1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. Prodi Bahasa Korea, Di Kampus Mana Saja?

Kategori

Prodi Bahasa Korea, Di Kampus Mana Saja?

Prodi Bahasa Korea, Di Kampus Mana Saja?

Rating: 5.0 - out of 5stars
06 September 2016 1 Komentar
Penulis:

Suka dengan seluk beluk yang berhubungan dengan Korea? Hingga pada akhirnya kamu memimpikan untuk mampu menguasai bahasa mereka? Juga bermimpi untuk mampu singgah di Negara tersebut? Nah, kamu bisa mulai memikirkannya sedari dini kok, yakni dengan memilih kampus dan mengambil konsentrasi di bidang bahasa Korea.

Memang tak banyak kampus tanah air yang menyelenggarakan bidang studi ini. Bahkan dari banyakanya kampus, kemungkinan hanya ada 5 persen yang membuka prodi satu ini.

Nyatanya, peminat prodi bahasa Korea semakin kesini semakin besar. Namun sayangnya, belum dibarengi dengan besarnya kuota penerimaan mahasiswa baru di kampus-kampus yang memiliki prodi Bahasa Korea. Biasanya pula, prodi bahasa Korea hanya mampu menampung 100 – 200 mahasiswa baru setiap tahunnya.

Berikut adalah kampus yang menyelenggarakan prodi bahasa Korea:

  1. Universitas Indonesia – Program Sarjana Bahasa dan Kebudayaan Korea

Pada program studi ini kamu tak hanya akan mendapatkan mata kuliah terkait kecakapan berbahasanya saja, melainkan juga aspek sastra dan budaya masyarakat Korea, serta akan mendapatkan pengetahuan pendukung lainnya. Kamu pun dituntut untuk selalu aktif untuk terus memperdalam ilmu bahasa Korea selama kurang lebih empat tahun. Nah, buat kamu yang tertarik masuk kesini, berikut link pendaftarannya.

  1. Universitas Gadjah Mada – Program Studi Bahasa Korea

Berada di area Fakultas Ilmu Budaya UGM, peminat bahasa Korea disini tak pernah sepi. Baik pendaftar melalui SNMPTN, SBMPTN maupun Ujian Tulis.

Adapun sasaran dari prodi ini adalah untuk menghasilkan sebanyak mungkin lulusan yang terampil berbahasa Korea, baik lisan maupun tulis; ahli di bidang bahasa, sastra, dan budaya Korea; dan mampu melakukan penelitian di bidang bahasa, sastra, dan budaya Korea dalam masa studi 4 tahun. Info lengkap silahkan kunjungi http://korea.fib.ugm.ac.id/.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia – Program Studi Pendidikan Bahasa Korea

Kamu yang berkeinginan menjadi tenaga pendidik atau ahli bahasa Korea, bisa coba mendaftar ke kampus ini di http://korea.upi.edu/.

Prodi ini terbilang baru, jika dibandingkan kedua universitas di atas. Awalnya UPI hanya menyelenggarakan kursus bahasa Korea, hingga pada akhirnya pihak kampus mengajukan proposal untuk pendirian prodi bahasa Korea jenjang S1.

Dengan dukungan resmi dari Kedubes Republik Korea selatan, KOICA, Korea Foundation (KF), KCC Jakarta dan beberapa pihak terkait lainnya singkat kata, pembukaan Prodi Pendidikan Bahasa Korea jenjang Sarjana (S-1) di FPBS UPI telah resmi disetujui dan ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Rektor UPI tanggal 5 Agustus 2015 Nomor: 5181/UN40/HK/2015 ditandatangani Oleh Prof. H. furqon, M.A., Ph.D. Rektor UPI masa bakti 2015-2020.

  1. Universitas Nasional – Program Studi Bahasa Korea (D3)

Unas hanya mengadakan program belajar bahasa Korea jenjang Diploma. Tujuan dari diadakannya pendidikan ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetisi tinggi di bidang ilmu Bahasa Korea, selain itu juga menghasilkan lulusan professional yang siap terjun ke dunia kerja. Info lengkap terkait prodi ini bisa diakses melalui http://korea.aba.unas.ac.id/.

Buat kamu yang bertanya-tanya terkait lapangan kerja, karena kamu bisa menjadi:

  • Pegawai di Kementerian Luar Negeri, kedutaan besar, pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya.
  • Translator / Interpreter
  • Tour Guide
  • Tenaga Pendidik
  • Wartawan, Pembawa Acara,
  • Dan masih banyak lainnya.

Bagaimana mau coba kampus yang mana?

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Tassya ayu lilianda on Ayo Kuliah

Mau belajar bahasa korea lebih dalam dan ingin bekerja di negara korea

Semangat menggapai mimpi kakak. Semoga berhasil!

linecolor

    






Artikel Terkait