1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 5 Tips Kuliah Online Antibosan

Kategori

5 Tips Kuliah Online Antibosan

5 Tips Kuliah Online Antibosan

Rating: 1 - out of 5stars
16 April 2020 0 Komentar
Penulis:

Apakah kamu merasa malas dan bosan saat menjalani kuliah online? Kami akan berbagi tips kuliah online selama pandemi COVID-19 agar lebih efektif dan produktif. Meski tidak bertemu dengan dosen atau teman kampus secara konvensional, kamu bisa tetap fokus dan semangat untuk kuliah. Apa saja tips kuliah online antibosan? Check this out!

 

1. Siapkan camilan sehat

Supaya kamu tidak cepat mengantuk selama kuliah online, siapkan camilan sehat. Dengan ngemil sehat, kamu bisa tetap fokus selama mengikuti kuliah online berjam-jam. Namun, pastikan camilan yang dipilih merupakan makanan sehat dengan gizi seimbang yang bagus untuk menjaga stamina.

Misalnya, buah-buahan, salad, kacang, yogurt, dan lainnya. Satu lagi, kalau dosen melarang, jangan sampai curi-curi kesempatan untuk ngemil ya. Tetap patuhi peraturan dari dosen, he-he. 

 

2. Aktif chatting!

Yup, kamu sadari atau tidak, ternyata ngobrol dengan orang lain bisa bikin kamu lebih rileks dan tidak cepat bosan, lho. Jika ada ruang untuk diskusi dengan teman atau tanya jawab dengan dosen, manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Terlalu lama di dalam rumah sudah pasti bikin stres. Makanya, selalu jaga komunikasi dengan teman kuliah dan dosen. Kalau tidak, kamu juga bisa membuat grup diskusi dan belajar bareng! Selain tambah pengetahuan, kamu juga bisa sekaligus mengasah kemampuan komunikasi.

 

3. Pilih tempat yang nyaman untuk belajar

Sepintas memang terdengar klise, tetapi mencari tempat yang nyaman untuk belajar sangatlah penting. Cari tempat yang tenang sehingga konsentrasi kamu tidak akan terpecah. Jauhkan hal-hal yang bisa membuatmu terusik atau gagal fokus karena pasti kuliah online-mu tidak akan maksimal.

Misalnya, cari ruangan dengan ventilasi yang bagus, tidak terlalu gelap, dan sinyalnya tokcer! Hindari kuliah dari atas tempat tidur. Satu lagi, usahakan agar meja belajar selalu bersih dan rapi agar lebih konsentrasi. 

 

4. Mager boleh, tapi jangan lupa untuk mandi

Boro-boro mandi, kamu pasti sering banget baru bangun tidur langsung ikut kuliah, bukan? Meski tak harus bertemu dengan orang lain, mandi di pagi hari punya khasiat tersendiri, lho. Kamu bisa lebih fresh untuk memulai hari dan tentunya tidak akan mudah mengantuk. Meski berat, yuk belajar disiplin dengan segera mandi setelah bangun tidur. 

 

5. Punya binatang peliharaan? Ajak untuk menemani kuliah!

Jika kamu memiliki binatang peliharaan seperti anjing atau kucing, bisa kamu ajak untuk kuliah online, lho. Keberadaan binatang peliharaan bisa membuat mood membaik dan bikin kamu makin rileks. Tak ada deh acara mati kebosanan karena kuliah online di kamar. 

Inilah lima tips kuliah online antibosan. Meskipun harus beraktivitas di dalam rumah, kamu bisa tetap produktif. Terpenting, stay safe and stay healthy everyone!

 

Photo by Jan Vašek – https://pixabay.com/photos/laptop-woman-education-study-young-3087585/, CC0, Link

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait