1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 7 Benda Ini Wajib Dibawa Saat Kembali Belajar di Kampus Pada Era New Normal Pandemi Covid-19

Kategori

7 Benda Ini Wajib Dibawa Saat Kembali Belajar di Kampus Pada Era New Normal Pandemi Covid-19

7 Benda Ini Wajib Dibawa Saat Kembali Belajar di Kampus Pada Era New Normal Pandemi Covid-19

Rating: 1 - out of 5stars
01 September 2020 0 Komentar
Penulis:

Pandemi Covid-19 mengubah hampir seluruh aspek kehidupan kita, namun tak semuanya buruk kok!

Banyak pula hal baik yang bisa kita rasakan dari adanya pandemi Covid-19, salah satunya kita jadi lebih menjaga kebersihan dan menghargai waktu dengan orang-orang terdekat. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun kita telah menghadapi tatanan kehidupan baru atau new normal life.

Sejak awal Juni 2020, Pemerintah Indonesia telah merencanakan berbagai skema new normal di tengah pandemi Covid-19 ini. Kehidupan new normal ini diiringi dengan protokol kesehatan ketat yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan. Protokol itu di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak antar manusia dengan jarak minimal 2 meter.

Meskipun hampir sebagian besar universitas di Indonesia masih menerapkan kuliah secara online atau daring, tidak ada salahnya kamu bersiap untuk memasuki kehidupan new normal di wilayah kampus atau universitas.

Nah, untuk menghadapi kehidupan new normal di wilayah kampus nantinya, ada beberapa benda yang wajib kamu bawa selama berada di luar rumah. Benda-benda ini perlu kamu bawa untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Berikut 7 benda yang wajib kamu bawa saat harus kembali belajar di kampus pada era new normal pandemi Covid-19!

1. Hand sanitizer dan sabun cair

Hand Sanitizer dan sabun cair adalah satu hal utama yang harus kamu bawa saat bepergian di era new normal ini. Ketika kamu berada di tempat yang dekat dengan sumber air, maka cucilah tangan kamu dengan sabun. Jika kamu tidak menemukan sumber air untuk cuci tangan, maka kamu bisa menggunakan hand sanitizer.

Namun, perlu diingat, gunakanlah hand sanitizer dengan cara yang benar dan jangan terlalu sering mnegaplikasikannya ke kulit tangan, karena bisa menyebabkan kulitmu iritasi.

2. Tisu basah

Saat ada di situasi darurat, mungkin saja kamu tidak bisa menemukan tempat untuk mencuci tangan. Oleh karena itu, bawalah tisu basah antiseptik yang mengandung alkohol. Tisu basah bisa menjadi pelindung ekstra ketika kamu tidak bisa menggunakan sabun cair maupun hand sanitizer.

3. Tisu Kering

Tisu kering akan berguna ketika kita sering kali menyentuh wajah atau saat membersihkan benda seperti kacamata. Benda ini akan bisa membantumu mengurangi risiko penyebaran bakteri dan virus dari tangan ke kulit wajah. Selain itu, dengan tisu kering kamu juga bisa mengelap atau melapisi setiap permukaan benda yang sekiranya berisiko menjadi tempat penularan virus.

4. Alat makan pribadi

Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, kita semua disarankan untuk meminimalisir berbagi barang atau menggunakan satu barang secara bersama-sama. Nah, salah satu barang penting yang harus kita bawa di era new normal adalah alat makan pribadi. Usahakan kamu membawa bekal sendiri dari rumah ketika harus kembali belajar di kampus. Atau, jika tidak bisa, setidaknya kamu membawa alat makan sendiri seperti sendok, garpu, gelas, botol minum serta kotak makan. Percayalah, ini akan mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di tempat umum.

5. Alat ibadah pribadi

Sama halnya dengan alat makan pribadi, alat ibadah pribadi juga penting untuk kamu bawa. Sebisa mungkin kamu menghindari menggunakan barang umum yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus. Sangat tidak dianjurkan untuk berbagi barang termasuk alat ibadah, apalagi alat ibadah sangat rentan menyentuh wajah.

6. Disinfektan

Berbagai benda di sekitar kita sangat mungkin terkontaminasi bakteri dan juga virus. Untuk itu, tak ada salahnya kamu membawa disinfektan kecil dalam ukuran travel size yang bisa masuk ke dalam tas. Semprotkan disinfektan seperlunya saja pada setiap permukaan benda yang sekiranya akan mengenai tangan kita, seperti misalnya bangku tempat kamu duduk di kelas. Perlu diingat, jangan menyemprotkan disinfektan langsung ke kulit ya! Karena akan merusak dan membuat kulit kamu kering bahkan iritasi.

7. Masker ekstra

Memakai masker di era new normal adalah menjadi satu hal yang wajib untuk dipatuhi, bahkan kamu akan dikenakan hukuman lho jika tidak memakainya!

Nah, masker ekstra harus masuk dalam daftar barang bawaanmu ketika beraktivitas di luar. Sebab, kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi nantinya. Bisa saja kamu harus mengganti masker yang kamu pakai saat itu karena satu dan lain hal yang mendesak.

 

image:pixahere

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait