1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. FE Universitas Tarumanagara Gelar Entrepreneur Week Ke-12

Kategori

FE Universitas Tarumanagara Gelar Entrepreneur Week Ke-12

FE Universitas Tarumanagara Gelar Entrepreneur Week Ke-12

Rating: 1 - out of 5stars
08 November 2018 0 Komentar
Penulis:

Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Tarumanagara (Untar) telah menggelar ajang “Entrepreneur Week ke 12” (EW 12). Ajang ini terselenggara juga berkat kolaborasi dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Tema yang diambil yakni “Young Entrepreneur and Value Creation” yang berlangsung pada 2 – 4 November 2018 di Main Atrium Baywalk, Pluit, Jakarta Utara kemarin.

Dilansir dari laman Untar, kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah yang ingin mengedepankan industri kreatif melalui generasi muda. EW 12 juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam berwirausaha dan memamerkan serta menjual produk dari bisnis yang mereka kembangkan.

Pada kesempatan tersebut mahasiswa tidak hanya diberi kesempatan untuk mempraktikkan berbagai konsep entrepreneurship, dengan menampilkan business prototype-nya kepada khalayak ramai dan bersimulasi di dalam lingkungan bisnis yang sesungguhnya, tapi juga dilatih untuk menjadi pengusaha yang nantinya berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Pameran dibuka Wakil Rektor Untar Dr. RM Gatot P. Soemartono, S.H, MH, MM, LL.M, Jumat (2/11) bersama Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Untar Dr. Adianto., M.Sc dan Dekan FE Untar Dr. Sawidji Widoatmodjo, M.M., M.B.A.

Baca: Kembangkan Mobil Listrik, Pemerintah Gandeng 6 Perguruan Tinggi

Dr. RM Gatot P. Soemartono, S.H, MH, MM, LL.M mengatakan inti dari diselenggarakannya entrepreneur week adalah inovasi dan kreativitas. Dari berbagai stand-stand yang ada menawarkan inovasi-inovasi produk yang tidak biasa dan juga mengedepankan lokalitas bahan baku produk. Acara ini juga dapat merangsang kreativitas dan inovasi mahasiswa.

“Memasuki era industri 4.0 maka pengusaha muda harus dapat memanfaatkan internet. Setelah diproduksi, maka harus memikirkan promosinya melalui media Internet supaya publik aware lalu membeli produk kita”, ujar Wakil Rektor.

Terkait dengan tema entrepreneur week kali ini Dekan FE Untar Dr. Sawidji Widoatmodjo, M.M., M.B.A. menekankan bahwa value creation merupakan cara untuk memenangkan kompetisi pasar. Ada empat cara; satu adalah Value, jadi jika punya value maka akan punya keunggulan bersaing, kedua adalah rare, kalau produknya jarang dan langka akan menjadi keunggulan, ketiga uncopy atau tidak bisa ditiru, jadi jika buat produk yang tidak bisa ditiru tentu akan menjadi cara. Unimitation yakni tidak bisa disubstitusi oleh produk lain.

“Dengan demikian produk yang bervalue bisa memenangkan pasar” , jelasnya.

Terkait tema EW kali ini, Value atau nilai menjadi sorotan dalam mengembangkan produk yang ditawarkan kepada publik. Para mahasiswa dilatih untuk menciptakan produk dengan value guna memenangkan kompetisi pasar.

Baca: UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan KHDTK Gunung Bromo UNS Diresmikan!

“Mahasiswa diharapkan menjadi wirausaha muda yang dapat meningkatkan perekonomian bangsa. Seorang entrepreneur dituntut kreatif dan inovatif dalam usahanya. Tentunya ini akan menjadi lebih baik jika produk yang ditawarkan juga memberikan value yang memberikan solusi atas kebutuhan konsumen”, pungkas ketua pelaksana Entrepreneur Week ke 12 Lydiawati Sulaeman, M.M.

Sumber http://untar.ac.id/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait