1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Mahasiswa UGM Raih Beasiswa International Summer Cource 2018 Di Jepang

Kategori

Mahasiswa UGM Raih Beasiswa International Summer Cource 2018 Di Jepang

Mahasiswa UGM Raih Beasiswa International Summer Cource 2018 Di Jepang

Rating: 1 - out of 5stars
02 Agustus 2018 0 Komentar
Penulis:

Prestasi kembali diraih oleh anak bangsa yang berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Empat mahasiswa UGM berhasil meraih beasiswa International Summer Course (ISC) 2018 yang diselenggarakan di Nagoya University, Jepang.

Empat mahasiswa tersebut ialah Basith Kuncoro Adji (Biologi 2014), Anggun Cinditya Putri (Biologi 2015), Putri Eky Pratiwi (Perikanan 2014), dan Surono Dwi Saputra (Pascasarjana Bioteknologi 2017). Mereka terpilih untuk mengikuti kursus singkat musim panas terkait biologi kelautan, di Nagoya University selama lima hari dari tanggal 13 – 17 Juli 2018 kemarin.

Selain mereka, kegiatan ini juga diikuti 9 mahasiswa program sarjana dan pascasarjana dari beberapa negara dunia. Beberapa diantaranya, seperti Jepang, Vietnam, Singapura, India, Mongolia, Norwegia, Perancis, Filipina, serta Amerika Serikat.

Baca: 13 Universitas Swasta Di Yogyakarta Ini Masih Buka PMB 2018

Salah satu penerima beasiswa ini yaitu Anggun menyebutkan dalam kegiatan summmer course seluruh partisipan berkesempatan untuk melakukan eksplorasi zona intertidal di Pulau Sugashima guna mencuplik sampel invertebrata laut. Selanjutnya, digunakan sebagai bahan untuk belajar taksonomi dasar.

“Para peserta juga berkesempatan untuk mempelajari proses fertilisasi sekaligus mengamati perkembangan awal dari kelompok hewan Echinodermata dan Ascidians,” paparnya, Selasa (31/7) sebagaimana dilansir dari laman resmi UGM.

Selain itu, para mahasiswa diperkenalkan dan mempraktikkan secara langsung analisis filogeni molekuler, teknik genome editing menggunakan TALEN, serta analisis proteomik termutakhir dalam Biologi Kelautan. Materi tersebut disampaikan oleh Professor dan Direktur Sugashima MBL, Prof. Hitoshi Sawada, didampingi oleh instruktur lainnya seperti Dr. Lauren Stefaniak, Dr. Maki Shirae-Kurabayashi, dan Dr. Yukinobu Isowa.

Baca: Kompas Dan Avian Buka Pendaftaran Beasiswa Juara 2018

Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi S. Daryono, mengatakan program ISC merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Fakultas Biologi UGM dengan Nagoya University yang telah berjalan selama 4 tahun terakhir. Melalui kegiatan ini para mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam riset Biologi Kelautan. Kemudian memperluas jaringan dan relasi di level internasional, serta berkesempatan untuk saling mengenal budaya dari berbagai negara.

Tidak hanya itu, Budi berharap kegiatan ini dapat mempererat hubungan dan kerja sama antara Fakultas Biologi UGM dan Nagoya University. Selain itu memungkinkan terwujudnya kolaborasi riset di masa yang akan datang.

Sumber https://ugm.ac.id/

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait