1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Universitas Pertamina dibuka, Siapa Mau Kuliah Disini?

Kategori

Universitas Pertamina dibuka, Siapa Mau Kuliah Disini?

Universitas Pertamina dibuka, Siapa Mau Kuliah Disini?

Rating: 0.0 - out of 5stars
11 Februari 2016 0 Komentar
Penulis:

Kamis, 11 Februari 2016, PT. Pertamina (Persero) secara resmi mengumumkan pembukaan Universitas Pertamina pada hari ini. Pembukaan universitas baru ini sebagai wujud kontribusi perusahaan milik Negara untuk mengabdi kepada masyarakat dan negara, dengan ikut serta menyediakan pendidikan tinggi di Indonesia.

Universitas Pertamina menempati area lahan seluas 6.5 hektar, di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Kampus terdiri dari dua gedung dengan masing-masing sembilan lantai dan empat lantai.

Pembangunan dan pengembangan Universitas Pertamina dalam kurun waktu lima tahun ke depan ini, memakan nilai investasi hingga Rp 680 miliar. Pihak Pertamina pun telah menunjuk Pertamina  Foundation untuk mengelola aset dan mendukung penyelenggaraan pendidikan di Universitas Pertamina. Meliputi sarana dan prasarana kampus, sarana olahraga, perpustakaan dan laboratorium.

Baca juga: Pendaftaran Gelombang II Universitas Pertamina Segera dibuka!

Pertamina Foundation mulai 2016 hingga 2020, berfokus untuk melakukan penyediaan infrastruktur dasar, diantaranya adalah kampus I, ruang kuliah, laboratorium, serta penyiapan sistem pembelajaran dan administrasi. Sedangkan pada tahun 2021, pembangunan kampus utama serta pengembangan pusat kegiatan mahasiswa akan dimulai.

Langkah pembangunan yang dilakukan bertahap namun tetap terarah, demi mewujudkan misi universitas, untuk menjadi Perguruan Tinggi Non Negeri yang dapat bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

“Kami akan melakukannya secara bertahap, mulai dari tingkat nasional hingga kelas dunia, Universitas Pertamina ke depan harus dapat menjadi kampus yang internationally recognised dengan bertumpu pada budaya riset-riset yang implementatif di bidangnya,” ujar Umar Fahmi, Direktur Eksekutif Pertamina Foundation.

Baca juga: 16 Prodi Universitas Pertamina Siap Tampung 1000 Mahasiswa

Sebagai langkah awal, Universitas Pertamina direncanakan memiliki enam fakultas dengan 15 program studi di tingkat sarjana. Program studi tersebut adalah teknik geofisika, teknik geologi, teknik perminyakan, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik logistik, teknik lingkungan dan teknik sipil. Adapula program studi ilmu komputer, ilmu kimia, ilmu komunikasi, hubungan internasional, ekonomi dan manajemen. Program studi mana sasaranmu?

Baca juga: Pendaftaran Gelombang III Universitas Pertamina Hingga 19 Juli

Buat kamu yang tertarik memasuki universitas baru ini, Pertamina membuka tahun ajaran baru pada bulan Juli mendatang. Menurut perkiraan pihak Pertamina, bahwa disetiap program studi sarjana terdapat minimal 60 mahasiswa. Sehingga setiap tahun ajaran baru, terdapat sedikitnya 900 mahasiswa baru.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait