1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Unpad – Universitas Terbaik Keempat Di Indonesia Versi QS World Rangking

Kategori

Unpad – Universitas Terbaik Keempat Di Indonesia Versi QS World Rangking

Unpad – Universitas Terbaik Keempat Di Indonesia Versi QS World Rangking

Rating: 1 - out of 5stars
08 Juni 2018 0 Komentar
Penulis:

QS World University Rangking resmi merilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Khusus Indonesia, terdapat sembilan universitas terbaik yang masuk pemeringkatan versi dunia ini. Total ada 1.233 perguruan tinggi yang telah disurvei pihak QS World.

Universitas Padjadjaran sebagai salah satu institusi asal Indonesia yang telah disurvei mampu meraih peringkat empat universitas terbaik di Indonesia. Sedangkan di dunia, Unpad meraih peringkat di rentang 651-700. Menurut Rektor Universitas Padjadjaran, Prof Tri Hanggono Achmad, capaian tersebut menunjukan pengakuan atas kinerja yang dilakukan Unpad.

“Yang lebih penting kalau sudah diakui harus kita pertahankan,” kata Rektor sebagaimana dilansir dari laman resmi Unpad, Rabu (6/6).

Lebih lanjut Rektor menuturkan bahwa yang paling penting bagi Unpad adalah progres kinerja Unpad harus terus ditingkatkan. Peringkat dunia tersebut juga harus menjadi pendorong bagi Unpad untuk berkinerja lebih baik lagi.

“Harus menjadi pendorong kita untuk lebih maju,” kata Rektor.

Baca: Tiga Universitas Di Indonesia Ini Masuk 500 Besar Peringkat Dunia!

Adapun indikator penilaian dilihat dari academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty student, international faculty, dan international students.

Peringkat dunia ini juga menunjukkan bahwa Unpad diakui secara internasional. Bisa dikatakan, Unpad merupakan perguruan tinggi berkelas dunia.

“Kalau target di visi kita masuk menjadi world class university, artinya kalau sudah masuk liga ini sudah world class sebetulnya. Tinggal kita harus pertahankan bahkan kita tingkatkan,” ujar Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Tata Kelola, Perencanaan, dan Sistem Informasi Unpad Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum., mengungkapkan bahwa peringkat tersebut merupakan salah satu capaian dari reformasi birokrasi yang dilakukan Unpad. Perjalanan reformasi birokrasi ini membawa transformasi kemandirian dan keunggulan yang ditujukan untuk kemaslahatan masyarakat.

Perjalanan reformasi birokrasi Unpad yang dilakukan di berbagai bidang melalui sejumlah program yang terencana dan terukur meraih berbagai capaian, termasuk pada level internasional.

Baca: 9 Universitas Terbaik Di Indonesia Versi QS World University Rankings 2018

“Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa, semangat dan perjuangan seluruh sivitas akademika dengan komitmen yang tinggi untuk membawa Unpad memasuki level dunia yang tecermin lewat semangat untuk reformasi birokrasi, membawa Unpad mencapai hasil yang baik pada pemeringkatan dunia menurut QS World University Rankings, sebuah lembaga pemeringkatan universitas yang bereputasi,” kata Sigid.

Menurut Sigid, hasil peringkat tersebut bukanlah tujuan dan akhir dari proses, namun merupakan bentuk nyata hasil kerja keras seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpad.

Sumber http://www.unpad.ac.id/

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait