1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. 6 Macam Tawaran Beasiswa Tanoto Foundation Yang Wajib Kamu Ketahui
6 Macam Tawaran Beasiswa Tanoto Foundation Yang Wajib Kamu Ketahui

6 Macam Tawaran Beasiswa Tanoto Foundation Yang Wajib Kamu Ketahui

Rating: 0.0 - out of 5stars
23 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

Setiap tahun, Tanoto Foundation rutin menawarkan bantuan beasiswa bagi pelajar/mahasiswa dan guru di tanah air. Hingga saat ini, sudah lebih dari ribuan pelajar dan guru berhasil melanjutkan studi serta mendapatkan berbagai ilmu berkat bantuan beasiswa Tanoto Foundation.

Hal ini sesuai dengan komitmen Tanoto Foundation untuk terus memajukan dan memperbaiki taraf hidup masyarakat melalui pendidikan, serta beberapa program lain. Beasiswa Tanoto Foundation yang diberikan oleh lembaga swasta ini bisa dinikmati pelajar sekolah menengah, hingga lulusan S1 yang ingin melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya. Bahkan adapula beasiswa untuk para guru di tanah air. Terdapat 6 macam beasiswa yang diselenggarakan dan wajib kamu ketahui.

Berikut keenam macam beasiswa Tanoto Foundation:

1. National Champion Scholarship (NCS)

NCS diperkenalkan sejak 2006. Tujuan diadakannya beasiswa ini adalah untuk mendidik pemimpin masa depan Indonesia dengan memberikan dukungan beasiswa kepada mahasiswa S1 dan S2 beprestasi namun terkendali ekonomi.

Nantinya, para Tanoto Scholars atau penerima beasiswa Tanoto Foundation tidak hanya menerima bantuan keuangan, melainkan juga pelatihan dalam pengembangan kapasitas soft skills (misalnya: kemampuan bekerjasama dan berkomunikasi). Selain itu, mereka juga didukung untuk ikut Tanoto Scholars Association dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial di lingkungannya. Mereka juga mendapatkan konseling jika nilai akademis mereka tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima beasiswa. Menariknya lagi, penerima beasiswa National Champion Scholarship juga akan mendapatkan kesempatan untuk magang di berbagai perusahaan.

Baca: Begitu Murahnya Biaya Kuliah di Jepang

2. Regional Champion Scholarship (RCS)

Tujuan dibukanya beasiswa RCS ini adalah untuk mendidik calon pemimpin dari wilayah pedesaan yang berkomitmen membangun daerahnya.

Sejak tahun 2011, Tanoto Foundation telah melaksanakan RCS dan bekerjasama dengan 28 universitas mitra baik negeri maupun swasta. Dan hingga Desember 2015, RCS telah memberikan beasiswa kepada 173 mahasiswa dari berbagai wilayah.

Sama halnya dengan penerima beasiswa NCS, penerima beasiswa RCS juga akan menerima bantuan keuangan, pelatihan pengembangan kapasitas soft skills (misalnya: bekerjasama dan Bahasa Inggris), menjadi anggota Tanoto Scholars Association dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial di lingkungannya. Pendampingan konseling jika nilai tidak memenuhi syarat juga akan didapatkan. Selain itu kesempatan untuk magang di berbagai perusahaan juga akan diterima.

3. Tanoto Teacher Scholarship (TTS)

Tanoto Teacher Scholarship diselenggarakan oleh Tanoto Foundation sejak tahun 2011. Tujuan dibukanya beasiswa TTS adalah untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru baik honorer maupun yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil untuk meneruskan pendidikannya di jenjang pendidikan tinggi. Diharapkan dengan bekal pendidikan yang bermutu, mereka akan dapat melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah dengan lebih baik lagi. Program ini tersedia bagi guru-guru di daerah pedesaan di provinsi Riau, Sumatera Utara dan Jambi.

Hingga bulan Desember 2015, Tanoto Teacher Scholarship sudah mendukung lebih dari 150 guru.

4. Beasiswa Vokasi

Beasiswa Tanoto Foundation ini diberikan bagi para lulusan SMA yang berasal dari daerah pedesaan serta mengalami kendala ekonomi. Beasiswa ini juga ditujukan kepada mereka yang tertarik atau bercita-cita mendukung pengembangan sektor pertanian atau kehutanan Indonesia.

Tanoto Foundation bekerjasama dengan dua perguruan tinggi dalam melaksanakan Beasiswa Vokasi yaitu:

  1. Institut Pertanian (Instiper) di Jogjakarta yang juga didukung oleh pihak swasta seperti Asian Agri dan APRIL.
  2. Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) di Bandung. Kerjasama dengan perguruan tinggi ini juga didukung oleh APRIL.

Setiap tahunnya, jumlah peserta Beasiswa Vokasi terus meningkat. Per Desember 2015, 356 siswa telah menjadi penerima beasiswa ini.

5. Beasiswa Sekolah Menengah

Program Beasiswa Sekolah Menengah diperkenalkan sejak tahun 2010. Tujuannya untuk memberikan dukungan kepada murid SMP dan SMU yang kurang mampu di Medan dan Belawan, Sumatera Utara

Hingga Desember 2015, Tanoto Foundation telah bermitra dengan 21 sekolah menengah dan mendukung 353 murid untuk melanjutkan sekolah.

Baca: Tanoto Foundation Buka Program Beasiswa S1 dan S2

6. Beasiswa Sayap Garuda

Beasiswa ini diperkenalkan pada tahun 1997 dan dirancang demi mendukung kelangsungan pembangunan di pedesaan melalui pengembangan bakat dari daerah-daerah tersebut.

Program ini ditujukan bagi murid-murid berprestasi di daerah pedesaan dan berlaku untuk semua lokasi sekolah.

Hingga Desember 2015, Beasiswa Sayap Garuda telah mendukung lebih dari 2.600 murid di pedesaan Jambi, Riau, dan Sumatera Utara.

Lantas kapan pendaftaran beasiswa Tanoto Faoundation ini? Yuk cek di laman resminya.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait