1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Kemenristekdikti Kunci Siswa Yang Lolos SNMPTN!

Kategori

Kemenristekdikti Kunci Siswa Yang Lolos SNMPTN!

Kemenristekdikti Kunci Siswa Yang Lolos SNMPTN!

Rating: 1 - out of 5stars
25 Maret 2019 0 Komentar
Penulis:

Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengumumkan 92.331 siswa yang lolos SNMPTN 2019. Bagi siswa yang dinyatakan lolos, maka Kemenristekdikti telah mengunci nama siswa agar tidak mendaftar SBMPTN. Hal ini lantaran banyaknya peserta yang lolos SNMPTN, berpindah dan mendaftar di SBMPTN. Ini mengakibatkan sejumlah kursi SNMPTN kosong di berbagai perguruan tinggi.

“Dari pengalaman sebelumnya, banyak siswa yang lolos seleksi SNMPTN mendaftar dan mengikuti seleksi SBMPTN. Akhirnya kami kunci, yang sudah diterima di SNMPTN tidak bisa mendaftar SBMPTN. Hal ini agar tidak terjadi kursi kosong pada kuota SNMPTN, semuanya akan tercatat pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa,” ungkap Menristekdikti, Mohamad Nasir.

Menristekdikti mengingatkan agar siswa yang lulus SNMPTN untuk segera mendaftar ulang di perguruan tinggi tempat diterima. Silakan mengecek persyaratan daftar ulang sebagaimana diumumkan oleh perguruan tinggi. Ini berlaku bagi siswa yang diterima SNMPTN melalui Bidikmisi pula.

Baca: 42 Politeknik Negeri Ikuti Jalur Masuk UMPN 2019

Nah, bagi siswa yang tidak lulus SNMPTN 2019, masih mendapatkan kesempatan untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang II yang dibuka tanggal 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB. Pendaftaran akan ditutup pada Senin, 1 April 2019 pukul 22.00 WIB. Siswa pendaftar Bidikmisi yang tidak lulus SNMPTN 2019 tidak dikenakan biaya pendaftaran ketika mendaftar UTBK.

UTBK ini juga dapat dimanfaatkan bagi kamu yang ingin ikut Seleksi Mandiri. Karena beberapa perguruan tinggi menggunakan nilai UTBK sebagai ganti ujian tertulis kembali. Sehingga, kamu hanya perlu memasukkan nomor pendaftaran UTBK saja saat mendaftar.

Baca: Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru S1 Reguler Universitas Indonesia Tahun 2019

Ayokuliah.id telah merangkum perguruan tinggi mana saja yang membuka Seleksi Mandiri berbasis UTBK. Silakan cek informasinya di laman Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru. Sebagai informasi, tes UTBK ini bisa kamu ikuti hingga dua kali. Jadi maksimalkan kesempatan saat mengikuti tes.

Semoga berhasil dan selamat mencoba. Ingat, kamu tidak diperkenankan ikut mendaftar SBMPTN jika lolos SNMPTN!

Sumber Ristekdikti

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait