1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. 38 Mahasiswa Asing Ikuti Unpad Summer Program

Kategori

38 Mahasiswa Asing Ikuti Unpad Summer Program

38 Mahasiswa Asing Ikuti Unpad Summer Program

Rating: 1 - out of 5stars
18 Juli 2018 0 Komentar
Penulis:

Unpad Summer Program merupakan salah satu program yang dilaksanakan untuk mengenalkan lingkungan kampus, juga untuk melihat beragam potensi alam dan wisata yang ada di Jawa Barat. Acara ini diselenggarakan oleh Kantor Internasional Universitas Padjadjaran tanggal 9 – 22 Juli 2018. Untuk tahun ini, terdapat 38 mahasiswa asing dari berbagai negara ikut bergabung.

Dilansir dari laman resmi Unpad, Kegiatan Summer Program dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (10/7) lalu. Dalam sambutannya, Dr. Arry menjelaskan kegiatan Summer Program di Unpad bertujuan meningkatkan komunikasi, aspek kepemimpinan, dan kerja sama antar mahasiswa asing.

Baca: Unpad – Universitas Terbaik Keempat Di Indonesia Versi QS World Rangking

Kawasan UNESCO Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi dan wisata Pangandaran dipilih menjadi lokasi Unpad Summer Program. Dua lokasi ini, menurut Dr. Arry, merupakan fokus kajian Unpad dalam mengembangkan wilayah Jawa Barat.

“Implementasi dari Unpad Summer Program diharapkan dapat meningkatkan kualitas masyarakat Ciletuh dan Pangandaran,” kata Dr. Arry.

38-mahasiswa-asing-ikuti-unpad-summer-program

Melalui program ini, mahasiswa asing dari negara Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Malaysia, Thailand, Turki, Afghanistan, dan Bangladesh ini diharapkan dapat belajar tentang Indonesia dari kunjungan ke Ciletuh, Pangandaran, dan kampus Unpad.

“Salah satu keuntungan dari program ini adalah untuk merefleksi beragam kebudayaan baru dengan kebudayaan di setiap negara masing-masing,” ujar Dr. Arry.

Tiba di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Rabu (11/7), para mahasiswa diajak melihat beragam destinasi wisata geologi, seperti mega amfiteater, air terjun, dan pantai. Mahasiswa juga diajak melihat budidaya ikan sidat di Mandrajaya, melihat lokasi pembuatan gula kelapa di Ujung Genteng, hingga melihat penangkaran penyu dan mengikuti prosesi pelepasan penyu di Pantai Pangumbahan.

Baca: Cara Unik UNS Kenalkan Lingkungan Solo Kepada Mahasiswa Asing

Mahasiswa juga diajak mengunjungi Bumi Walagri Padjadjaran yang saat ini digunakan sebagai gedung Pusat Penelitian Geopark dan Kebencanaan Geologi Unpad, Kamis (12/7). Dipandu dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad, Dr. Dicky Muslim, mahasiswa diajak untuk mengetahui proses mitigasi bencana.

Di Pangandaran, mahasiswa berpartisipasi dalam Festival Layang-layang Internasional yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Pangandaran di kawasan Pantai Barat Pangandaran. Program lain yang dilakukan adalah aksi bersih pantai, dan mengunjungi berbagai lokasi wisata di Pangandaran.

Sumber http://www.unpad.ac.id/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Ayo Kuliah
Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait