kedua, perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (S1/Sarjana) dan/atau pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Ketiga, perguruan tinggi yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswanya. Artinya, proses pembelajaran dilakukan secara offline dengan fasilitas-fasilitas gedung sebagai sarana pertemuannya. 

Jika sudah memahami apa itu 4ICU dan bagaimana aspek penilaiannya, langsung saja kita ketahui 5 universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2020 versi 4ICU.

  1. Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta
    Dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 versi 4ICU, Universitas Bina Nusantara (BINUS) berada di peringkat ke-13.
  2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang
    Berada tepat di bawah Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 versi 4ICU berada di peringkat ke-14.
  3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta
    Universitas swasta terbaik selanjutnya adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 versi 4ICU, UMS berada di peringkat ke-15.
  4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Yogyakarta
    Masih dalam lingkungan pendidikan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah universitas swasta terbaik ke-4. Sedangkan dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 versi 4ICU, UMY berada di peringkat ke-17.
  5. Universitas Telkom, Bandung
    Universitas swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom ini adalah universitas swasta terbaik ke-5 di Indonesia. Dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia tahun 2020 versi 4ICU, Universitas Telkom berada di peringkat ke-24.

 

Sumber: 4ICU (https://www.4icu.org/id/)

image: picpedia.org

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait