1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Peringati Dies Natalis Ke-60, FT Undip Gelar Konferensi Internasional

Kategori

Peringati Dies Natalis Ke-60, FT Undip Gelar Konferensi Internasional

Peringati Dies Natalis Ke-60, FT Undip Gelar Konferensi Internasional

Rating: 1 - out of 5stars
20 September 2018 0 Komentar
Penulis:

Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Diponegoro (Undip) ke-60, Fakultas Teknik Undip gelar konferensi internasional. Konferensi bertajuk “The 3rd International Conference on Chemical and Material Engineering (ICCME) 2018” diadakan pada hari Rabu, 19 September kemarin di Hotel Grand Candi Semarang.

ICCME ini merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kimia UNDIP. Acara ini rutin digelar setiap 2 tahun sekali. Tahun 2018 ini merupakan penyelenggaraan ICCME yang ketiga.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik M. Agung Wibowo mengatakan bahwa konferensi internasional ini untuk mendorong terciptanya suasana akademik yang kondusif, agar bisa dilakukan riset dan inovasi yang bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Agung menambahkan tujuan diselenggarakan ICCME ini untuk menjadi media bagi para peneliti dari kalangan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan kalangan industri dalam menyebarluaskan hasil penelitian, dan mendiskusikan kajian mereka dalam rangka menumbuhkembangkan aktifitas penelitian di lingkungan perguruan tinggi, lembaga penelitian serta industri.

“Hal ini diharapkan dapat menjembatani perguruan tinggi dan lembaga penelitian dengan kalangan industri sehingga terbina kerjasama yang sinergis, dan saling menguntungkan khususnya dalam percepatan aplikasi dan alih teknologi. Apalagi Fakultas Teknik Undip saat ini telah berhasil mengembangkan, dan menciptakan peralatan yang telah terbukti bisa digunakan untuk keperluan masyarakat secara luas, seperti alat penjernih air untuk konsumsi perhotelan, tangan bionik, biomasa untuk energi dan makanan, serta alat pengering untuk kebutuhan industri” jelasnya.

Baca: Undip Sambut 619 Maba PSDKU Dan Bioteknologi S1

Sementara itu Ketua Panitia ICCME 2018, Dyah Hesti Wardhani menuturkan bahwa Penyelenggaraan ICCME tahun ini mengangkat tema “Applications of Chemical and Material Engineering for Sustainable Food, Energy and Environment”. Ada tiga pembicara utama yang diundang di acara tersebut yaitu Prof. Dr. Istadi ST, MT (Universitas Diponegoro, Indonesia), Prof. Hong-Wei Yen (Tunghay University, Taiwan) dan Prof. A.L Ahmad (UniversitiSains Malaysia, Malaysia).

Dari 120 makalah yang masuk, hanya 97 makalah yang diterima dan akan dipresentasikan dalam ICCME ini. Selanjutnya, makalah yang dipresentasikan pada konferensi tersebut akan diseleksi lagi untuk diterbitkan di jurnal maupun prosiding yang terindeks Scopus yaitu Bulletin of Chemical Reaction Engineering and Catalysis (BCREC), JurnalTeknologi (Sciences and Engineering) serta IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (MSE).

Baca: Pesan Pandji Pragiwaksono Bagi Para Maba FTUI 2018

Ketua Panitia Dies Natalis ke 60 Fakultas Teknik Dr. Abdul Syakur mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Dies Natalis dilaksanakan mulai bulan September hingga Nopember 2018, dan akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik diantaranya Konferensi Internasional yaitu ICCME oleh Teknik Kimia, ICITACEE oleh Teknik Elektro kerja sama dengan Teknik Komputer; Kuliah Umum oleh Menteri PU bagi mahasiswa baru; Pameran hasil Riset dan Inovasi Dosen dan Mahasiswa, Rekor Muri Batik in Campus, Engineering Festival, Lomba Foto dengan tema “Fakultas Teknik dalam Perspektif Mahasiswa Millenial”, Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan dan Lingkungan Layak Huni bagi Keluarga Tidak Mampu di Kendal; dan acara Jalan Sehat yang akan diikuti oleh Civitas Akademika Fakultas Teknik.

Sumber https://www.undip.ac.id/

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait