1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. 9 Kampus Swasta Raih Akreditasi A Tahun 2016

Kategori

9 Kampus Swasta Raih Akreditasi A Tahun 2016

9 Kampus Swasta Raih Akreditasi A Tahun 2016

Rating: 5.0 - out of 5stars
30 Desember 2016 1 Komentar
Penulis:

Berencana kuliah di universitas swasta terbaik? Maka 9 universitas swasta di bawah ini bisa jadi pilihan utama kamu. Pasalnya, di tahun 2016 ini Kemenristekdikti (Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) menetapkan Sembilan perguruan tinggi swasta yang berhasil mendapat predikat akreditasi A oleh BAN-PT.

Baca juga: Mau Studi ke Belgia Gratis? Yuk Ikut Beasiswa Ini

Mohamad Nasir selaku Menristek menyatakan bahwa sebelumnya tidak ada perguruan tinggi swasta yang berhasil memperoleh akreditasi A. Baru di tahun 2016 ini, ada sembilan universitas swasta yang berhasil memperoleh penilaian A.

Kesembilan universitas swasta terbaik tersebut antara lain:

  1. Akademi Kepolisian (Akpol)
  2. Institut Teknologi Telkom Bandung
  3. Universitas Mercu Buana
  4. Universitas Bina Nusantara
  5. Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya
  6. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  7. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta
  8. STIE Perbanas Surabaya
  9. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Kriteria Akreditasi A untuk Universitas

Untuk memperoleh akreditasi A tidaklah mudah. Ada beberapa syarat yang menjadi penentu kelayakan universitas untuk memperoleh akreditasi A atau tidak. Syarat-syarat tersebut antara lain:

  1. Kualitas dosen
  2. Infrastruktur kampus
  3. Perkembangan riset di universitas tersebut

Sementara itu, pelaksana untuk melakukan penilaian dilakukan secara independen oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Kemenristek mempercayakan sepenuhnya kepada BAN-PT untuk melaksanakan proses akreditasi dan tidak pernah melakukan intervensi atas penilaian BAN-PT.

Baca juga: Jadi Wisudawan Terbaik, Wahyu Setyo Prabowo Jaga Galon Air Demi Kuliah

Kemenristek sendiri selalu mendorong agar semakin banyak lagi universitas yang memperoleh akreditasi A biarpun persyaratan cukup sulit. Tjan Basaruddin yang merupakan Dewan Eksekutif sendiri menyatakan bahwa kriteria yang cukup sulit bagi universitas untuk memperoleh akreditasi A terutama karena riset yang masih rendah.

Dengan adanya sembilan universitas swasta yang masuk akreditasi A pada tahun 2016 ini, maka semakin banyak pilihan bagi para pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 nantinya. Untuk universitas negeri sendiri, tersedia lebih banyak pilihan universitas dengan akreditasi A. Tahun 2016 ini ada 22 universitas negeri di Indonesia yang meraih akreditasi A.

Nah, pelajar Indonesia, sudahkah kamu menentukan pilihan? Di ayokuliah, kamu bisa menemukan universitas terbaik untukmu dengan mudah. Cari beberapa universitas dan bandingkan langsung untuk menentukan pilihan terbaik!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Joko on Ayo Kuliah

Mantap nih! Sukses buat dunia pendidikan Indonesia!!

linecolor

    






Artikel Terkait