1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Rektor UNAIR Sambut 6.527 Mahasiswa Baru Tahun 2018

Kategori

Rektor UNAIR Sambut 6.527 Mahasiswa Baru Tahun 2018

Rektor UNAIR Sambut 6.527 Mahasiswa Baru Tahun 2018

Rating: 1 - out of 5stars
03 Agustus 2018 0 Komentar
Penulis:

Kamis, 2 Agustus 2018, Universitas Airlangga menyambut para mahasiswa baru yang berhasil lolos tahap seleksi masuk Unair. Sebanyak 6.527 mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma berkumpul di acara ini. Penyambutan dilaksanakan langsung oleh Rektor Unair Prof. Moh. Nasih di Airlangga Convention Center (ACC). Dihadapan ribuan calon penerus bangsa tersebut Prof. Nasih menyampaikan bahwa mahasiswa UNAIR harus menjadi kreator peradaban.

“Karena dalam sejarah peradaban bangsa Indonesia, mahasiswa selalu tampil sebagi tokoh yang berperan penting,” tandasnya.

Prof. Nasih juga mencontohkan bahwa dalam sejarah pergerakan yang mengawal proses kemerdekaan bangsa, mahasiswa selalu menjadi aktor penggerak. Jelasnya, Budi Utomo 1908, Sumpah Pemuda 1928, kemerdekaan 1945, hingga reformasi 1998 bisa terjadi karena peran mahasiswa di dalamnya.

“Untuk itu, menjadi mahasiswa UNAIR harus berani mengambil peran penting dalam membangun sejarah peradaban banggsa,” imbuhnya.

Sebagai upaya untuk menjadi aktor utama dalam peradaban banggsa, Prof. Nasih mengajak agar mahasiswa baru terus belajar dan bekerja keras serta terus berupaya meningkatkan soft skill. Tidak hanya itu, mahasiswa baru juga harus memiliki sifat yang rendah hati, tidak sombong, dan memiliki jiwa dan akhlak yang mulia.

Baca: UNAIR Menangkan Penghargaan Kampus Ekonomi Islam Terdepan Dari IAEI

“Hal itu, tentunya sebagai salah satu perwujudan dari semboyan excellence with morality,” terangnya.

Pada akhir, sebelum menutup sambutan Prof. Nasih Rektor mengajak mahasiswa untuk bergabung dengan semua organisasi intra kampus yang sudah jelas dan dipastikan ke-Indonesiannya. Serta bergabung dengan organisasi ekstra kampus yang sudah jelas ideologi dan ke-Indonesiaannya, seperti HMI GMNI PMII, dan KMNU. Jangan pernah bergabung dengan organisasi ekstra kampus yang tidak jelas ke-Indonesiannya.

“Untuk mahasiswa baru harus cerdas dalam memilih organisasi dan tidak takut untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam studi dan organisasi. Karena tokoh besar yang berperan saat ini adalah para aktivis kampus,” paparnya.

Dalam proses pengukuhan mahasiswa baru 2018, Prof. Nasih secara simbolis melakukan pemasangan jaket almamater kepada mahasiswa baru, menerima secara simbolis mahasiswa baru penerima bantuan pendidikan Bidikmisi, dan mengajak mahasiswa baru untuk melakukan ikrar janji anti radikalisme.

Baca: Terbaru, 50 Besar Universitas Terbaik Indonesia Versi Webometrics!

Tercatat dalam penerimaan mahasiswa baru UNAIR menerima 5327 mahasiswa baru jenjang sarjana, 1196 mahasiswa baru jenjang diploma tiga, dan 117 diploma empat. Dengan 753 di antaranya merupakan mahasiswa penerima bantuan pendidikan Bidikmisi yang tersebar di semua program studi S1.

Sumber https://www.unair.ac.id/

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait