1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. 129 Mahasiswa Asing Unpad Ikuti Orientasi Mahasiswa

Kategori

129 Mahasiswa Asing Unpad Ikuti Orientasi Mahasiswa

129 Mahasiswa Asing Unpad Ikuti Orientasi Mahasiswa

Rating: 1 - out of 5stars
01 November 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar kegiatan Orientasi Mahasiswa Asing tahun akademik 2018/2019, pada Selasa (30/10) dan Rabu (31/10). Sebanyak 129 mahasiswa asing dari 22 negara antusias mengikuti rangkaian acara demi acara. Orientasi ini dilakukan untuk menyambut mahasiswa yang akan menempuh studi di Unpad selama satu tahun.

“Unpad sangat senang tahun ini kita melihat ada begitu banyak MoU yang ter-follow up,” ujar Kepala Kantor Internasional Unpad dr. Ronny, M.Kes., AIFO, PhD saat ditemui di sela orientasi, Selasa (31/10) sebagaimana dilansir dari laman Unpad.

Dr. Ronny menjelaskan, tahun ini banyak perguruan tinggi mitra di tingkat internasional yang mengirimkan banyak mahasiswanya. Para mahasiswa asing akan sit in menempuh studi formal di Unpad selama satu tahun.

Baca: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Universitas Brawijaya Gelar Upacara Bendera

Dalam satu tahun, mahasiswa dipersilakan mengambil program studi yang sesuai dengan minatnya. Di akhir masa perkuliahan, mahasiswa akan mendapat nilai akademik dari Unpad. Selain itu, para mahasiswa juga akan belajar bahasa Indonesia pada program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Fakultas Ilmu Budaya.

Lebih lanjut Dr. Ronny mengatakan, orientasi yang dilaksanakan meliputi pengenalan universitas secara lengkap, mulai dari visi misi, pembelajaran, program studi dan akademik, hingga berbagai fasilitas penunjang lainnya. Pengenalan kampus ini merupakan upaya mengenalkan mahasiswa asing sebagai bagian dari sivitas akademika Unpad.

“Mereka diberikan pegangan bahwa Unpad adalah rumah bagi mereka. Artinya, jika ada masalah bukan sesuatu yang untuk dijadikan bahan debat tetapi harus dibenahi bersama-sama,” kata Dr. Ronny.

Orientasi ini juga akan menghadirkan sejumlah pembicara dari Kantor Imigrasi serta pemaparan mengenai jaminan kesehatan bagi mahasiswa asing.

Baca: Ini Perbedaan Seleksi Masuk PTN Tahun 2019

Kegiatan orientasi dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., di Auditorium Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikas Unpad, Jatinangor, Selasa (30/10). Dr. Arry juga menyematkan jaket almamater secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa asing sebagai tanda penerimaan menjadi warga Unpad.

Adapun negara asal mahasiswa tersebut antara lain, Republik Rakyat Cina, Korea Selatan, Jepang, Vietnam, Laos, Maroko, Tajikistan, Kirgiztan, Nepal, Sudan, Kamboja, Mesir, Afghanistan, Belanda, Malaysia, Jerman, Republik Demokratik Kongo, Madagaskar, Azerbaijan, Perancis, Rusia, dan Irlandia.

Sumber http://www.unpad.ac.id/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait