1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. 12 Prodi Universitas Riau Terakreditasi A

Kategori

12 Prodi Universitas Riau Terakreditasi A

12 Prodi Universitas Riau Terakreditasi A

Rating: 1 - out of 5stars
03 Oktober 2016 0 Komentar
Penulis:

Baru-baru ini Universitas Riau mengumumkan terkait perolehan hasil akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebanyak 12 program studi milik UR meraih akreditasi A.

Keduabelas prodi tersebut antara lain, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)), Akutansi (Fakultas Ekonomi (FE)), Profesi Ners, Keperawatan, Biologi dan Kimia (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)).


Kemudian ada juga dari Fakultas Pertanian (Faperta) Agribisnis, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Budidaya Perairan, Ilmu Kelautan, Pemanfaatan Sumber daya Perairan, dan Teknologi Hasil Perikanan.

Baca: STKIP Selong Alih Status Jadi Universitas Hamzanwadi

“Untuk memperoleh akreditasi A bagi suatu Prodi di Universitas, membutuhkan proses yang cukup panjang, karena banyak indikator yang harus dipersiapkan. Untuk menunjang peningkatan nilai pada masing-masing indikator tersebut, UR juga telah membentuk tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, penyediaan dokumen pendukung yang lengkap,” kata Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, Jumat (30/9).

Lebih lanjut, sebelumnya, juga ada tiga Unit atau Lembaga berakreditasi A dan Mandiri. Perpustakaan UR Akreditasi A bidang layanan perpustakaan, Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan (LPPMP) Akreditasi A bidang pelatihan pengadaan barang dan jasa pemerintahan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Cluster Penelitian Mandiri.

“Nilai akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk dari tingkat nilai mutu dari sebuah Prodi. Selain itu, akreditasi menjadi satu dari indikator pengakuan publik atas institusi atau program studi dan Unit yang terjamin kualitasnya. Jaminan ini disebabkan lembaga atau badan yang melakukan visitasi dan mengeluarkan nilai akreditasi bagi seluruh institusi kampus dan program studi adalah BAN-PT. BAN-PT merupakan lembaga independen dan profesional, karena memiliki asesor pilihan dari semua ilmuwan di Indonesia,” jelas Rektor.

Baca: Berubah Jadi Universitas, Unisa Buka 16 Prodi

Rektor UR mengajak kepada seluruh unit kerja di lingkungan UR untuk mempersiapkan diri dalam proses akreditasi instisusi UR yang akan berakhir pada tahun 2019 mendatang.

“Untuk akreditasi universitas, berakhir pada tahun 2019, maka dari itu kita berkomitmen untuk meningkatkan akreditasi ini ke peringkat yang lebih baik. Selamat kepada prodi dan Unit yang mendapatkan akreditasi A dan Mandiri, selanjutnya kepada prodi dan Unit yang lain agar termotivasi untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan Akreditasi untuk menjamin mutu dan Kualitas lulusan di Universitas Riau,” harapnya.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait